• this is it
  • Archives
  • Categories
  • Bunga Matahari Membuat Suasana Menjadi Cerah

    2010 - 06.12

    (Vibizlife – Flowers) Kalau kita melihat bunga yang satu ini, pasti yang langsung teringat dalam pikiran kita adalah bentuknya yang besar dengan warnanya yang kuning terang dan kepala bunga yang besar. Disebut bunga matahari mungkin karena bunganya yang selalu menghadap ke arah matahari, tapi bagaimana kalau malam hari ya ?

    Bunga yang satu ini lebih menyukai tanah yang subur dan hangat. Bunga matahari juga menyukai suasana yang cerah. Mengingat asalnya, tumbuhan ini cocok tumbuh di tempat dengan iklim subtropik dan jika ditanam pada dataran tinggi di daerah tropika, hasilnya juga tinggi.

    Bunga matahari yang tumbuh subur dapat mencapai 3 meter, tapi memang harus ditanam ditempat yang tepat. Kita tidak dapat sembarangan menanam bunga ini, karena bisa-bisa tidak dapat tumbuh dengan baik. Jangan sekali-kali menanamnya di daerah yang tergenang air, sebab akarnya dapat menjadi busuk.

    Tapi tidak hanya itu saja kelebihan dari bunga matahari, bunga ini juga merupakan sumber minyak, baik pangan maupun industri. Untuk bahan pangan, minyak bunga matahari cocok digunakan untuk menggoreng, mengentalkan, juga sebagai campuran salad. Minyak bunga matahari ini kaya akan asam linoleat, yaitu suatu asam lemak tak jenuh yang baik untuk manusia.

    Kalau kita ingin menanam bunga matahari di rumah, mungkin hal itu tidak mudah sebab kita hanya harus perhatikan beberapa hal diatas. Kalau tidak, bunga ini tidak akan dapat tumbuh dengan baik dan yang pasti tidak dapat bertahan lama.  So…? Ayo buat suasana menjadi cerah selalu.

    (^_^)

    Your Reply