Ke Hong Kong? Pesan Hotel Jauh-jauh Hari

Sebagai salah satu negara tujuan wisata, Hong Kong memiliki banyak tempat penginapan dengan berbagai jenis dan kelas, mulai dari hotel mewah, hotel bintang, hostel backpackers/guest house sampai apartemen. Lokasi penginapan tersebar hampir di seluruh penjuru Hong Kong, namun sebagian besar terletak di area Kowloon dan Hong Kong Island.

Penginapan di Hong Kong terkenal dengan ukurannya yang kecil dan sempit. Keterbatasan lahan yang tersedia, menyebabkan harga properti menjadi sangat mahal, sehingga tidak heran kamar di hotel berbintang 4 sekali pun, kadang hanya tersedia dua tempat tidur ukuran single atau satu double.

Hal ini tentunya menyulitkan bagi yang akan menginap dengan lebih dari 2 orang dewasa, karena penginapan sering tidak menerima penambahan tempat tidur ekstra. Solusi yang akhirnya diambil adalah menambah kamar, atau berdesakan di kamar yang relatif kecil tersebut.

Secara umum, pemesanan kamar dapat dilakukan melalui internet, untuk harga terbaik kita harus membandingkan antara satu situs dengan situs lainnya, atau untuk lebih praktisnya kita bisa saja menggunakan situs pencari harga kamar terendah, seperti www.wego.com atau www.skyscanner.net.

Selain hotel, di Hong Kong banyak ditemui penginapan jenis hotel bujet atau hostel yang menawarkan harga lebih murah dibanding hotel, tetapi dengan fasilitas yang hampir sama. Berbeda dengan hostel-hostel di Singapura atau di negara lain, hostel di Hong Kong sebagian besar memiliki kamar mandi sendiri. Bahkan beberapa hostel menjadi alternatif terbaik untuk penginapan dengan jumlah tempat tidur lebih dari 2 unit.

Penginapan jenis lain ialah apartemen, yang sebetulnya bisa dikategorikan hostel, kecuali Serviced Apartment atau apartemen yang dikelola ala hotel. Di Hong Kong peraturan tentang sewa apartemen sangat ketat, sehingga jumlah apartemen yang disewakan secara harian juga terbatas, namun jangan khawatir karena apartemen-apartemen ini hampir semuanya sudah terdaftar dan mendapat sertifikat tempat penginapan.

Untuk penginapan sekelas hostel atau apartemen masih bisa diperoleh harga 500 dollar Hong Kong untuk sebuah kamar berkapasitas 4 orang dengan 4 tempat tidur, dengan fasilitas AC, kamar mandi dengan air panas, internet gratis, perlengkapan mandi, kulkas kecil dan televisi. Sementara di hotel, sangat sedikit yang menyediakan kamar dengan empat tempat tidur bahkan lebih.

Dari tahun ke tahun jumlah penginapan jenis hostel/backpacker hostel bertambah seiring dengan semakin mahalnya lahan untuk pembangunan gedung baru. Banyak gedung apartemen atau pertokoan yang diubah menjadi penginapan jenis hostel. Di Hong Kong tidak dikenal musim sepi atau ramai turis, hampir sepanjang tahun Hong Kong dipenuhi turis, terutama pada saat Tahun Baru Imlek di bulan Februari, kompetisi Hong Kong Rugby Sevens di bulan Maret dan Canton Festival di bulan Oktober yang merupakan puncak kunjungan turis ke Hong Kong.

Kedatangan turis yang terus menerus menjadikan pemesanan kamar di Hong Kong harus dilakukan jauh-jauh hari, bahkan untuk tempat tertentu harus dilakukan minimal 6 bulan sebelumnya. Secara umum memilih hotel membutuhkan beberapa pertimbangan, misalkan lokasi yang dekat dengan stasion kereta MTR dan juga dilewati bus umum, kapasitas tempat tidur yang ditawarkan, fasilitas yang tersedia dan jarak ke tempat-tempat atraksi. Lokasi penginapan/hotel di Hong Kong secara umum tersebar di area Causeway Bay, Wanchai, Central di Hong Kong Island dan area Tsim Sha Tsui, Jordan dan Mongkok di wilayah Kowloon.

Rata-rata penginapan di Hong Kong berdekatan dengan pintu masuk/keluar stasion MTR atau dilewati jalur bus umum. Namun beberapa penginapan terletak di area yang sangat padat, sehingga tidak ada kendaraan, baik bus maupun taxi boleh lewat di depannya atau diperbolehkan menurunkan/menaikkan penumpang di depan penginapan tersebut.

Ada 4 kategori tempat penginapan yang mendapat lisensi dari pemerintah Hong Kong, yaitu Hotel, Hotel Bujet/Hostel/Apartemen, Flat/Serviced Apartment dan Perkemahan. Hotel tersebar di seluruh pelosok Hong Kong, namun jumlah hostel lebih banyak terdapat di area Kowloon. Sedangkan apartemen yang disewakan harian  terletak di area Causeway Bay.

Tinggal di hostel merupakan pilihan bijaksana untuk menghemat pengeluaran selama tinggal di Hong Kong. Apalagi pemerintah Hong Kong telah menetapkan standar kualitas hostel dan melakukan pendataan secara rutin, sehingga penginapan yang mendapatkan sertifikat dipastikan sudah memenuhi standar penginapan yang baik, sehingga tidak perlu khawatir untuk menginap di hotel bujet yang telah terdaftar. Selain hostel terdapat juga apartemen yang disewakan oleh penduduk secara harian. Apartemen-apartemen tersebut terdaftar secara resmi dan layanan yang diberikan hampir sama dengan hotel bujet.

Pilihan atas hostel didasarkan pada keragaman dan keleluasaan tempat tidur yang tersedia, dimana hal ini agak susah dicari di hotel biasa. Misalnya di hostel banyak yang menyediakan banyak tempat tidur untuk kapasitas 4 sampai 6 orang dalam satu kamar, dengan fasilitas yang cukup lengkap, termasuk fasilitas kamar mandi sendiri. Bahkan ada kamar dengan kapasitas hingga 12 orang dengan fasilitas seperti fasilitas hotel.

Namun tentunya pilihan-pilihan ini kembali lagi pada setiap orang, apakah menginginkan kamar yang nyaman dengan harga yang cukup mahal ataupun cukup dengan kamar yang biasa tetapi dapat menghemat biaya cukup besar?

Ke Hong Kong Pesan Hotel Jauh-jauh Hari.doc

Ke Hong Kong Pesan Hotel Jauh-jauh Hari.ps

Ke Hong Kong Pesan Hotel Jauh-jauh Hari.ppt

Leave a Reply