Skip to content


Seribu kunang2 menerangi CityLight

cimg18.jpg
Seribu kunang2 menerangi CityLight
10 Juli 2007

Malam ini aq membayangkan seribu kunang2 nampak menerangi kebun teh di Pangkalan. Dan jauh di bawah sana, sedikit ke arah utara,, aq seperti melihat sebuah CityLight,,, kilauan lampu2 kota Pangalengan menerangi langit yang agak mendung.

Aq cuman kurang paham, kenapa di tempat yang begitu indah di malam hari, aq agak jarang menemukan senyuman seorang peternak,, Aq hanya dapat menduga2,, dan mungkin belum saatnya untuk aq ungkapkan. ,,. Empati pada keluarga peternak adalah masalah prinsip dan soulmate adalah masalah perasaan, sedang Pangkalan barangkali hanyalah sebuah sisi lain dari kehidupan.

Sepuluh atau dua puluh tahun ke depan, seribu kunang2 yang menerangi CityLight mungkin akan semakin banyak namun akankah generasi ke dua dan ketiga anak2 Pangkalan seterang CiTyLight, hanya waktu yang mengantarkannya. Sungguh menakjubkan jika suatu saat, satu atau dua kunang2 di Pangkalan nantinya dapat menjadi penerang semangat masyarakat disitu, karena sebuah rencana kadangkala hanyalah sebuah ilusi belaka. Sama halnya dengan sebuah potensi yang tak pernah dikembangkan, cepat atau lambat akan lapuk ditelan waktu.

Aq sebenarnya tak terlalu sabar menanti suatu perubahan, mungkin karena itulah aq kelihatannya seperti orang yang tergesa2 dalam melakukan sesuatu dan kadang seperti tak tuntas dalam menyelesaikannya. Pangalengan sangat membantu melatih aq untuk lebih sabar dan belajar menjiwai kehidupan.

Uhhh, kira2 dapat ngga’ yaa, anak2 menyerap dan menarik garis merah selama proses pembelajaran di Pangalengan, tapi udahlah mereka adalah orang2 dewasa yang secara naluriah pasti dapat merasakannya dan semoga nantinya membantu logika mereka memilah-milah sisi penting dari PKL di desa dan memanfaatkannya untuk membantu proses pendewasaan. Dan, untuk meningkatkan kualitas profesional,,Gitu Yaa?
Ciri Kualitas Profesional:
1. Memiliki keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal
2. Memiliki keinginan mningkatkan dan memelihara citra profesi
3. Keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesional yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilan
4. Mengejar kualitas dan cita2 dalam profesi
5. Memiliki kebanggaan terhadap profesi

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.