Daftar Jurnal Internasional Dikeluarkan “Diskontinu” Scopus Januari 2019

Scopus terus mengevaluasi dan memperbarui data untuk jurnal-jurnal yang sudah tidak terindeks scopus atau dikeluarkan dari database scopus (Scopus Discontinued).

Dalam edisi Januari 2019, scopus mengeluarkan 559 Jurnal dari databasenya. Alasan dikeluarkan jurnal dari berbagai publisher/penerbit ini diantaranya metrics, publication concerns, dan radar.

Berikut adalah “Discontinued Scopus List 2019” (pdf)

Statistika Deskriptif

Statistik adalah sekumpulan prosedur untuk mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasi, menghitung, menjelaskan, mensintesis, menganalisis, dan menafsirkan data kuantitatif yang diperoleh secara sistematis. Secara garis besar, statistik dibagi menjadi dua komponen utama, yaitu Statistik Deskriptif dan Statistik inferensialStatistik deskriptif menggunakan prosedur numerik dan grafis dalam meringkas gugus data dengan cara yang jelas dan dapat dimengerti, sementara Statistik inferensial menyediakan prosedur untuk menarik kesimpulan tentang populasi berdasarkan sampel yang kita amati. Statistik Deskriptif membantu kita untuk menyederhanakan data dalam jumlah besar dengan cara yang logis. Data yang banyak direduksi dan diringkas sehingga lebih sederhana dan lebih mudah diinterpretasi.

Terdapat dua metode dasar dalam statistik deskriptif, yaitu numerik dan grafis.

Continue reading “Statistika Deskriptif”