Skip to content


d bAnjaran y? maCet y pa ?? (bag. 2)

d bAnjaran y?
maCet y pa ?? (bag. 2)
11 Agustus 2007

Dari tahun ke tahun aq mengamati perpisahan anak-anak PKL dengan para peternak dan tak banyak yang berbeda. Seru2 saja dan memang begitulah anak2 mahasiswa. Hari2, terutama detik-detik akhir perpisahan selalu menyisakan kegetiran. Berpisah dengan orang2 yang sangat kita cintai tentu memudahkan kita untuk meneteskan air mata perpisahan walaupun jarak yang memisahkan kita sebenarnya hanyalah sebatas masalah fisik dan itupun tidak terlalu jauh, setidaknya masih sesama Bandung hanya berbeda kecamatan dan kabupaten/kota. Sungguh mengherankan, fenomena sosiologis menjadi bayang-bayang rasio dan akal sehat. Bangsa kita memang berisi orang-orang yang sentimental.

Keinginan untuk pulang mungkin sudah ada di hati anak2 bahkan sejak kemarin sore atau mungkin juga dari beberapa hari yang lalu. Itulah sebabnya anak2 kayaknya sudah resah menunggu jemputan untuk pulang. Padahal Mut, khan ini masih jam 8 pagi, sarapan juga belum??. Anak2 Pangkalan mungkin setengah kesal, Bete dan suntuk. Bad Mood. ketika mengalami kenyataan bahwa mereka baru dijemput jam 13 an,, hhee3x khan kita juga jalan2 dulu Mut ke Los Cimaung 1, kita minum2 susu dan bersilaturahmi dengan Pak Amo,, kemudian di Los Cimaung 2, kita juga diskusi dulu di kandang dengan para peternak, dan di Cipanas kita juga pamitan ke ibu pemilik warung yang selama sebulan ini cuman ketemu 2 kali, di awal dan di akhir kalian PKL. Jadi terlambat 3 jam tentunya masih untung dibandingkan harus jalan kaki dari Pangkalan ke Cipanas.

From: +628562405….
Date: 08-08-2007 Time: 8:42:48 AM
Pa,ud nympe mana?msh d bAnjaran y? maCet y pa disana.. EhhGmM..EhhgmM..

From: +6285624….
Date: 08-08-2007 Time: 7:30:36 AM
Pa,di tunggu kris ama gugun d cipanas.Soalnya mereka mau nitip koper

From: +628562407….
Date: 08-08-2007 Time: 7:48:40 AM
Pa,brng2 kita bnyk bgt ! Jadi dtunggu kdtngnny d citere

Dimana-mana, siapapun juga mereka, kelihatannya sudah menjadi kelaziman bahwa anak2 kalau mau pulang dari KKN atau bahkan sekedar suatu kegiatan pen-dampingan, selalu saja mendapat bekal dari orang2 desa, entah itu gula aren, sayur2an, buah2an bahkan juga susu. Itulah yang membuat kita selalu terkesan dengan para petani dan peternak karena di tengah kesulitan yang menghimpit mereka, petani/peternak selalu mau berbagi. Lihat aja capture di atas, yang ngangkat2 bawaan tuh bukannya kuli tapi anak2 PKL di Citere dibantu sama Gus Dur (he3x) kuat amat tenaganya Dur?

Lain Pangkalan dan Citere lain pula anak2 Cisangkuy. Usai bersalam2an tanda pamitan di Citere kami bergegas meluncur ke Cisangkuy. Di kedua tempat itu sebenarnya kami hanya singgah sebenarnya, tapi karena bawaan yang dibawa pulang anak (dan oleh2) cukup banyak (bahkan berlebih) maka kami perlu waktu untuk ngatur2 barang itu. Di Cisangkuy kami singgahnya cukup lama, sambil nungguin QQ yang entahlah beli apa dulu kami makan camil2an dan sambil main gitar yang kebetulan tergeletak di rumah kostnya QQ. Lumayan cape juga nunggu QQ karena kami harusnya nyamperin anak2 yang udah nunggu di Sukamenak.

