Skip to content


Tetap Semangat di Tengah Bisingnya MT

Tetap Semangat di Tengah Bisingnya MT
15 Juli 2007

Sebuah rencana yang telah disusun rapi kadang tak begitu mulus saat melaksanakannya. Apalagi kalau qt tak bagus dalam merancang rencana tersebut.
Di lapangan seringkali planning udah bagus tapi action sering macet. Kadang2 dalam hitungan detik, masalah muncul dan problem baru mengikuti silih ganti berganti. Namun apapun masalahnya pasti selalu saja ada solusi didalamnya, kalaupun tidak setidaknya dapat memberi pembelajaran dan pengayaan pengalaman. Itulah sebabnya seseorang akan semakin kuat jika ditempa dengan pembelajaran. Itu jika qt percaya bahwa niat baik dan tulus menjadi semangat sebuah keinginan.

Hari ini adalah hari pertama anak2 akan mengadakan pengamatan dan pemantauan di MT (Milk Treatment) milik KPBS Pangalengan. Dengan mempelajari satu rantai siklus produksi di tingkat peternak, dikombinasikan dengan layanan pasca panen dari TPK sampai ke MT dan akhirnya penanganan susu di MT, diharapkan mereka mendapatkan perspektif yang lebih bagus di bidang per sapi perahan. Dan, setahu aq kelompok pertama yang akan melakukan pengamatan di MT adalah anak2 Pangkalan.

From: +6285624476..
Date: 15-07-2007 Time: 6:54:54 PM
Pa, bsk khan kita dah mulai k mt(anak2 pangkalan yg pertama).Harus konfirmasi lagi g pa?

From: +6285624476
Date: 15-07-2007 Time: 7:04:52 PM
Aduh p pnten klo anak pangkalan udah sf ingetn,tp sf blm konfirmasi lg k p asep.Pnten p bisa minta no hp p asep g,sf lupa g minta.Oia yg merahputih hr ni korsel

From: +628562405..
Date: 16-07-2007 Time: 7:02:46 PM
Pa9i pa..
Pa kita udah dim t niy pa
Cuma kt bingung pa mu ngapain.
DiLaBnya ada mahasiswa jg yg lg pkL.jd gmN pa?

Aq rasa ada yang janggal dengan sms anak2, bukankah kita sudah ketemu dengan para pengurus untuk mengatur pelaksanaan pkl di MT, okelah ada kesalahpahaman tapi aq harap tidak berlama-lama. Sebuah niat baik pasti akan mendapatkan tempat, dan cepat atau lambat niat itu akan mendapatkan tempat yang layak.

From: +628562405..
Date: 16-07-2007 Time: 12:29:09 PM
Pa.ini yanee.
Pa bt bgd dsni.pa epi ngebt-in bgd ngmgnya!nyolot bgd pa ngmongnya!dia lgs nanya kalian dr mana?yanee blg dr undap.sblumnya ko kalian ga ada koordnsi.tuz qt blg uda pa! sm pa ii.eh dia blg pa ii uda ga ada tang9ung jwb dsni.yg tg9 jwb saya epi.ah pa poknya qt bt.bgd!!kariawan ddlm jg welcome2 aja qt nanya2!bantu2.mreka fine2 aja.tp kt pa epi qt bs aja jd gan9gu yg pkl jg dsni.bt bgd de pa!mana rahman enk2n ke danau yanee Cuma be2 sm imut.

From: +628562405..
Date: 16-07-2007 Time: 1:51:38 AM
Pa,..trnyata pRmasaLahan nya ada di salah pngertian Nanti dEh pa kita certain..

From: +62818771…
Date: 16-07-2007 Time: 4:47:23 AM
Asmkm,pak yg k MT sdh terkoordinasi melalui pak asep.trnyata beliau lupa,mgkn nanti mlm dgn sapit akan dihub kembali..trima ksh y pak..

