Tips Menjaga Cat Epoxy Agar Awet dan Tahan Lama

Kebutuhan cat epoxy banyak dicari oleh pelaku usaha untuk kepentingan pabrik atau industri. Epoxy ini banyak digunakan pada lantai pabrik karena menambah nilai kebersihan dan estetika tersendiri. Dalam industri atau pabrik kebersihan lantai menjadi hal yang perlu diperhatikan. Cat Epoxy lantai memberikan efek glossy yang menambah keindahan lantai. Secara tidak langsung dengan kebersihan dan keindahan lantai di ruang kerja, karyawan menjadi lebih nyaman dan semangat dalam bekerja.

Tips Menjaga Cat Epoxy agar Awet

Penggunaan cat epoxy pada lantai bertujuan untuk melindungi dari kehausan. Meski lantai yang dilapisi cat epoxy memberikan efek tahan lama, sebaiknya perlu dilakukan pemeliharaan. Lantai yang sering dilewati dan diinjak banyak orang juga butuh pemeliharaan agar tampilan epoxy ini tetap indah. Berikut tips menjaga cat epoxy agar awet dan tahan lama.

  • Lakukan pembersihan lantai yang dilapisi cat epoxy bila terjadi tumpahan cairan. Pembersihan dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menyapukan handuk atau kain pada permukaan lantai yang terkena tumpahan cairan.
  • Lakukan pembersihan rutin dari debu yang menempel di lantai yang dilapisi cat epoxy. Agar keindahan dari efek cat epoxy ini awet dan tahan lama sebaiknya lakukan pembersihan dengan menyapu lantai dengan sapu bulu atau pel debu secara rutin. Karena lantai menjadi area yang mudah sekali terkena debu ataupun kotoran dari sepatu, maka sebaiknya sapu dengan pel debu secara rutin.
  • Lakukan pembersihan pada noda yang cukup membandel dengan cara pel dengan busa pel bertekstur keras dengan air panas dan amonia murni. Anda dapat memasukan 4-5 ons amonia murni pada 15 liter air. Bila noda masih belum hilang, Anda dapat menggosoknya dengan scrub yang lembut.
  • Hindari penggunaan bahan kimia pembersih untuk lantai dilapisi cat epoxy ini. Jangan menggunakan bahan cairan yang mengandung asam seperti cuka dan jeruk. Pembersih dengan bahan sabun akan membuat lantai tak bersinar dan licin.
  • Semprot dan bersihkan lantai yang dilapisi epoxy dengan squeegeed dry.

Itulah beberapa tips untuk menjaga agar cat epoxy awet dan tahan lama. Ada langkah pencegahan agar lantai tidak mengalami kerusakan. Pastikan gunakan keset pada setiap pintu agar kotoran dan cairan yang menempel di alas kaki berkurang. Kemudian beri pelindung pada benda yang dapat menimbulkan gesekan pada lantai. Sebelum menggunakan alat berat sebaiknya bersihkan area dan tempatkan bantalan di bawah alat berat. Bila melakukan proses las di lantai yang dilapisi cat epoxy sebaiknya beri alas atau welding mat. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan agar lantai yang dilapisi cat epoxy tak mengalami kerusakan. Namun lantai yang tidak dilapisi cat epoxy lebih rentan mengalamikerusakan. Epoxy justru dapat mengurangi biaya pemeliharaan lantai itu sendiri.

 

Categorized: All Info

Comments are closed.