Skip to content

Profil Desa Darmaraja

2010 August 4
by kknmdarmaraja

Desa Darmaraja terletak di Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis dengan jarak 2 km dari pusat pemerintahan kecamatan, 43 km dari pusat pemerintahan kabupaten, dan 115 km dari ibu kota provinsi Jawa Barat.  Luas wilayah Desa Darmaraja mencapai 293, 192 Ha. Sedangkan untuk batas wilayahnya, sebelah utara yaitu Desa Sadewata/ Kertayasa, sebelah selatan Desa Awi Luar, sebelah timur Desa Citeureup, sebelah barat Desa Lumbung Sari.

Setiap desa memiliki dusun-dusun di dalamnya. Desa ini mempunyai 4 dusun, yaitu dusun Awiluar, Bantarkalaer, Bangsal dan Gunungsawung. Setiap dusun memiliki karakteristik yang berbeda-beda, misalnya dilihat dari mata pencaharian warganya. Dusun Awiluar ditempati oleh warganya yang tidak aktif bekerja alias pensiunan. Pekerjaan mereka cenderung lebih santai, seperti bertani, berdagang, dan mengajar.

Desa ini termasuk desa yang maju. Kondisi jalan tergolong baik dan sudah dikeraskan (aspal). Namun pada beberapa ruas jalan dusun khususnya menuju Dusun Gunung Sawung cenderung dalam kondisi rusak. Desa ini pun masih terbilang hijau dan masih asri. Banyak terdapat persawahan dan pepohonan di sepanjang jalannya.

Potensi Bencana

Daerah lokasi KKNM di Desa Darmaraja pada tahun 2009 mengalami bencana gempa bumi. Tercatat Desa Darmaraja termasuk ke dalam daftar desa penerima bantuan bencana gempa bumi kategori Rumah Rusak Sedang dan Rumah Rusak Berat. Selain potensi bencana gempa bumi, Desa Darmaraja berpotensi bencana tanah longsor dikarenakan variasi topografi dan litologi penyusun daerah merupakan hasil endapan vulkanik kuarter yang belum terkompaksi.

Potensi tanah longsor terjadi terutama di Dusun Gunung Sawung. Pada tanggal 31 Desember 2009 pernah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan 11 rumah dikosongkan untuk menghindari timbulnya korban jika terjadi longsor susulan. (timkknm)

One Response leave one →
  1. August 17, 2010

    masukkan data-data dan potensi darmaraja donk :)

Leave a Reply

Note: You can use basic XHTML in your comments. Your email address will never be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create