Skip to content


Sebuah Semangat di Sebelah Timur Pangkalan

Sebuah Semangat di Sebelah Timur Pangkalan
Kemudahan adalah barang langka yang harus diperjuangkan, bukan karena semata-mata masalah keimanan dan karenanya kita harus mempercayakannya pada Alloh SWT. Justru karena kecintaan pada Allah SWT lah yang menjadi landasan berpikir kita dan karenanya kita harus melihat segala sesuatu berdasarkan identifikasi dan analisis yang baik. Itulah yang akan membuat langkah menjadi ringan, proses pekerjaan menjadi lebih efisien dan memberikan hasil yang efektif. Jadi kemudahan akan banyak kita temukan pada bagaimana seseorang memelihara perilaku dan seni mengelola pekerjaannya.

Hampir setiap hari, pukul 9 atau sepuluh di pagi hari dan pukul 17 an menjelang mahgrib kita dapat melihat peternak2 di Pangalengan berbondong2 turun gunung, beramai2 pulang dari kebun sambil memikul sekitar 80 sampai 100 kg, sebagian menggunakan gerobak yang mampu memuat 300 kg rumput dan sebagian lainnya bahkan menggunakan kendaraan colt untuk mengangkutnya. Aq bahkan ngga’ bisa membayangkan bahwa setiap hari peternak harus mengangkut rumput yang beratnya sekitar 3 sampai 4 kali berat badannya, tidak peduli apakah itu di musim kemarau atau di tengah guyuran hujan pada musim penghujan.

Dan, itu pula yang aq perhatikan di Pangkalan, Cipanas dan Los Cimaung. Sebagian besar peternak di Pangkalan mendapatkan rumput untuk pakan sapinya dari kebun2 rumput di sekitar Perhutani. Suatu simbiose mutualisme antara kehutanan dan peternakan. Untuk sampai ke daerah perhutani pun sebenarnya tidak mudah, terutama pada saat berangkat, jalan yang menanjak dan perlu waktu 45 menit sd 1 jam untuk mencapainya. Bukan pekerjaan yang enteng karena memerlukan keberanian dan suasana bathin yang baik,,,.
Hal lain yang sering mengganggu pikiran aq adalah masalah ketergantungan. Aq membayangkan dan menyandingkannya dengan kata gantung, bergelantungan, dan.,,, maknanya. Karena tergantung dapat berarti ia memerlukan suatu bantuan yang sifatnya terus menerus, dan makna ketergantungan itu bersifat parasit bagi induk semangnya?.

1_706160380m.jpg

Aq, tentu tak dapat memprediksi sampai kapan para peternak dapat bertahan dengan sistem seperti itu. Dan, akankah generasi2 berikutnya, akan mengikuti napak tilas para orang tuanya.

From: +6285624…
Date: 30-07-2007 Time: 8:29:31 PM
bApaA..besok jngn lupa k pangkaLan yaaA..
PenyuLuhanNy jam 19.00
Okeh pa?okeh dE! GoOd ni9ht..

Aq, cuman dapat membayangkan di buku2 harian anak2 peternak setidaknya pernah menuliskan perjuangan orang tuanya, dan kalaupun tidak tertuliskan, setidaknya dalam relung2 hati anak2 ini tertanam sebuah etos, kebanggaan pada para orang tua betapa tidak mudahnya sebuah perjalanan mempertahankan hidup.

Seekor sapi perah seharinya paling tidak membutuhkan rumput sebanyak 10 sd 12% dari berat badannya. Dari rumput dan konsentrat inilah susu, bahan yang bernilai gizi itu dapat menggantikan jerih payah para peternak hari ini. Jadi sapi membalas keringat para peternak dengan air susu. Dari air susu sapi inilah kehidupan para peternak diantaranya digantungkan. Dan, inilah yang aq maksud dengan kemudahan dan ketergantungan. Sebuah cita2, kepercayaan akan sebuah takdir dan sebuah mimpi tak kan mudah dicapai bahkan harus diperjuangkan.

Menanamkan suatu kepercayaan, suatu kebanggaan pada apa yang telah dikerjakan adalah bagian penting yang pasti akan memperkuat emosi dan semangat untuk menatap masa depan, itulah pesan singkatnya. Dan, selebihnya anak2 tentu dapat memilih jalannya sendiri karena sebaiknya kita belajar dari sebuah nilai atau value bukan semata-mata dari sisi output atau hasil.

Anak2 yang sedang pkl di sana pasti melihat, sebagian lainnya mungkin dapat merasakannya dan insya Allah menjadi pembelajaran suasana bathiniyah yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Aq yakin, ada sesuatu yang melekat di dasar pikiran dan kelak moga2 tidak terbenam menjadi kerak yang memenuhi otak namun mewarnai hati dan pikiran manakala mereka harus membuat suatu keputusan penting.
Perjalanan ke daerah timur Pangkalan adalah perjalanan berharga bukan hanya karena di hutan2 pinus yang mulai gundul itu pemandangannya menakjubkan namun juga karena di sana tumbuh rumput2 kehidupan dan bersemayam sebuah tekad dan semangat para peternak untuk sekedar mempertahankan hidup keluarganya.
Kita harus yakin,
Hidup harus senantiasa bergerak
Jangan pernah merasa kesepian
Bahkan
Juga manakala kita kehilangan sesuatu yang paling kita cintai
Namun
Kita juga tidak boleh salah melangkah
Dimanapun kita berada, kita mesti mengingatNya
Tuhan ada dimana-mana dan selalu menyemangati kita.

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.