Skip to content


PENGARUH STATUS PRODUKSI DOMBA PRIANGAN BETINA (DARA, BUNTING, LAKTASI, KERING) TERHADAP DIAMETER DAN KECEPATAN PERTAMBAHAN PANJANG WOL

PENGARUH STATUS PRODUKSI DOMBA PRIANGAN BETINA (DARA, BUNTING, LAKTASI, KERING) TERHADAP DIAMETER DAN KECEPATAN PERTAMBAHAN PANJANG WOL (oleh: Diah Nursantri Kartika Dewi,  Fapet Unpad J1096071)

Penelitian mengenai Pengaruh Status Produksi Domba (Dara, Bunting, Laktasi, Kering) terhadap Diameter dan Kecepatan Pertambahan Panjang Wol telah dilakukan mulai tanggal 17 Februari 2001 sampai dengan 17 April 2001 di Balai Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak (BPT-HMT) Margawati, Kabupaten DT. II Garut. Penelitian dilanjutkan di Laboratorium Pengujian Bahan Tekstil, Balai Besar Tekstil Kotamadya Bandung selama sepuluh hari mulai tanggal 20 April 2001.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh status produksi domba Pringan betina terhadap diameter dan kecepatan pertambahan panjang wol, dengan harapa dapat memberi tambahan informasi dalam upaya meningkatkan nilai manfaat dari bulu yang dihasilkan oleh Domba Priangan.

Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan terdiri atas 4 macam perlakuan yang diulang sebanyak 5 kali. Peubah yang diamati adalah diameter dan kecepatan pertambahan panjang wol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status produksi domba Priangan betina berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap diameter dan kecepatan pertambahan panjang wol. Diameter wol terhalus dihasilkan oleh domba pada status produksi dara yaitu 25,88 mikron. Kecepatan pertambahan panjang wol tertinggi dihasilkan oleh domba pada status produksi kering yaitu 0,4096 mm/hari. Kesimpulan penelitian ini adalah berubahnya status produksi pada domba Priangan betina mempengaruhi diameter dan kecepatan pertambahan panjang wol. Domba muda menghasilkan diameter wol yang halus, namun sejalan dengan tercapainya dewasa tubuh pada domba betina, diameter wol semakin bertambah besar. Kecepatan pertambahan panjang wol maksimum pada saat domba Priangan berada pada status produksi kering.

 

Kata kunci : Domba Priangan betina, status produksi, diameter wol, kecepatan pertambahan panjang wol.

Posted in Abstrak Penelitian.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.