Skip to content


Ketika impian itu tak kunjung usai

td098a177-5f89-4c13-8436-9b1a67374e04.jpg
Banyak sisi lain yang bisa kita maknai selama melakukan perjalanan ke Pangalengan Timur. Namun jika ada satu tempat yang kadang membuat aq terpana, tempat itu adalah bangunan2 TPK (Tempat Pelayanan Koperasi) yang rata-rata sudah berdiri 20 tahun yang lalu. Orang disini kadang beragam mengartikannya. Sebagian menyebutnya tempat penampungan kelompok dan sebagian lainnya mengatakan TPK adalah tempat penampungan koperasi. Namun apalah arti sebuah nama [kata pujangga besar Shakespeare]. Setidaknya antara kelompok dan koperasi memiliki kesamaan dalam suatu keinginan,,,pencapaian suatu cita2,, yang tentunya atas dasar kebersamaan.

Dalam buku Ending Hunger: An Idea Whose Time Has Come. Shark mengatakan:” If there is the political will in this country and abroad…. It should be possible to overcome the worst aspects of widespread hunger and malnutrisi within one generation”.

Apakah TPK menggambarkan wajah masyarakat peternakan yang tidak jauh dengan makna ketertinggalan??. Tentu terlalu dini dan juga sedikit naif untuk mengatakannya. Namun, sekedar memandang bahwa TPK adalah gambaran sebuah keterbelakangan mungkin mengandung kebenaran. Bukankah TPK hanyalah beranda depan masyarakat peternak,,,,,,,, yang beranda belakangnya.?? Jauh lebih memprihatinkan. “…. Tell me what you meat, and I will tell you what you are. The fate of nations depends upon how they are fed”. JA Brillat Savarin (1755 – 1826).

Kadang aq sedikit tergoda untuk merenungi apa kata Mao Tse Tung: yaitu tentang revolusi,??. Dia memandang: “A revolution is not the same as inviting people to dinner, or writing an assay, or painting a picture. A revolution is an insurrection, an act of violence by which one class overthrows another”. Dan,,, Georges Washington, presiden pertama USA mengatakan: “ we cannot live in a world divided between, on one hand, two-thirds who do not eat properly and, knowing the causes of their hunger, revolt, and on the other, one-third who eat well sometimes too much – but who can sleep no longer for fear of revolt on the part of the two-thirds who do not have enough to eat”.

George Washington telah meninggal 100 tahun yang lalu, dan Mao 40 tahun yang lalu. Namun masalah pada hari ini masih sama?. Pandangan George dan orang komunis seperti Mao atau bahkan seorang Deng Xiao Ping yang terkenal dengan agitasinya: “Tidak peduli kucing hitam atau kucing putih yang penting dapat menangkap tikus”,, adalah sebuah pesan, perspektif lain yang patut direnungkan. Bukan karena ide tersebut berasal dari Mao atau Deng namun karena memang perubahan ke arah yang lebih baik kelihatannya diperlukan.

Bagaimana dengan islam????, qt bahkan telah ribuan tahun diingatkan,, mungkin qt cukup akrab dengan kata hijrah, atau khuruj,, jihad dan ……, masyarakat yang jumud???,, kenapa qt juga selalu melupakan makna kata2 itu yang mungkin sudah terlalu mengakar atau justru karena itukah qt mulai melupakannya??

Dan jika qt memandang TPK,, yang aq impikan bukan sekedar revolusi,, peternak harus berhijrah, pengurus koperasi harus berhijrah, dan pemerintah yang sedang diberi amanah memimpin pun harus berhijrah. Peternakan adalah sebuah keseimbangan dalam suatu sistem pertanian: “ A land poor in livestock is never rich, and a land rich in livestock is never poor”.

Dan TPK,,
Seandainya aq dapat merubahnya:
Aq ingin menjadikannya bak seorang gadis
yang berdandan bukan karena ingin dilirik seorang pemuda
Aq ingin menjadikannya bak seorang pemuda
yang gagah perkasa bukan karena ingin ditakuti
Aq ingin menjadikannya bak seorang ibu yang teduh mengayomi kami
Aq ingin menjadikannya bak seorang bapak yang sangat bijak dan mengerti keinginan kami
Dan kelak
Kalaupun menjadi aki2 dan nini2,,, mereka adalah orang2 yang senantiasa mengingatkan kami akan sebuah keharmonisan.

TPK adalah sebuah keluarga besar yang memiliki spirit di masa muda,,, dan yang tidak risau dimasa tuanya.

Posted in Pangalengan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.