Pentingnya Makan Makanan Halal Menurut Pakar Gizi

Pentingnya Makanan Halal untuk Tubuh – Selain memilih jenis makanan yang sehat, aspek halal juga sangat penting diperhatikan. Pakar gizi menilai makanan halal selain menyehatkan tubuh juga rohani.

Sebagai Muslim, halal adalah prinsip dasar. Ditegaskan Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN), Prof. Dr. Hardinsyah MS yang berkata sebelum seorang Muslim memilih makanan bergizi atau tidak, aspek halal harus jadi yang pertama kali dipastikan.

Makanan Halal

Makanan Halal

Makanan yang dipastikan halal mempengaruhi kepuasan sisi rohani yang berefek pada rasa bahagia, tenang dan aman dalam aktivitas sehari-hari. Menurutnya, aspek kesehatan jasmani akan lengkap jika rohani juga sehat.

Bagi yang terbiasa gelisah karena ragu makanannya halal atau haram, kata Hardinsyah kondisi itu akan berpengaruh pada sistem hormonal tubuh. Penelitian kesehatan juga berkesimpulan, pikiran negatif dan perasaan yang selalu gelisah membuat orang rentan terhadap penyakit.

Dalam lingkungan masyarakat, orang yang menyimpan kebencian kepada tetangganya setelah diteliti ternyata lebih cepat mengidap diabetes dan penyakit lainnya hingga mengalami kematian lebih awal.

Agar terhindar dari segala penyakit yang awalnya disebabkan pikiran negatif dan perasaan gelisah, memilih sarapan halal menurut Hardinsyah harus jadi kesadaran sebagai Muslim dan menjadi pola hidup sehat sehari-hari agar merasa tenang dan aman.

Untuk itu, kita harus jeli dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi agar tehindar dari makanan yang tidak halal. Baca kandungan jenis makanan pada kemasan makanan, disana akan dijelaskan tentang kandungan apa saja didalam makanan tersebut.

Biasanya terdapat beberapa jenis makanan yang menggunakan bahan tidak halal seperti Babi. Dalam kandungan makanan tersebut belum tentu dituliskan nama “Babi” dalam kemasannya, namun ada nama lain atau istilah makanan yang mengandung Babi, untuk itu kita harus waspada dan perlu mengenal nama lain makanan berbahan babi.

Semoga kita senantiasa terhindar dari berbagai makanan serta minuman yang dilarang oleh agama, agar kehidupan kita lebih baik.

Manfaat Makanan Sehat akan lebih optimal ketika makan tersebut Halal. Salam hidup sehat dengan makanan dan minuman Halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *