Hal Mendasar Breeding Kambing

                                Via TernakOnline

Istilah breeding merupakan hal yang cukup mendasar dalam peternakan kambing. Hal itu dikarenakan kegiatan-kegiatan peternakan kambing misal seperti penggemukan dan pemerahan tidak bisa bekelanjutkan tanpa adanya breeding. Ketika proses penggemukan kambing maka akan memerlukan stok populasi kambing dan stok tersebut diperoleh dari breeding kambing.

Lantas apa breeding itu ?

Breeding kambing merupakan usaha untuk mengembangbiakan atau menganakpinakan kambing. Mungkin terlihat sederhana namun untuk memperoleh hasil yang maksimal maka diperlukan kemampuan manajemen yang mumpuni.

Kita akan berdiskusi mengenai proses perkembangbiakan kambing. Seekor kambing dara sudah mulai atau siap untuk dikawinkan sekitar usia 12 bulanan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa bisa saja kambing dara tersebut dikawinkan sebelum usia 12 bulan dengan catatan berat badan si kambing sudah mencapai 60% dari berat badan induknya. Sedangkan cara untuk merangsang kambing adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi tinggi. Lalu memandikan kambing secara rutin, dijemur dan diumbar. Selain itu teriakan libido pejantan dan bau khasnya dapat memacu kambing dara segera birahi. Berangkat dari situ sebaiknya dengan sigap kambing dera dan pejantan dewasa harus segera didekatkan.

Perlu diketahui bahwa kambing betina memiliki siklus birahi 18 sampai dengan 21 hari. Biasanya lama birahi kembing betina tersebut berlangsung selama 18 sampai dengan 21 hari kemudian menunggu kambing betina birahi lagi. Perlu dicatat bahwa untuk mengawinkan kambing betina harus pada masa birahi. Jangan sekali-kali mencoba untuk dipaksa kawin diluar birahi sebab biasanya tidak akan terjadi pembuahan. Setelah melewatu satu masa siklus kambing betina tidak birahi lagi, dapat dipastikan kambing hamil.

Ciri-ciri Kambing Birahi

Ada banyak yang bisa kita perhatikan ketika kambing telah birahi.

  1. Biasanya kambing gelisan dan juga mengembik terus menerus. Anda harus bisa membedakan mana embikan kambing birahi dan mana embikan kambing yang sedang lapar. Hal tersebut akan Anda ketahui setelah Anda mulai beternak kambing.
  2. Mengibaskan ekor terus menerus
  3. Nafsu makan menurun
  4. Kemaluan kambing merah dan cenderung basing

Dibarengi ciri-ciri diatas juga muncul ciri-ciri lain seperti kambing yang Nampak pada kambing betina yaitu birahinya tidak tampak namun hanya mengibaskan ekornya saja jika didekatkan dengna pejantan. Selama tidak ada pejantan maka birahi kambing betina tidak akan Nampak. Proses brahi tersebut bisa berlangsung hingga 30 menit. Artinya hanya pada waktu itu saja kambing betina dibuahi oleh kambing jantan.

Sebagai catatan, agar idak menunda-nunda untuk mengawinkan kambing dara. Sebab semkain tua usia dara semakin sulit untuk dikawinkan, Apalagi jia usia telah 18 bulan ke atas, proses perkawinan akan cenderung lebih sulit.

 

Comments are closed.