From: +628562447….
Date: 08-08-2007 Time: 12:40:14 PM
Pa, k sukamenak g? Kita dah pada d sukamenak nih

Waduh kayaknya fanny (anisa) agak bete karena ngga’ jadi disamperin (jadi: satu2nya kelompok yang ngga sempat dipamitkan adalah grupnya Fanny, Cubi d Finna),, Maafkan kami yaa karena kamipun terlambat,, ditunggu di KPBS untuk lokakarya akhir.

From: +628562447….
Date: 08-08-2007 Time: 12:43:27 PM
Y udah kita langsung k kpbs
Aq hari ini tidak sempat ke Sukamenak, bukan karena tidak mau tapi memang waktunya tidak memungkinkan lagi untuk pamitan ke Sukamenak. Mungkin anak2 Sukamenak (fanny dkk) menggerutu, merasa dianaktirikan tapi tak ada yang bermaksud untuk menyakiti orang lain koq kecuali orang itu memang memiliki kelainan jiwa tentunya.

Di sepanjang jalan antara Sukamenak, Citere menuju Kantor Pusat KPBS, sambil melihat-lihat orang lalu lalang, kami mengamati orang2 yang nampak asyik mengayunkan cangkul di ladang. Aq tentunya tak lupa memperhatikan toko2 yang menjual aneka produk peternakan dan pertanian. Selama di Pangalengan Aq hanya sekali-kali membeli Caramels, Noga Susu, Dodol Susu, Kerupuk Susu, Keripik Kentang, Susu Murni, dan lain2. Itupun karena menemani temen yang punya hobby mampir di toko tapi jelas bukan karena bosan, di rumah beberapa bungkus caramels yang aq beli setahun yang lalu masih utuh. Aq sebenarnya mungkin lebih senang makan di danau cileunca makan ikan bakar sambil memandang birunya danau. Prihatin juga menyaksikan danau yang disana sini nampak kekurangan air. Dan kalau didekati, sebenarnya warna air lebih berwarna kehijauan, mungkin pantulan awan atau langit yang membantunya nampak masih berwarna biru.

Bulan2 juli dan agustus benar2 menyiksa aq. Hawa hangat di siang hari akan berubah sangat dingin di waktu malam, jalanan penuh debu karena hujan sudah lama tidak turun. Dan bukan hanya aq, tapi para peternak, sapi kekurangan rumput, hijauan yang sangat penting untuk produksi susu. Peternak di Sukamenak, memberi pakan ke ternaknya apa adanya, dan untunglah walaupun agak berat mereka masih mampu membeli konsentrat. Aq cuman agak heran kenapa di musim penghujan, dimana hijauan pakan melimpah para peternak tidak mencoba menyimpannya dalam silo2? Sehingga sapi tidak harus kekurangan hijauan pada musim kemarau.

Tiba di kantor pusat sebagian besar anak2 udah pada nunggu. Huh, lumayan cape juga kalo ngga’ istirahat. Akhirnya acara lokakarya akhir di KPBS agak mundur (cuman 1 jam aja koq mundurnya). Dan itupun karena diselingi acara makan siang dulu.

Lumayan bagus performans anak2 dalam menyampaikan berbagai temuan dan tentu saja masukan bagi para pengurus koperasi. Tentu ada keterbatasan2, karena tidak semua temuan bisa dan layak untuk disampaikan dalam forum.

Kami dan teman2 tidak lupa mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf atas segala kekurangoptimalan kami selama melakukan program pendampingan di Pangalengan. Banyak hal yang ingin dan pengin kami kerjakan di pangalengan tapi banyak keterbatasan. Next time we will back ! Pasti, aq pasti akan secepatnya kembali. Itu telah menjadi tekad kami.

Azhar sudah lewat ketika kami meninggalkan pelataran kantor pusat KPBS yang mulai sepi. Beberapa pengurus koperasi masih berbincang2 dengan anak2 entah sedang ngomongin apa, sebagian malahan berencana balik lagi ke „kost“ nya mungkin untuk pamitan sekali lagi teman2nya di pangalengan.

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.