• this is it
  • Archives
  • Categories
  • Anyelir Pancarkan Rona Keceriaan

    2010 - 06.12

    Apakah yang terbersit pertama kali saat kita melihat foto bunga anyelir diatas? “Keceriaan” sepertinya adalah jawaban yang paling tepat. Warna pink ungunya plus putih pada tepi kelopak begitu memancarkan rona-rona kebahagiaan…

    Bunga anyelir atau disebut juga bunga teluki terkenal secara mendunia dengan nama Carnation. Bunga yang bukan asli Indonesia ini dihadirkan oleh para kolektor bunga dari negeri Belanda beberapa abad lalu atau tepatnya saat jaman penjajahan masih berlangsung. Bunga dengan nama latin Dianthus Caryophyllus sesungguhnya berasal dari kawasan Mediterania. Memiliki setidaknya 8 varietas yaitu varietas dona, orange, orange garis, ungu garis, kuning garis, pink muda, merah dan salem.

    Anyelir pada foto-foto diatas merupakan anyelir mini dengan ciri khas tangkai yang pendek dan bunga-bunganya yang berukuran mini. Berbunga satu-satu untuk setiap tangkainya. Ada juga yang jenis ‘spray yang berbunga banyak di setiap tangkainya.

    Masa produktifnya hanya kurang lebih 1 tahun dengan 5 bulan masa pertumbuhan dan 7 bulan masa menghasilkan bunga. Namun demikian, dapat juga bertahan hidup selama 18-20 bulan dan dapat mencapai ketinggian hingga 2 meter.

    Pembudidayaan biasanya dilakukan dalam naungan rumah (shading house). Hal ini untuk memberi perlindungan bunga dari terpaan angin, perubahan suhu, terik matahari, curah hujan yang berlebihan ataupun hama penggangu. Adapun temperature terbaik untuk penanaman anyelir berkisar antara 20 hingga 26 derajat celcius untuk masa pertumbuhan dan 18 hingga 20 derajat celcius untuk masa pembungaan. Pemupukan pun sebaiknya dilakukan dengan takaran yang disesuaikan pada tiap-tiap fasenya, entah fase pertumbuhan ataupun pembungaan.

    Carnation yang imut nan cantik ini memiliki banyak ragam pilihan warna. Oleh karena itulah sangat diandalkan sebagai tanaman hias baik di ruangan tertutup ataupun taman kecil kita bahkan begitu diminati sebagai penghias ruangan acara wedding ataupun sebagai bungabouquets sang mempelai wanitaCarnation pun tersohor sebagai long lasting flower dan bahkan salah satu bunga terpopuler di jagad ini.

    Keberadaannya memang membutuhkan banyak perhatian tapi semua itu terbayarkan dengan melihat  pesona bunga-bunganya yang menebarkan keceriaan dimanapun dia ditempatkan. Seperti bunyi kutipan jingle suatu iklan “Ada carnation, ada keceriaan dimana-mana…” hehehe

    (^_^)

    Your Reply