KKNM Desa Linggajati 2010

Membantu Masa Orientasi Siswa Mts

Latar Belakang

Sebelum memasuki proses kegiatan belajar mengajar siswa baru harus mengenal lingkungan sekolah dimana sekolah tersebut merupakan tempat mereka akan menuntut ilmu selama kurang lebih tiga tahun ke depan.Proses pengenalan lingkungan kampus tempat mereka menuntut ilmu tersebut tidak sebatas pengenalan mengenai letak-letak ruangan kelas, ruang guru, dan lain sebagainya, tapi lebih kepada pengenalan lingkungan sekolah secara keseluruhan seperti pemetaan lingkungan kampus, struktur organisasi siswa dan guru d sekolah tersebut, pengenalan guru dan teman-teman baru baik teman-teman satu angkatan maupun teman-teman beda angkatan sekalipun.

Pentingnya masa orientasi siswa sering kali di anggap remeh oleh para guru dan siswa-siswi d tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas karena di anggap sebagai kegiatan rutin yang tiap tahin di selenggarakan di tiap-tiap sekolah di seluruh Indonesia.Mereka kurang menyadari bahwa proses pengenalan ini sangat berpengaruh kepada proses adaptasi dan pengenalan lingkungan tempat siswa-siswi baru belajar.

Melihat hal tersebut, maka kami mahasiswsa yang sedang melangsungkan kegiatan KKNM Unpad 2010 bermaksud memberikan gambaran bagaimana cara menyelenggarakan kegiatan MOS yang baik dan mengenai sasaran, serta mengingatkan kembali akan penting nya proses tersebut dalam menunjang prestasi serta menggali potensi yang ada pada siswa dan siswi baru.

Tujuan

-          Memperkenalkan inovasi-inovasi baru dalam proses kegiatan orientasi siswa

-          Memberikan pemahaman kepada guru-guru akan pentingnya kegiatan masa orientasi siswa untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM)

-          Terjadinya kesepahaman antara guru dan murid dalam melakukan proses KBM

-          Menggali potensi-potensi yang terdapat pada siswa dansiswi baru

-          Memperkenalkan pada siswa-siswi pengurus OSIS bagaimana cara menyusun organisasi terutama dalam pembentukan kepanitiaan MOS.

Sasaran

Sasaran utama adalah siswa-siswi baru yang sedang melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS), OSIS, panitia serta guru-guru MTs. Cintamulya. Alasan memilih target audiens tersebut dikarenakan bertepatan dengan kegiatan MOS yang sedang berlangsung di lokasi tersebut sahingga dirasa sangat tepat. Sebanyak kurang lebih 120 peserta terlibat mengikuti kegiatan tersebut.

Pelaksanaan Kegiatan

Program kegiatan bantuan masa orientasi siswa dilakasanakan mulai Hari Jum’at, 9 Juli  hingga 17 Juli 2010, Pukul  08.00-13.00 WIB, di MTs. Cintamulya Desa Linggajati.

Pelaksanaan kegiatan berjalan cukup lancar. Sebagian peserta antusias dan ikut terlibat selama berlangsungnya proses pembelajaran. Materi yang disampaikan sebagian besar dapat diserap oleh para peserta.

Manfaat Dan Hasil Guna Bagi Masyarakat

-          Peserta lebih menikmati kegiatan masa orientasi siswa.

-          Guru dan siswa-siswi selaku pantia sadar akan pentingnya proses pengenalan lingkungan sekolah tersebut.

-          Meningkatnya motivasi belajar bagi siswa-siswi MTs.

-          Para guru dan pantia mengenal bagai mana cara membentuk sebuah kepanitiaan yang baik demi memperlancar proses pengenalan lingkungan sekolah yang di kenal dengan MOS

Hambatan yang kami rasakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah:

-          Minimnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, seperti mic dan sound system menjadikan acara sedikit terhambat.

-          Sedikitnya jumlah guru yang hadir, sehingga hanya sebagian kecil guru yang dapat meangaplikasikannya ketika kegiatan KBM.

-          Panitia acara (siswa kelas VIII dan IX) kurang aktif dan terlibat selama berlagsungnya acara.

Solusi yang kami lakukan untuk menanggulangi masalah tersebut adalah:

-          Adanya keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dapat ditanggulangi dengan perlengkapan yang seadanya dan hasil swadaya mahasiswa.

-          Panitia acara yang kurang terlibat terus didampingi oleh mahasiswa, sehingga pada akhirnya dapat terlibat secara penuh.

Kesimpulan

Pentingnya proses pengenalan lingkungan sekolah yang belum begitu di sadari oleh kebanyakan sekolah terutama di daerah-daerah dengan keterbatasan fasilitas seperti yang terjadi di Desa Linggajati, menjadi landasaan kami dalam memulai progam bantuan masa orientasi siswa, dengan adanya program ini di harapkan masyarakat pendidikan di lingkungan desa Linggajati dapat lebih memahami pentingnya Masa Orientasi Siswa bagi siswa dan siswi baru sebelum memulai kegian belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut.

Saran

Dengan adanya program ini di harapkan pihak penyelenggara dapat memahami betul bagaimana tata cara pembentukan panitia dan susunan acara yang baik serta sesuai porsi-porsi yang di butuhkan dalam proses MOS tersebut, dan di harapkan materi-materi yang di sampaikan dapat berguna bagi Masa Orientasi Siswa selanjutnya yang akan berlangsung pada tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create