Tips Agar Memori dan Storage Smartphone Lebih Leluasa

Tips Agar Memori dan Storage Penyimpanan Smartphone Lebih Leluasa – Saya telah mengumpulkan beberapa tips dan panduan yang berguna untuk membantu agan dalam membersihkan ruang memori lokal.

Disclaimer, ini tidak ada sponosor dengan sofware atau perusahaan mana pun ya. Niat murni untuk memberi tips karena saya pun memiliki masalah yang sama mengenai ruang penyimpanan pada HP.

Storage Smartphone

Storage Smartphone

Tips Mengatasi Ruang Penyimpanan Smartphone

1. Hapus Foto dan Video yang dikirim melalui WhatsApp

Ini adalah tips paling sederhana dan klasik. Mungkin sampai sekarang pun masih banyak orang yang bahkan belum menyadari betapa sangat memakan memori penyimpanan dalam kejadian ini.

Setiap kali agan mengirim dokumen (baik berupa foto, video, atau file lain) melalui WhatsApp, aplikasi menyimpan salinannya di sistem agan (biasanya ke Gallery / File Storage).

Terlebih lagi, jika Anda mengirim foto yang sama beberapa kali, itu akan disimpan sebanyak yang agan kirim. Agan dapat menghapusnya secara manual dengan masuk ke WhatsApp / Gallery.

2. Gunakan Aplikasi Lite

Disini alasannya simpel, karena terkadang pemakaian aplikasi tertentu lewat mobile phone minim penggunaan. Seperti, jika kalian masih bermain Facebook, atau Twitter, ada periode tertentu dimana kalian tidak terlalu sering membuka aplikasi tersebut.

Pengembang telah menyadari bahwa di banyak negara, perkembangan teknologi dalam hal perangkat seluler masih dalam masa pertumbuhan, sehingga mereka praktis diperlukan untuk menawarkan versi yang lebih ringan dari aplikasi mereka. Beberapa aplikasi yang punya versi ” lite ” , diantaranya Facebook Lite, Opera Mini, dan Twitter Lite.

Semua aplikasi ini menggunakan jauh lebih sedikit ruang dan memori saat berjalan, tanpa mengorbankan sebagian besar fungsi dasar dari aplikasi.

3. Hapus APK setelah dipasang

Ini adalah salah satu yang jelas bahwa banyak orang abaikan (terutama yang suka main mobile game). Jangan lupa lokasi unduhan yang agan pilih, kemudian hapus APK yang sempat agan download. Kalian juga bisa multiple delete jika ingin menghemat waktu.

4. Aktifkan Fitur Penghemat Data Browser

Banyak pengguna yang begitu berdedikasi pada produk Google sehingga mustahil bagi mereka untuk bekerja dengan aplikasi alternatif, terutama ketika menyangkut browser.

Meskipun banyak orang cenderung menghapus Chrome sebagai aplikasi yang haus baterai, kebenarannya adalah Google Chrome kini mulai menawarkan lebih banyak alat untuk membuktikan bahwa kesan ini tidak sepenuhnya benar. Salah satunya adalah fitur penghemat data yang memampatkan banyak file multimedia yang dimuat saat browsing.

Baca Juga : Tips Ampuh Membeli iPhone Second Original Agar Tidak Tertipu

Dan tentu saja, semakin sedikit data yang diunduh, semakin kecil cache yang dihasilkan. Untuk mengaktifkannya, agan harus pergi ke Pengaturan > Data Saver.

5. Reset Sistem Sesekali

Terkadang, kita agak malas untuk otak-atik berkas pada smartphone, sehingga dalam kasus tertentu, mungkin yang terbaik adalah hanya melakukan reset pabrik lengkap dan menyingkirkan semua file yang tersimpan selama rentang waktu bulan (atau tahun).

Dalam hal kemungkinan hilangnya data, tidak ada alasan untuk khawatir karena sebagian besar aplikasi secara otomatis akan menyimpan informasi agan di cloud.

Ketika anda Reset Sistem, lakukan hanya untuk merefresh kembali smartphone anda, jangan terlalu sering karena ditakutkan akan terjadi Bootloop. Jika smartphone anda terkena Bootloop, anda juga harus tahu Cara Mengatasi Bootloop pada Smartphone anda.

Tetapi jika agan masih ragu, lakukan tahap selanjutnya yaitu ,

6. Gunakan Cloud untuk Menyimpan Data

Saat ini, agan dan semua saudara agan pasti tidak luput dari penggunaan smartphone dan internet sehingga cara mengatasi keraguan dalam penyimpanan sebuah file, adalah ide yang baik untuk bekerja dari jarak jauh dengan menggunakan cloud untuk menyimpan sebuah file.

Cara paling mudah, gunakan Google Drive dengan free storage 15GB yang ditawarkan oleh Google. Ada beberapa cloud platform lainnya yang mungkin kalian sudah temukan, tetapi cara ini adalah yang termudah dan juga mudah diakses.

7. Hapus Cache Aplikasi

Kami tidak dapat merekomendasikan agan untuk menghapus file cache JIKA, agan orang yang aktif menggunakan smartphone untuk bisnis / pendidikan, karena cache akan membantu aplikasi yang sering agan gunakan untuk memuat lebih cepat.

Seperti, jejak login pada google chrome, atau akses akun pada beberapa aplikasi. Itu sebabnya, jika agan ingin menghapus cache atau file sementara, sebaiknya diterapkan untuk perangkat lunak yang jarang kalian gunakan.

Cara terbaik untuk melakukan ini dengan hati-hati adalah dengan masuk ke daftar aplikasi yang terinstal di menu pengaturan dan melihat data dan cache yang digunakan oleh masing-masing aplikasi.

8. Back-up Manual

Ini lebih tradisional lagi. Caranya, sisihkan uang untuk membeli DVD kosong / Flashdisk / HDD. Nah, silahkan kalian back-up foto / video yang berukuran BESAR dengan memindahkan ke penyimpanan eksternal seperti ini.

Memang, butuh uang lagi untuk melakukan ini, tetapi kalian bisa merasakan dampaknya jika kalian rajin dalam mengatur penyimpanan data pada smartphone kalian.

9. Temukan File-file Besar

Gunakan aplikasi bawaan smartphone kalian untuk mendeteksi file-file mana saja yang berukuran besar dan sangat memakan tempat.

Dengan cara ini, agan dapat dengan mudah melihat apakah ada monster yang bersembunyi di ponsel cerdas Anda. Tandai, kemudian lakukan tahap selanjutnya (seperti hapus atau back-up online / manual).

Ruang penyimpanan yang penuh dapat membuat baterai cepat habis dan mudah panas, oleh karena itu anda juga perlu tahu waktu yang baik untuk ngecas smartphone.

Demikian artikel berakhir disini. Saya sebagai penulis berharap , tips ini akan bermanfaat untuk kalian, terutama yang menyisihkan waktu untuk mampir dan membaca.

Harap diingat bahwa dalam pembuatan artikel ini, TS sudah melakukan riset dan proses sunting sehingga tidak ada repost dan artikel ini mudah untuk dibaca. Terima kasih.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *