Nikmatnya Kepala Kakap Sewu Kuto

Di Brangsong, Kendal, Jawa Tengah ada sebuah pondok makan yang cukup terkenal. Namanya Pondok Makan Campursari. Rumah makan ini, terletak di Jalan Kebon Adem (depan SPBU Kebunadem) Brangsong, Kendal.

 

Setelah makan, para pembeli jadi tertawa. Karena embel-embel nama tersebut hanya untuk menarik pembeli saja.

— Bowo

Nah, untuk Anda yang suka wisata kuliner, bisa mampir di pondok makan yang menyediakan aneka masakan ikan laut tersebut. Pasti akan dijamin puas. Sebab Anda akan menjumpai menu masakan yang tidak pernah dijumpai di rumah makan lain. Diantaranya, menu masakan kepala Kakap Sewu Kuto, Gurami Asem Setyo Tuhu, Gurami Goreng Resepsi atau Bawal Goreng Taman Jurug.

Di Pondok Makan yang dikelola oleh Yuli ini, juga menyediakan minuman Juice Alpukat Stasiun Balapan, Juice Jambu Alas, Es Lemon Tea Tanjung Mas, dan sebagainya. Harganya juga terjangkau untuk semua kalangan. Sebab untuk menikmati menu masakan ikan laut tersebut, hanya mengeluarkan uang rata-rata Rp 8.000. Sedang untuk minumnya, paling mahal Rp 4.000.

Selain menikmati makan sesuai pesanan, pembeli di Pondok Makan Campursari ini juga bisa menikmati alunan lagu campursari. Yang suka karaoke campursari, juga dipersilahkan. Gratis!

Sedang bagi pengunjung di malam Sabtu dan malam Minggu, bisa mendengarkan musik live campursari dengan iringan solo organ. “Ini adalah servis kami,” kata Wibowo (50), sang pengelola pondok makan.

Yuli, menambahkan pada prinsipnya bumbu masakan yang ia buat sama dengan yang lain. Meskipun diakuinya, ada tambahan beberapa bumbu sebagai khas rasa yang dirahasiakan. Beberapa bumbu tambahan itulah yang dijadikan sebagai penyedap rasa lain daripada yang lain.

“Di setiap rumah makan, pasti ada resep khusus yang tidak perlu di ketahui orang lain. Sebab takut dijiplak,” tambah lelaki yang masih terlihat muda ini.

Ide membuat Pondok Makan Campursari, diceritakan oleh Wibowo, karena ia sangat suka dengan musik Campursari. Untuk menarik pembeli, Bowo pun kemudian memberi nama menu masakannya dengan embel-embel judul lagu Campursari. Hasilnya sangat luar biasa. Sebab masyarakat jadi penasaran.

Mereka ingin merasakan menu masakan khas Pondok Makan Campursari, seperti Ndas Kakap Sewu Kuto, Juice Jambu Alas, Mie Rebus Lingsir Wengi dan sebagainya. “Setelah makan, para pembeli jadi tertawa. Karena embel-embel nama tersebut hanya untuk menarik pembeli saja. Namun mereka tidak kecewa. Sebab esoknya mereka kembali dan terus kembali jajan,” kata Bowo.

Nikmatnya Kepala Kakap Sewu Kuto.doc

Nikmatnya Kepala Kakap Sewu Kuto.ps

Nikmatnya Kepala Kakap Sewu Kuto.ppt

Leave a Reply