Skip to content


Tugas kita adalah menyemai dan mendampingi mereka, membantu merealisasikan cita-citanya

image0011.jpg
Hari sudah menjelang maghrib ketika kami terjebak di desa Bolang Cikedung Kab. Indramayu. Di sepanjang jalan kami masih bisa menemui para peternak dan ratusan domba/kambing yang berjalan berarak menyusuri jalan raya. Persis seperti supporter bonek, mereka pulang ke kandang setelah setengah hari diangon di perkebunan-perkebunan sekitarnya.

Menjelang matahari tenggelam kami beruntung, sempat melihat pemandangan yang sangat eksoktik untuk dinikmati. Orang2 masih asyik memancing dan pantulan mentari di Situ Bolang menyiratkan sebuah pesan tentang kebesaran Illahi. Saya setuju dimanapun tempatnya sebuah situ selalu enak untuk dinikmati.

Lepas maghrib kami sudah meninggalkan Kecamatan Terisi menuju Ujung Jaya. Setelah seharian diskusi dengan para peternak di daerah Kec. Jati Tujuh, Kab. Majalengka, dengan peternak di desa Terusan Jaya, Kec Sindang Kab. Indramayu dan lain-lain. Kami pun pulang ke Bandung melalui Subang. Dimana-mana macet., karena ternyata banyak jalan di daerah antara Inderamayu dan Subang yang sedang diperbaiki. Dan malam mingguan di Lembang ternyata juga membuat jalanan macet. Jadi sampai di rumah pukul 11.30 malam adalah hal yang lumrah. Tuhan pasti memberi pencerahan lain disisi sebuah kepenatan.

Merenungi sebuah perjalanan adalah hal baik yang mesti kita lakukan. Alangkah naifnya jika kita tidak menyadari betapa indahnya kehidupan. Apapun kesulitan yang dihadapi kita harus menyadari bahwa kekurangan dan kelebihan hanyalah sebuah persepsi. Meletakkan sebuah persoalan secara positip pasti akan memudahkan kita untuk memahami suatu masalah. Itulah yang membuat Tuhan selalu menguji keimanan kita, dan kita sendirilah yang harus memastikan dapat keluar dari masalah itu.

Well.,
Menjadi peternak rakyat bukanlah pekerjaan yang buruk. Cukup menjanjikan, namun masih memerlukan perjuangan untuk menjadikannya sebagai bidang usaha pokok. Komunitas yang lumayan banyak di tanah air ini masih merupakan bagian perifer dari konsep pembangunan secara luas. Setidaknya itulah yang aku lihat, aku amati dan aku rasakan selama 30 tahun terakhir. Banyak masalah yang dihadapi oleh mereka dan praktis penanganannya tidak pernah sistematis. Akankah usaha peternakan rakyat kita akan mati suri, mungkin tidak akan terjadi. Bibit-bibit dan tunas-tunas muda di pedesaan mulai tumbuh subur dan tugas kita adalah menyemai dan mendampingi mereka membantu merealisasikan cita-citanya., semoga!!.

Banyak orang menyaranku untuk focus pada suatu hal. Katanya untuk menjadi seorang ahli perlu branding dan skill. Bidang keilmuan adalah penciri dari mutu seseorang. Benarkah?., mungkin iya. Namun hidup adalah juga sebuah pilihan. Termasuk pilihan untuk menjadi orang biasa2 saja. Berada terdepan di bidangnya dan menjadi seorang pemimpin bukanlah tujuan. Karena orang baik diukur dari apa yang telah dilakukannya bagi orang lain dan bagi masyarakat, bukan karena dia adalah seorang pemimpin atau karena pandai dan pintar.

Jadi jika kita diberi kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin. Mungkin maksudnya bukan untuk menunjukkan bahwa kita lah yang terbaik apalagi merasa paling benar. Namun lebih dari itu kita harus memebri contoh yang baik, mendampingi dan memberikan yang terbaik yang kita miliki dan bersama-sama menemukan kebenaran.
image002.jpg

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.