Skip to content


Sebuah Kesepakatan

MT GOHA
Nicholas Appert, seorang pemuda yang pada tahun 1810 silam memenangkan hadiah 12.000 franc karena berhasil mengawetkan bahan pangan barangkali tak pernah menyangka bahwa jejaknya kelak akan diikuti oleh jutaan peternak di belahan dunia.

Susu adalah bahan pangan yang sangat berkualitas karena kandungan zat nutrient yang ada didalamnya, namun susu juga bahan pangan yang mudah rusak. Untunglah, Anton van Leeuwenhoek dengan mikroskop sederhananya tahun 1674 telah menemukan beberapa penyebab dan sekaligus memberikan dasar-dasar ilmu mikrobiologi bagi kita.

MT Goha singkatan Milk Treatment Goha yang didirikan oleh PT Ultra Jaya sungguh sangat memiliki arti bagi peternak di Pangalengan timur. Empat tower yang berdiri tegak di belakang mesin2 prosesing MT Goha mampu menampung 100 liter air susu per hari dari peternak. Dengan adanya MT setidaknya tingkat kerusakan air susu sebelum dikirim ke IPS dapat dikurangi.

Deru mesin MT Goha tak pernah berhenti. Sepanjang hari, siang dan malam, dari waktu ke waktu mesin ini bekerja tak mengenal lelah.

Lingkungan MT Goha, sangat mengesankan dan menyenangkan. Lingkungannya tertata rapi. Dan kalau sempat memperhatikan tamannya, serasa ada yang ganjil. Ternyata penuh dengan aneka pohon2 yang dibentuk mirip …maaf alat kelamin. Usiil banget pegawai yang merancang?

Tapi hampir semua pegawai disini ramah2 , itulah kelebihannya.
Di sebelah kanan bangunan utama MT ada jalan kecil menuju sebuah rumah. Nah, itulah villa tempat kami menginap selama 1 bulan di sini. Patung kera di depan villa dan ayunan di belakang rumah adalah tempat paling nyaman di siang hari namun bikin bulu kuduk berdiri di malam hari maklum konon daerah bekas kuburan kata pegawai di sini ??

Goha di waktu malam dan pagi hari sungguh menggoda intuisi. Sunyi dan sepi ditengah kedinginan serta tiupan angin dan embun bukan hanya mengingatkan sebuah sisi lain dari kehidupan di Goha namun juga menjaga dan menguji sebuah ketaqwaan pada Allah swt karena alam juga mengajarkan sebuah penantian sebelum kita akhirnya berhenti pada sebuah titik. Goha membantu mengarahkan sebuah kebenaran.

Di sebelah kiri 3 atau 4 blok dari mess Ultra Jaya kadang aq berjumpa beberapa dokter hewan muda yang membantu program keswan di Pangalengan Timur. Beberapa diantaranya adik2 kelas aq. Aq tentu bangga ditempat yang begini “terpencil” masih ada orang2 yang memiliki idealisme tinggi. Hidup dan kehidupan memang misterius, tapi apakah sebuah kehidupan harus dimaknai dengan sebuah kehadiran, tidak semuanya sepakat. Karena sesungguhnya akan terasa aneh juga jika takdir kita anggap sebagai sebuah kesepakatan.

Posted in Pangalengan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.