Skip to content


krn peternak sudah pd mau ngarit

dudi.jpg
4 Agustus 2008
Hari masiH sangat gelap ketika kami bertuju IndaH, Siti, Gina, Dudi, Asep dan Dipo [barudak Fapet Unpad], ditemani ketua rayon 5 KPBS p anung memulai sensus. Jam menunjukkan pkl 05.00. Tepat sesuai rencana kami akan menuju daerah sedep, cisabuk. Rencananya sebelum pkl 6, kami harus sudah menyelesaikan setengah dari jumlah peternak yang ada di kelompok 3 dan 4. Di kelompok peternak yang lokasinya berada di tengah kebun teh dan menggunakan system koloni, ternyata tidak mudah untuk mewancarai para peternak, maklum mereka juga sibuk memerah dan dikejar setoran, apalagi truk tanki pengangkut susu no 4 sudah datang.
cisabuk.jpg

Untunglah ada pak anung dan pak iyep yang sangat sigap membantu kami. Thx pak atas kerjasamanya yang sangat baik. Di kelompok 3 dan 4 cisabuk,pagi dan sore rata2 dapat terkumpul 1800 liter per hari. Sekitar jam 9 an krn para peternak sudah mau pd ngarit, kami meninggalkan kelompok ini, tujuan kami selanjutnya adalah kelompok 5, yang letaknya wooow bukan saja jauh tapi jalannya mak, terjal, penuh jurang, bebatuan yang tajam2, terpencil pokoknya. Tepatnya kami akan ke sukatinggal, disitu ada 34 peternak, 32 diantaranya aktif sebagai anggota. Disini dihasilkan 700 liter air susu per hari. Dibalik view yang indah, sebenarnya Sukatinggal adalah Desa yang sungguh mengenaskan, begitulah kira2 kalau kami dimintai komentar.

Lumayan lama kami berada di sukatinggal, usai pukul 13 an kami bergerak turun menuju Talun, di situ ada lumayan banyak peternak yang tergabung dalam kelompok 6 cisabuk. WaduH2, sama sekali jauh dari good sanitary practices. Sekitar pukul 15, 3 orang mhsw dan pak Anung kembali melakukan sensus ke kelompok 3 dan 4, menyelesaikan sisa hutang pagi tadi, sedang aku, dudi, Gina dan dipo melanjutkan sensus di kelompok 6. Pukul 5 kami sdh selesai menyelesaikan sensus, sesuai janji teman2 yang lain kami akan ketemu di Talun sebelum pulang ke basecamp di Goha. Hampir 1 jam kami bertiga, dudi yang rada2 genit mirip rian, gina yang wajahnya mirip Olga lidya [dari kejauhan Gin!!] dan aq nunggu di warung sambil makan mie dan apapun yang bisa dimakan [maklum laper berat], barulah pkl 5.30 kelompok yang lain indaH dkk muncul. Kami pun segera meluncur kembali pulang ke Goha. Pukul 18.15 an. kami memasuki pintu gerbang basecamp, dan segera merebahkan diri sejenak, uuH… tapi Lumayan, it’s ok untuk kerja di hari pertama. Malam ini usai evaluasi kami hrs istirahat. Besok kami akan menuju Cisabuk kembali, terus ke citawa dan Lodaya. Woooow !!

Posted in FolkTale, Pangalengan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.