From: +62856244
Date: 17-07-2007 Time: 7:04:23 AM
Pa,sf masih d mt lagi nunggt p’asep,tp td udah ngobrol ama p’dudu yg d lab.Oia pa kt yg d lap klo k mt bagusnya 4 orang. Trus anak2 pangkalan khan sudah kehilangan moment jd mereka maunya mencar masuk kelompok lain.Jd jadwal ky gini pa.Cimaung2+rina(18-19).
Cipanas+citere (25-26)jd ngirit 2 hari,cisangkuy jatuhnya pas fanny m,mau izin pulang jd sf tuker ma sukamenak,jd cisangkuy (20-21),cimaung 1+yani (23-23),sukamenak(27-28).Klo gitu gmn?

Ngga’ masalah deh Sf, yang penting diluruskan masalahnya dengan baik2 dan jangan sampai antar mereka timbul rasa kurang enak.

From: +62856244..
Date: 17-07-2007 Time: 7:42:44 AM
Ok,pa unt koordinasi denga p’faisal dan p’asep sudah.Skrng sf mau ngurusin surat k p’andri.Oia pa,kt p’asep dia mau ngasih pembekalan ttng mastitis,nanti koordinasi lg ma p’jajang.Klo jd insya 4jjl sf hubungi smua kelompok unk pembekalan d kpbs,boleh kan pa?

Koperasi adalah suatu kelembagaan yang cukup dinamis,,berbagai kepentingan ada didalamnya dan tidak selalu itu harus muncul ke permukaan. Para peternak,, orang yang mungkin paling berkepentingan untuk meningkatkan taraf hidupnya, sangat berkeinginan adanya koperasi yang menjadi wadah bagi mereka agar input dan asset mereka yang tidak terlalu banyak itu dapat dikelola secara efisien dan efektif. Dan, para profesionalisme di bidang perkoperasian tentunya paham akan hal itu. Saling ketergantungan, saling asah dan asuh, saling memiliki adalah bahasa sederhana para peternak. Namun, adakah koperasi yang baik, adakah orang yang sempurna. Walaupun aq paham tentang ilusi tapi aq yakin cita2 bukanlah suatu hal yang musykil terjadi. Sebuah cita2 jika diperjuangkan dengan ketekunan dan ketulusan akan membuahkan hasil, dan kalaupun belum berhasil, itu sebaiknya tak menyurutkan langkah, untuk suatu kebaikan memang membutuhkan kerja keras.

Apa intisari pembelajaran dari seorang peternak di Pangalengan pada kita?,, barangkali terlalu rumit untuk diceritakan namun bila mungkin untuk disederhanakan jawabannya adalah: kesetiaan.

Dan, jika qt ingin menghubungkan antara peternak dan kesetiaan, qt tak terlalu sulit memperoleh keterkaitannya. Setidaknya bagi mereka yang pernah membaca: “Menunggu Godot”nya Buckett. Menunggu perubahan adalah suatu cita2 dan kadang2 berubah adalah hal lain dari semangat perubahan yang dicitakan. Anak2 perempuan di Pangalengan sepertinya mewakili anak2 pedesaan lainnya, mengisi waktu sampai SMA adalah sebuah penantian untuk menikah, setelah itu tidak tahu dan mungkin tidak sempat untuk mengeluh sisa2 hidupnya. Mungkin tak menyesal krn mereka hanya memiliki keinginan sederhana yaitu menjadi seorang ibu.

Pengetahuan bukanlah suatu barang yang dengan mudahnya dapat ditransfer dari orang yang mempunyai pengetahuan kepada orang yang belum mempunyai pengetahuan. Bila seseorang bermaksud menstransfer konsep, ide, dan pengertian ke orang lain, pemindahan itu harus diinterpretasikan, ditransformasikan dan dikonstruksikan oleh orang itu sendiri lewat pengalamannya. Jadi tidak ada gunanya kita menggerutu di tengah kebisingan mesin MT,, karena peternak juga sudah lama merasakan sebuah ketidaknyamanan dan menanti datangnya suatu perubahan ke arah yang lebih baik,,,,

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.