Meeting Management

Sumber: back-2-front.co.uk

sumber: back-2-front.co.uk

Meeting adalah salah satu kata yang sering didengar saat ini, bagi pelaku bisnis melakukan meeting adalah suatu hal yang rutin, begitu juga dalam instansi pemerintah yang lebih dikenal dengan istilah rapat, Menurut Yatri Indah Kusumatuti dalam bukunya yang berjudul Komunikasi Bisnis (2012)  menuliskan “meeting adalah setiap jenis maksud tertentu dari orang-orang yang datang bersama-sama untuk melaksanakan bisnis perusahaan. tujuan dari meeting itu sendiri diantaranya :

  1. pelatihan atau pendidikan peserta
  2. menyebarkan informasi
  3. memperoleh informasi
  4. memecahkan masalah
  5. membuat keputusan

meeting menjadi bisa menjadi bias dalam pelaksanaanya jika tidak sesuai dengan tujuan atau tidak direncanakan dengan baik. Bahkan meeting dilakukan berulang-ulang dengan bahasan dan peserta yang sama  namun tidak ada output yang dihasilkan, salah satu penyebabnya adalah tidak ada tindak lanjut setelah meeting dilakukan.

Yatri juga menuliskan sejumlah kesalahan pimpinan rapat yang biasa dilakukan; diantaranya, mendominasi, persiapan buruk, membiarkan rapat menyimpang, membenci pertanyaan-pertanyaan, membiarkan terlalu banyak selingan humor, melecehkan peserta dan menoleransi interupsi. Kita sering  melihat dalam rapat biasanya rapat hanya bersifat satu arah dari pemimpin rapat, pemilik ide, atau yang berkepentingan, sehingga meeting menjadi tidak efektif.