31 May 2010

Sekilas Tentang Off-Farm

Posted by distyfauzia under: Off-Farm .

Off-Farm, bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing dan kurang dipahami maksud yang tersirat dari kata tersebut.

Off-Farm ialah segala aktivitas pertanian yang berada pada alam tertutup, maksudnya aktivitas petanian yang merambah ke dunia industri. Terkenal dengan sebutan agroindustri. Dengan kata lain, off farm adalah aktivitas para petani ‘berdasi’.

Namun, perhatian orang-orang terutama para pemuda yang diharapkan oleh generasi tua dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik terhadap aspek pertanian masih kurang. Jika pemuda mengetahui pengertian pertanian dalam artian yang luas ini dan menyadari betapa pentingnya dunia pertanian dalam perekonomian bangsa, para pemuda pasti akan berkejaran merebut peluang-peluang usaha dalam pertanian.

Oleh karena itu, sebagai pemuda seharusnya membuka mata pada dunia pertanian yang terbuka lebar dan juga amat prospektif ini apalagi didukung dengan hamparan agraris Indonesia yang begitu luas, karena adanya hubungan simbiosis mutualisme antara pemuda dan pertanian merupakan sebuah hal yang tidak bisa dipungkiri.

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create