Skip to content


Ke Bitung [Sulawesi Utara], hari ini?

maros6.jpg

Ya iyalaH so excited! Waktu masih kecil (baca sd), aq pernaH dengar tentang bitung dan pelabuhan nya yang eksotik dari Bapa aku. Kebetulan di tahun 1960 an beliau termasuk salah satu prajurit yang mampir ke Manado, Bitung dan sekitarnya sebelum ke Irian Barat ikutan perang. Jadi, bisa ke salah satu tempat yang aq impikan sungguH membuat takjub.

Hari ini sebetulnya aq akan ke Stasiun Karantina Hewan, Manado yang kebetulan letaknya dekat Bandara Sam Ratulangi tapi ngga ketemu pimpinannya jadi ya udah ke Bitung dulu aja nanti baliknya mampir lagi ke Bandara. Di sepanjang jalan dari Bandara menuju Bitung, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan kampoeng aq di Bandung kecuali disana sini banyak pengungsi korban pertikaian Ambon, kasihan juga kenapa sih mesti pake perang segala, tidak ada yang diuntungkan kecuali kesengsaraan, kemelaratan dan kepedihan yang mendalam !!. Bagaimana yaa nasib anak2 korban pertikaian??

Tujuan utamaku adalah melakukan surveillance ke Stasiun Karantina Tumbuhan Bitung. Lembaga karantina sebenarnya sangat penting tapi kelihatannya pemerintah koq kurang peduli, alat2nya sudah kuno, manajemennya semrawut. Tapi dimana kantornya yaa, katanya sih letaknya di Jl Dr Sumulang, tapi koq ngga nemu2?. Alhamdulillah akhirnya ketemu, tapi koq mirip kantor kecamatan [kalau di Jawa, habis terlalu sederhana] dan sepi. Setelah ngobrol kesana kemari tentang SOP, manajemen dan sumberdayanya, tak lupa ….foto sana foto sini, dan ambil sesekali melirik tanaman anggrek yang bagus2 aq pamitan. Kemana dulu yaa, O Iya, pelabuhaaaan……Di pelabuhan Bitung aq, mengamati pemandangan langka dan takjub. Walaupun udara cukup panas tapi angin sepoi2 membantuku menikmati suasana pelabuhan, kapalnya gede2 juga, banyak orang2 asing [philipina kali]. Begitu kayanya negara kita, koq ……….. mungkinkaH, kapankaH, kenapaH……

Posted in Refresh.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.