Skip to content


Merekalah salah satu sumber kekuatan kenapa aku mesti ada di sini.

image0012.jpg
Kadangkala di tengah intensitas kerja yang sangat tinggi, komunikasi yang seharusnya dibangun justru menjadi macet. Tidaklah mengherankan jika kerja kolektif yang mestinya menjadi spirit dan motivasi menuju pencapaian suatu program menjadi terasa hambar dan gersang. Apakah komunikasi yang buruk akan membuat kita patah arang dan sebaiknya mundur dari suatu pekerjaan? Mungkin tak etis, mundur sebelum suatu pekerjaan benar-benar telah selesai. Dan jika pun harus bekerja dengan perasaan yang nyesek ada baiknya kita tetap fight dan tetap semangat. Peduli amat dengan mereka?.

Hari Rabu kemarin ke Cirebon, Kamis konsolidasi ke beberapa fakultas dan bappeda propinsi dan hari Jumat ke Subang untuk sebuah presentasi. Lumayan juga untuk sebuah latihan stamina, adu psikis dan menahan tekanan perasaan. Diskusi yang alot kadang penting untuk sebuah pendewasaan. Diskusi di tempat seminar hanyalah sebuah puncak dan akan makin banyak bukit2 terjal lainnya yang harus dilewati.

Perasaan adalah sebuah ranjang dengan kasur di atasnya dimana kita dapat menyandarkan dan merebahkan diri sehingga metabolism rate kita dapat menjadi teman seiring sebuah cita2 dan harapan yang kita inginkan. Kadang perasaan itu naik turun dengan berjalannya waktu. Metabolism rate kita kadang terganggu sehingga seempuk apapun tempat tidur kita, tak banyak membantu memperbaiki suasana bathin.

Well., saya berharap tanggal 7 agustus minggu depan benar-benar cepat berlalu dan memulai hari2 berikutnya dengan tantangan lain yang tak terlalu menekan perasaan. Kerja yang normal, diskusi dengan anak2 mahasiswa dan asisten yang pastinya jauh lebih menyenangkan, mempersiapkan program pembelajaran di semester baru, dan berharap menemukan wajah2 baru yang penuh semangat.

Sebenarnya bulan juli adalah bulan yang paling aku tunggu2. Di 4 tahun terakhir, setiap bulan juli kami selalu menikmati hari2 indah di kampong dan pelosok desa di Pangalengan. Di bulan juli tahun 2005, di sokong PT Ultra Jaya kami melakukan program pendampingan peningkatan kualitas susu sapi perah di Pangalengan Timur. Begitu pula bulan juli tahun 2006, bersama Program A3 di Pangalengan.

Setidaknya inilah gambaran tanggal 30 Juli 2006, 3 tahun yang lalu.:
Ngga’ terasa jam 8 lebih sedikit aq sudah memasuki daerah citere, berarti Warung Erna tujuan kami sudah dekat. P hasan dan aq kemudian menginformasikan kembali ke ibu pemilik warung bahwa nanti jam 9.00 akan ada teman2 sekitar 30 orang yang akan meramaikan warung nya.

From: +6281802173……. Date: 30-07-2006 Time: 06.48:35 PM
Bapaaaaak…maaf td nank ga hdr,ditelp jg ga aktif,batrenya abis,,,,maaf yah pa….

Hari ini perpisahan setelah sebulan penuh kami melakukan program pendampingan di Komda Pulosari, Citere, Babakan Kiara, Pintu dll. Hampir semua mahasiswa ikutan acara hari ini.,,kecuali kemana anaak itu. Ah,, mungkin Nank sedang ngurusin kontes ayam pelung.

30 Juli 2007:

From: +6285624… Date: 30-07-2007 Time: 8:29:31 PM bApaA..besok jngn lupa k pangkaLan yaaA.. PenyuLuhanNy jam 19.00 Okeh pa?okeh dE! GoOd ni9ht..

Aq, cuman dapat membayangkan di buku2 harian anak2 peternak di sana setidaknya pernah menuliskan perjuangan orang tuanya, dan kalaupun tidak tertuliskan, setidaknya dalam relung2 hati anak2 ini tertanam sebuah etos, kebanggaan pada para orang tua betapa tidak mudahnya sebuah perjalanan mempertahankan hidup menjadi peternak. Aq selalu mengingat apa kata Ron Rubin, penulis “ succes at life ” yang kira2 intinya adalah: Kerja dan hidup adalah petualangan yang saling berhubungan, dibimbing oleh perasaan, diterbangkan dengan semangat, dan dipelihara oleh jiwa.

Dan akhir juli tahun lalu:

Pukul 15 an, kami bersama dengan tiga belas mahasiswa tiba di basecamp dan !!
Pak dwi, dimana kita tidurnya?
Pak koq ngga ada colokan listrik?
Pak koq ngga ada kasur dan bantal?
Pak kamar mandinya yang mana? Ngga ada ember dan gayung?
Pak dari mana kita mendapat air untuk masak dan mandi?
Pak koq ngga ada meja untuk naruh komputer?
Pak ngga ada alat2 dapur untuk masak?
Pak,,,Pak,,,Pak,,,
Sabar,,,sabar,,sabar yaaaH adik2!!. Safiiiiiiitri darurat deH, kita kayaknya mesti belanja barang2 rumaH tangga ke Cibeureum.

Dan, anak-anak mahasiswa selalu menjadi inspirasi manakala pikiran sedikit agak sumpek. Merekalah salah satu sumber kekuatan kenapa aku mesti ada di sini.

Posted in Refresh.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.