KKNM Desa Linggajati 2010

Desa Siaga

Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan terhadap Bencana melalui Penerapan Desa Siaga di Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya

Latar Belakang

Bencana didefinisikan sebagai suatu peristiwa yang disebabkan oleh proses alam atau ulah manusia yang dapat terjadi secara bertahap atau mendadak yang mengakibatkan kehilangan jiwa manusia, kerusakan dan kehilangan harta benda dan kerusakan lingkungan

Beberapa tahun ini, Indonesia diguncang berbagai bencana alam hampir di seantero negeri, mulai dari tsunami, banjir, tanah longsor, gempa, gunung meletus, dan masih banyak lagi. Beragam teori diajukan untuk dijadikan penyebab lahirnya bercana tersebut, mulai dari penggundulan hutan, penyalahgunaan lahan, sampai global warming.

Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan daerah di Jawa Barat yang sering mengalami kejadian banjir dan masuk zona kerentanan longsor kecil hingga sedang. Selain bencana longsor di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, juga sering terjadi banjir, gempa bumi dan sebagainya.

Tercatat pada tahun 2005 terjadi banjir yang cukup besar di kapunduhan Nyalindung dengan akibat sekitar empat RT terendam banjir. Dan yang terakhir, bulan Februari 2010, dua RT terendam banjir yaitu di RT 002 dan RT 003. Kejadian ini disebabkan daerah tersebut terletak pada ketinggian yang lebih rendah dibanding kapunduhan lain di desa tersebut dan penyalahgunaan fungsi tanggul sebagai kawasan penambangan pasir. Pada bulan Januari 2010, terjadi pula bencana longsor kecil di daerah Cipanas. Bencana ini hanya mengakibatkan sedikit kerusakan tanpa adanya korban jiwa.

Besarnya potensi bencana alam yang mungkin terjadi di Desa Linggajati, khususnya kapunduhan Nyalindung, perlu diantisipasi dengan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi dan menanggulangi bila bencana terjadi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan mayarakat dalam menghadapi bencana adalah melalui penerapan Desa Siaga yang telah dicanangkan oleh Departemen Kesehatan RI. Kabupaten Siaga adalah Kabupaten yang mempunyai kebijakan dan melaksanakan berbagai upaya dalam rangka akselerasi penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi bersama-sama pemerintah, swasta dan masyarakat secara integratif dan sinergis melalui mekanisme pemberdayaan kecamatan, desa dan masyarakat dalam antisipasi dan melaksanakan tindakan penyelamatan ibu hamil, melahirkan, nifas, Bayi dan anak  serta golongan masyarakat lainnya dari kegawatdaruratan dan kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa, masalah kesehatan dan gizi.

Tujuan

Tujuan program kegiatan Penyuluhan Desa Siaga ini adalah :

  1. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mencegah dan mengurangi dampak bencana
  2. Menjadikan Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu menjadi desa siaga dalam bidang kesehatan dan penanggulangan bencana.

Sasaran

Program penyuluhan desa siaga ini ditunjukan kepada seluruh warga desa Linggajati, terutama kapunduhan Nyalindung agar desa yang menjadi sasaran ini selalu siap menghadapi dan menanggulangi efek bencana alam yang terjadi. Di samping itu, mengingat banyaknya anak-anak dan lansia di desa ini, program Desa Siaga ini pun diharapkan bisa menjadi solusi bagi penanggulangan bencana yang efektif.

Pelaksanaan Kegiatan

Penyuluhan ini dilaksanakan di Madrasah Al-Hidayah, Kapunduhan Nyalindung, Desa Linggajati pada hari Jum’at tanggal 23 Juli 2010 pukul 13.30 WIB – 15.30 WIB, di hadiri oleh kepala dusun kapunduhanan nyalindung dan warga kepunduhan nyalindung, khususnya RT 002 dan RT 003. Penyuluhan disajikan secara interaktif oleh pemateri dari Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Metode yang dilakukan adalah pemaparan yang dilanjutkan dengan tanya-jawab. Penyuluhan ini dihadiri oleh warga desa yang cukup antusias terhadap materi yang dibawakan, terbukti dengan jumlah warga yang menjadi peserta penyuluhan yaitu sebanyak 86 orang. Antusiasme warga pun terlihat dari banyaknya pertanyaan dan keingintahuan dari peserta seputar topik yang disampaikan. Penyuluhan ini kami tutup dengan acara doorprize/ undian berhadiah dan respon antusiasme para peserta penyuluhan semakin meningkat di acara puncak ini. Kendala yang kami hadapi pada penyelenggaraan program ini antara lain keterlambatan kedatangan peserta, keterbatasan kapasitas tempat, kurang maksimalnya sistem pengeras suara, serta kurang mengertinya peserta terhadap isi materi.

Manfaat dan Hasil Guna Bagi Masyarakat

Manfaat dari dilaksanakannya program ini adalah tersampaikannya pengetahuan tentang kesiapsiagaan desa terhadap bencana dan perencanaan pembentukan desa siaga. Dengan masyarakat mengetahui tentang hal ini, akan mengurangi dampak bencana yang merugikan masyarakat. Juga, masyarakat mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan melalui desa siaga ini apabila terjadi bencana. Penyuluhan ini juga berguna untuk menginisiasi adanya suatu lembaga tanggap bencana di masyarakat desa yang bertugas memfasilitasi warga dan sebagai usaha preventif terhadap kerugian akibat bencana alam yang akan terjadi.

`           Kendala- kendala yang akan dihadapi dalam pelaksanaan program ini antara lain :

  • Akan sulitnya di bentuk lembaga desa siaga apabila tidak didukung oleh para aparatur desa.
  • Kurangnya dukungan dari warga pada program desa siaga

Kesimpulan

Program penyuluhan yang kami laksanakan bisa memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Desa Linggajati, terutama warga kapunduhan Nyalindung. Melihat antusiasme yang diberikan oleh warga, dapat kami simpulkan bahwa semua warga peduli terhadap keselamatan jiwa dan peningkatan kesiapsiagaan akan bencana alam dan di akhirnya akan dibentuk suatu lembaga penanggulangan bencana alam.

Saran

Saran kami, lembaga penanggulangan bencana benar-benar didirikan oleh masyarakat desa Linggajati dan masyarakat pun mendukung dan mengikuti setiap petunjuk dari lembaga tersebut untuk keselamatan mereka bersama. Juga, seharusnya pemerintah desa turut terlibat dan memfasilitasi pelaksanaan program desa siaga ini karena program ini memberikan banyak manfaat bagi penduduk desa, khususnya bagi keselamatan jiwa mereka saat terjadi bencana alam.

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create