Terapkan “Netiquette” Saat Ber-Internet

Internet adalah dunia tanpa batas yang memungkinkan setiap orang bisa mendapatkan informasi yang diinginkannya. Tetapi, jangan salah, karena di dunia maya itu ada semacam kode etik tidak tertulis (netiquette) sebagai satu sarana untuk mengatur agar tidak terjadi masalah.

Netiquette memiliki fungsi yang sama dengan etiket yang ada di dalam lingkungan sosial manusia, yaitu merupakan tata karma atau sopan santun yang harus diperhatikan dalam pergaulan agar hubungan selalu baik. Ada tiga prinsip yang menjadi cakupan netiquette:

1. Sumber informasi yang digunakan bersama. Meski merupakan sumber informasi yang tak terbatas, sebenarnya sumber-sumber tersebut dimiliki oleh orang lain. Karena itulah, di sini berlaku conserve bandwith saat melakukan aktivitas dengan internet, yang artinya jangan mengirim pesan yang terlalu panjang jika pesan pendek sudah cukup. Menggunakan program atau file yang sudah dikompres dan menggunakan sumber informasi terdekat adalah hal yang dianjurkan dalam prinsip ini.

2. Perlindungan informasi. Ini terkait dengan etos kerja di mana Anda diharapkan untuk tidak menggunakan sumber informasi pada jam sibuk (memperlamban sistem ketika pemilik sumber informasi memerlukan). Atau jangan terlalu berlebihan saat menggunakan sumber informasi.

3. Perilaku umum. Prinsip yang terkhir ini berkait dengan sikap hormat dan sopan Anda sebagai pengguna internet kepada orang lain. Hal ini bisa diterapkan misalnya dengan:

a. Mengirim surat pribadi dengan tidak lupa mencantumkan identitas pengirim secara lengkap dan tidak lupa untuk menulis subyek surat elektronik (e-mail) yang cukup menggambarkan isi surat keseluruhan.

b. Tidak mengirim pesan yang sama banyak newsgroup atau mailing list (kelompok diskusi) karena hal ini merupakan pemborosan, toh tidak semua orang perlu tahu informasi yang Anda kirim bukan?

c. Meneruskan surat berantai ke alamat e-mail lain. Kalau Anda menerima pesan yang tidak bermanfaat dan tidak dikenal sebaiknya langsung menghapus e-mail tersebut. Bukan malah meneruskannya ke alamat lain.

Cara bersikap memang bukan hanya milik dunia nyata saja, dunia maya pun membutuhkan satu sikap yang baik demi kepentingan bersama.

Terapkan Netiquette Saat Ber-Internet.doc

Terapkan Netiquette Saat Ber-Internet.ps

Terapkan Netiquette Saat Ber-Internet.ppt

Leave a Reply