Seasonal Marketing HUT RI

IMG_20160817_151845Mystery Shopper KFC Pajajaran Bogor

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, KFC menyelenggarakan pesta diskon 50% whole chicken bucket selama 24 jam tanggal 17 Agustus 2016. Pesta diskon ini mendapatkan respon yang sangat baik dari konsumen KFC dengan berbagai segment market, dari mulai anak sekolah hingga orang dewasa, ditambah lagi dengan fasilitas bermasin bagi anak-anak yang menambah semarak suasana KFC jalan Pajajaran.

Berdasarkan hasil pengamatan mystery shopper di KFC jalan Pajajaran Bogor. Konsumen rela  antri dengan waktu tunggu pengambilan order selama tiga jam kedepan. Program diskon ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya jumlah pemesanan whole chicken bucket, tetapi berdampak terhadap pemesanan produk KFC lain yang kurang popular, untuk produk lain yang sejenis seperti ayam original waktu tunggunya menjadi 20 menit dari yang biasanya cash and carry. Pilihan lain colonel yakiniku rice menjadi alternative bagi konsumen yang kunjungannya pas pada saat jam makan siang dan tidak mau menunggu dengan waktu yang cukup lama dari biasanya.

Seasonal Marketing strategy biasanya diterapkan oleh perusahaan pada musim tertentu, salah satunya pada event perayaan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dimanfaatkan beberapa perusahaan di tanah air termasuk KFC. Seasonal Marketing strategy adalah strategy marketing yang memanfaatkan kenaikan demand pada event tertentu. Event ini hanya berlaku sehari dari jam 00:00 sampai dengan 23:59 waktu setempat dan hanya berlaku untuk varian hot & crispy yang membuat konsumen menjadi pembeli yang serius terhadap produk tersebut karena waktunya terbatas dan produk yang didiskon hanya sejenis, hal ini sekaligus mempercepat antrian pemesanan. Menurut pengamatan mystery shopper hingga menjelang batas waktu yang ditentukan masih banyak pengunjung yang mengantri untuk melakukan pemesanan diluar pengunjung yang mengambil barang pesanannya pada tiga jam sebelumnya. Event ini juga dimanfaatkan KFC dari sisi pelayanan, terlihat pada gambar ada kasir yang menggunakan seragam TNI untuk lebih memunculkan atmosfer perjuangan. Selain itu  beberapa kasih lainnya menggunakan atribut merah putih seperti kerudung, syal, lengkap dengan pin garudanya. photo-collage (5)Pada gambar terlihat juga beberapa konsumen ibu rumah tangga dan pelajar SMA sedang melakukan antrian. Karena di beberapa instansi dan sekolah sekolah biasanya menyelenggarakan upacara pada tanggal 17 agustus. Selain konsumen yang menikmati menu KFC di ruang dalam, beberapa konsumen ada juga yang menikmati diluar ruangan utama KFC, meskipun ini merupakan smoking area tapi menurut pengamatan mystery shopper tidak terlihat konsumen yang melakukan hal tersebut karena mungkin lebih disebabkan tempat duduk yang ada didalam KFC penuh oleh konsumen lainnya sehingga memutuskan untuk menempati kursi diluar KFC. Visi KFC yaitu selalu menjadi merk restoran cepat saji nomor satu di Indonesia dan mempertahankan kepemimpinan pasar dengan menjadi restoran yang termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, pelayanan dan fasiltas inilah yang menjadikan event pesta disko 50% dilaksanakan oleh KFC Indonesia khusunya KFC jalan photo-collage (4)Pajajaran Bogor. Desain toko juga dibuat sesuai dengan tema merah putih, pada gambar terlihat beberapa balon digantung sebagai hiasan interior dan senada dengan temanya. Beberapa konsumen yang membawa anak terlihat duduk disebelah kanan dari pintu masuk agar dapat menikmati makanan sekaligus bermain. Kesimpulan mystery shopper kali ini menggambarkan bahwa strategi yang dilaksanakan KFC Indonesia berhasil menaikan kuantitas penjulan langsung terhadap produk diskon dan berdampak pada jenis produk lainnya.