Skip to content


si Hitam..sebutan manja untuk …

sapi1.jpg
Goha, 20 Juni ’05
Datang dari negeri jatinangor ke negeri pengalengan yang indah ditumbuhi perkebunan teh hasil peninggalan orang2 Belanda dan Inggris..tuk menjalani tugas mulia yang berbau sosial menjadi pendamping peternak….yang tujuan akhirnya agar terjadi peningkatan kualitas susu…susu sapi di daerah pengalengan khususnya wilayah timur…aku disini bertugas berkeliling pagi dan sore tuk mengambil sampel susu dari rekan 2 di berbagai tempat….telah banyak waktu yang kuhabisakan di sepanjang jalan bersama kang sopir dan pa’ KOMDA…..(kang Atep & Pa Dadan)

pukul 03.00…teng…kring…kring..goes..goes….alrm HP- ku berbunyi..menandakan akan mulai petualang yang panjang melintasi perbukitan teh…jalan beraspal dan berbatu..tuk menghampiri…peternak yang gigih.. dalam menampung susu…
si Hitam..sebutan manja pada motor jenis bebek tlah kupanasi….mengantarkan aku dan kawan-kawan seperjuangan ke MT Pengalengan….melawan dinginya udara pengalengan yang masih sangat pagi yang kurasa kurang bersahabat dengan tubuhku…
tepat setelah azan shubuh berkumandang..aku mulai aktivitas baru-ku..bersama rekan yang baru…sepanjang perjalanan kami habiskan dengan bercanda…bertukar pikiran…tuk mehilangkan kejenuhan dalam perjalanan…
melintasi pasar yang ternyata sudah sibuk dengan aktivitas jual beli …kulihat mayoritas pedagang sayuran yang telah mulai meramaikan riuh pikuk pasar….belum tepat jam lima tetapi truk tangki susu yang aku tumpangi telah berhenti di suatu tempat salah satu kelompok yang di ketua oleh bapak Komara..tepatnya daerah Cisabuk ….berbondong-bondong beberapa pria memakai topi dan kupluk..dengan memiluk milk can..menghampiri..truk…eh kulihat ada juga seoarng ibu…turut serta membawa milk can…aku salut pada ibu muda tersebut….

tak lebih sepuluh menit truk tangki yang mungil terus melaju melanjutkan perjalanan ke sub TPk2 yang lain…ku tlah lewati…daerah suka tinggal ….sedep…talun…santosa…sampai akhirnya tiba jam 7.15 di MT Goha…. di sepanjang tempat aku berjumpa dengan rekan2 yang laen ..yang bertugas di rumah para peternak….yang paling berkesan raut wajah salah satu rekan yang bertugas di suka tinggal..terlihat wajah kelelahan …yang ternyata baru menenpuh jarak 2 km dari tempat tinggalnya sampai ke penampungan susu…..dengan berjalan melintasi 2 bukit.. sabar ya bos..anggap ini sebuah perjuangan.. Walaupun letih… lelah…sepanjang perjalanan tetap aku jalani dengan ikhlas…..karena banyak pengalaman baru yang aku temui dengan berbagai karakter ……

sesampainya di MT Goha aku bertemu dengan rekan2 yang laen baik dari satu team prasarana ataupun korlap yang kita dapat berbagi cerita dan informasi yang baru dari berbagai daerah……ada gelak tawa menghiasi….kebanyakan kami berkumpul di warung intan dengan segelas kopi ABC dan rokok Djarum Super …..

jarum jam tak lebih bergeser dari angka 8…ini berarti sudah waktunya truk tangki-ku tuk kembali pulang ke asal di MT Pengalengan…biasanya diperjalanan pulang lebih banyak ku habiskan tuk istirahat…buat membayar waktu tidurku yang tersisa …….. Jam 9 tepat aku yang pertama hadir di tempat di bandingkan degan rekan-rekan yang laen….tak lama satu persatu mereka datang….kami kembali ke basecamp di pengalengan tuk bersiap-siap tugas di sore hari….

Perjalanan di sore hari sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pagi hari….tetapi ada lebih yang lebih menarik karena rute truk tangki-ku menambah tempat yaitu ke lembang sari…ada seseorang yang menunggu di sana…hehehe sapa ayoooo….sambil menunggu waktu penampungan susu kurang lebih setengah jam aku melihat pertandingan volli …ada sesuatu yang berbeda….????

aku tiba di MT Goha biasanya jam setengah enam dan akan melaju ke MT pengalengan setelah menunaikan ibadah sholat magrib…dan sampai di MT Pengalengan biasanya bada Isya..
Inilah teman-teman sedikit sekelumit..cerita..narasi…deskripsi….suka dan duka anak truk….yang terkadang bergelantungan di belakang tangki di karenakan muatan yang berlebih……..

Posted in Pangalengan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.