Anak-anak Juga Bisa Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi selama ini lebih identik dengan orang-orang berusia pertengahan. Padahal, orang dari kelompok yang lebih muda, bahkan anak-anak juga bisa menderita kolesterol tinggi.

The American Academy of Pediatrics belum lama ini mengeluarkan panduan terbaru mengenai tes kolesterol. Mereka menyatakan anak-anak yang kegemukan, menderita hipertensi, atau memiliki riwayat keluarga menderita penyakit jantung direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol sejak usia 2 tahun.

Penelitian juga menunjukkan aterosklerosis, pengerasan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung, bisa terjadi sejak anak berusia delapan tahun.

Anak kecil yang terus kegemukan sampai mereka berusia 13 tahun, 80 persennya akan terbawa sampai tua. Lebih berbahaya lagi, apabila obesitas tersebut terjadi pada tubuh bagian perut. Alasannya, kelenjar lemak pada perut cepat sekali bergerak ke organ tubuh vital, seperti jantung, paru-paru, dan lever, yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Selanjutnya, bisa berakibat pada kematian.

Seperti halnya orang dewasa yang menderita kolesterol tinggi, anak-anak juga perlu menjalani diet rendah lemak dengan cara menghindari makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Anak-anak Juga Bisa Kolesterol Tinggi.doc

Anak-anak Juga Bisa Kolesterol Tinggi.ppt

Anak-anak Juga Bisa Kolesterol Tinggi.ps

 

 

 

Leave a Reply