Skip to content


Orang idealis tak selalu harus kesepian,

image0023.jpg
Tak ada yang sempurna di dunia ini. Itulah yang membuat kita tak boleh takabur, karena di atas langit masih ada langit dan kita bisa belajar dari apapun, dari siapa pun dan dari manapun. Benar apa kata Aristoteles: Semakin banyak seseorang tahu tentang segala sesuatu maka dia akan semakin banyak merasakan ketidaktahuan. Life long of education.

Hari masih belum terlalu sore. Sepanjang jalan dari Kampus Jatinangor ke rumah di daerah Blok Citra Jl Soekarno Hatta yang biasanya macet kali ini sangat lancar. Namun lain di jalan, lain di hati dan bahkan otak sekalipun. Rasanya perjalanan ini begitu lama, mungkinkah karena aku ingin segera melupakan apa yang terjadi di pagi dan siang hari ini? entahlah. Nothing to loose, memang tidak semudah yang kita biasa ucapkan. Seperti kata orang:”I’ve got nothing to loose. Look inside. Alone and sad, i torment myself. The world is Strange to me, my emotions were died”

Saya selalu meyakini bahwa di tengah kesulitan selalu ada jalan untuk memperbaikinya. Sesulit apapun keadaan dan situasinya pasti akan ada jalan keluarnya. Orang sering berbicara exit strategy, namun tak mudah untuk menemukannya. Perangkap kadang begitu banyak dan menjebak, sehingga untuk keluar dari situ perlu waktu, dan bisa jadi kita bahkan tak pernah sempat melakukannya. Waktulah yang membunuhnya dan jadilah sebuah cerita yang agak membingungkan.

Well, terlalu banyak cerita dan kejadian di seminggu terakhir ini. Banyak pekerjaan penting yang menjadi terabaikan dan pasti tak mudah untuk melakukan recovery. Akankah ada jalan yang bisa sedikit mengurangi beban hari2 terakhir, wallahualam. The carnival is over nya the Seekers yang sering menjadi pelipur lara kala menghadapi hari2 berat sedikit membantu melupakannya namun seperti saran para ahli kitab: Al Qur’an dan ayat-ayat suci di dalamnya , sebenarnya memberi saran dan sekaligus solusi tepat bagaimana kita menghadapi hari2 depan dengan lebih baik dan lebih baik lagi.

Dahulu Nabi Muhammad SAW, selalu membaca doa bila menghadapi suatu kesukaran: “Allahumma laa sahla illaa maa ja‘altahuu sahlan, wa anta taj’alul hazana sahlan i-dza syita”. Wahai Tuhanku, tak ada yang mudah melainkan apa yang engkau jadikanlah mudah. Engkaulah yang dapat menjadikan belukar, tanah yang datar apabila engkau kehendaki.

Hari ini teman mbaH Surip, Si Burung Merak, dimakamkan. Saya mengenang WS Rendra sebagai orang yang banyak menginspirasi gerakan moral dan transformasi budaya pada generasi tahun 70 sampai awal 80 an. Di rentang tahun2 tersebut setidaknya 2 kali aku menonton Rendra berteater dan membaca puisi di Kampus Bulaksumur UGM. Orang baik dan orang idealis tak selalu harus kesepian karena dari kejauhan sebenarnya banyak yang menginginkan untuk memiliki kesempatan yang sama bahkan jika perlu mengikuti jejaknya. Innalillahi wa Innaillahi Ro’jiun.

Malam ini, tak mudah untuk menghalau beban hari ini, banyak kejadian di hari ini yang cukup seru terutama mengenai penyergapan para pelaku terorisme. Ok, akar masalahnya memang harus diselesaikan namun teror tetaplah terror yang memang harus diperangi. Dan, menurut aku bukan pelakunya saja seperti Noordin M Top saja yang mesti dibasmi namun juga simpatisannya. Sangat janggal dan aneh banget para simpatisan terorisme dapat dengan mudah mendapat akses untuk bicara di media2 nasional, sehingga mereka menjadi agak besar kepala. Orang-orang seperti Al Chaidar, Abu Bakar Baasyir dan lain-lain kelihatannya mereka ini menjadi duri dalam daging dalam pemberantasan terorisme. Teror bukan hanya melalui fisik, namun juga melalui pernyataan2 yang provokatif. Dan, mereka kelihatan sekali tidak kooperatif dan tulus membantu pemerintah memerangi terorisme bahkan malahan sibuk melecehkannya.

Tuhan pasti berbaik hati mengatur keseimbangan dan mensinergikannya. Manusia mungkin harus lebih arif melihatnya sebagai bagian untuk pengendalian nafsu. Alhamdu lillahilaa-dzii sawwaa khalqii fa’ada lahuu, wa karrama shuurata wajhii fahassa nahaa waja’alainii minal muslimiin.

Posted in Refresh.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.