Riasan Mata Kok Bikin Bengkak?

Riasan pada mata bisa mempercantik wajah, bahkan mengoreksi kekurangan pada area mata. Namun biasakan untuk merawat mata dengan baik setelah mengaplikasikan riasan. Boleh tampil cantik, namun jangan mengorbankan kesehatan mata Anda.

Opthalmologist, dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE, yang juga Kepala Divisi Refraksi & Lensa Kontak Departemen Mata FKUI RSCM, mengatakan riasan mata seperti eyeshadow masih aman untuk mata. Namun, hati-hati menggunakan eyeliner atau riasan lainnya yang diaplikasikan pada tepi kelopak mata.

“Pastikan memilih kosmetik yang memang dinyatakan aman, ada regulasinya, untuk kulit, terutama untuk diaplikasikan dia area mata. Perhatikan juga cara membersihkannya. Riasan pada mata pastikan sudah dibersihkan sempurna.Terutama riasan di belakang bulu mata, di tepi kelopak mata,” jelas dr Tri kepada Kompas Female, di klinik Jakarta Eye Center, beberapa waktu lalu.

Penyumbatan pori-pori kelenjar lemak
Saat membersihkan wajah, pastikan riasan mata, seperti eyeliner, bersih sempurna. Aplikasi eyeliner di belakang bulu mata, di tepi kelopak mata bisa menimbulkan risiko gangguan mata jika tak dibersihkan sempurna.

Pasalnya, eyeliner diaplikasikan pada area yang terdapat pori-pori kelenjak lemak. Jika riasan mata, seperti eyeliner, tak dibersihkan sempurna, risikonya terjadi penyumbatan kelenjar lemak pada area tersebut, kata dr Tri. Dampak yang bisa terjadi di antaranya mata bintitan hingga terjadi pembengkakan.

Karenanya, perlakukan area mata Anda dengan baik setelah mengaplikasikan make up. Bersihkan eyeliner dengan cutton bud yang telah dicelupkan pada air hangat.

Riasan Mata Kok Bikin Bengkak.doc

Riasan Mata Kok Bikin Bengkak.ps

Riasan Mata Kok Bikin Bengkak.ppt

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create