Kegiatan Mengajar di PAUD

Peserta KKNM Desa Tambaksari yang terdiri dari 20 orang dibagi menjadi beberapa tim untuk mengajar di PAUD Tambaksari dan SDN Tambaksari I dan II. Kegiatan mengajar di PAUD dilakukan pada pagi hari sebelum mengajar di SDN Tambaksari I sehingga tim yang mengajar di PAUD mengajar kembali di SD Tambaksari.

Kegiatan mengajar di PAUD Tambaksari hanya berjalan 3 hari dimulai pada tanggal 12 januari 2012 – 16 januari 2012 setiap pukul 08.00. Tim yang mengajar di PAUD terdiri dari 7 orang, yaitu Kurnia Ahmad Fuadi, Silvia Monica, Ervyna Rizki, Livita Iriany, Annisa Syaputri, Ruben Varian dan Adzan Setiabudi. Jumlah siswa yang ada di PAUD Tambaksari itu sendiri sebanyak 50 orang dengan 4 orang guru.

Pada hari pertama kegiatan di PAUD lebih difokuskan untuk mengembangkan ide-ide kreatif anak-anak usia dini dengan media origami. Selanjutnya pada hari kedua mahasiswa menggunakan metode mengajar dengan sistem bermain, yaitu bermain dengan media balon untuk mengenal warna. Dan pada hari terakhir mahasiswa lebih mengenalkan beraneka ragam profesi kepada anak usia dini, untuk lebih memotivasi cita-cita mereka.

Saat kegiatan belajar anak-anak usia dini yang ada di PAUD sangat antusias, mereka bersemangat dengan aneka ragam bentuk metode pengajaran yang menyenangkan yang diberikan oleh mahasiswa. Selain itu kegitan mengajar di PAUD pun memberikan pengalaman yang baru dan kesan yang sangat dalam untuk mahasiswa. Terdapat makna yang dapat kita ambil dari kegiatan mengajar anak-anak usia dini tersebut, yaitu salah satunya bahwa untuk mengajar anak-anak usia dini, diperlukan kesabaran, keterampilan, keaktifan yang lebih dalam memahami bagaimana karakter anak- anak usia dini tersebut.

Sumber