Kenapa Memakai Peta Pikiran?

Apakah saat ini Anda sedang:

o   menemukan ide yang inovatif dan jalan keluar yang kreatif?

o   ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien?

o   ingin menetapkan sebuah tujuan, dan langkah-langkah untuk mencapainya?

o   berpikir untuk mengubah karier atau memulai usaha baru?

o   ingin mengadakan rapat yang efisien dan lancar?

Jika Anda menjawab “Ya”, maka yang Anda perlukan adalah membuat peta pikiran.

Apa itu peta pikiran (mind map)? Sesuai namanya bisa diartikan kalau peta pikiran merupakan peta yang akan kita tempatkan di otak kita. Dengan kata lain bahwa didalam otak kita terdapat katalog dalam format yang rapi dan terstruktur baik.

Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan seroang ahli pengembangan potensi manusia berkebangsaan Inggris dan hasilnya mencengangkan dunia karena terbukti bisa meningkatkan daya pikir dan kecerdasan seseorang. Konsepnya sudah diterapkan dibanyak perusahaan-perusahaan dunia, seperti IBM, Microsoft, General Motors, General Electric, HSBC, Boeing Aircraft, dan Walt Disney.

Peta pikiran juga dikembangkan untuk memacu kecerdasan anak karena membantu untuk mengatasi masalah  anak yang kesulitan memahami pelajaran dan berkonsentrasi saat belajar, merasa tidak cukup waktu untuk belajar, sering bingung dan cemas saat ulangan, minat belajar kurang, dan persoalan-persoalan lainnya.

Metodenya mengarahkan agar kita dapat menuangkan, mencatat pikiran kita secara kreatif, efektif, kemudian dipetakan secara menarik, mudah, dan berdaya guna. Sehingga dengan demikian kita dapat:

  • memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas.
  • memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita berada.
  • mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat.
  • mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.
  • menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat.

 

Leave a Reply