Makanan yang Membantu Berhenti Merokok

Berdasarkan penelitian ada beberapa makanan yang membuat rokok menjadi tidak enak. Hal ini bisa membantu para perokok berhenti merokok menjadi lebih mudah. Merokok tidak hanya mengenai kecanduan nikotin, tetapi juga mengenai rasa dan kualitas sensoris dari merokok. Jadi apa pun yang mengganggu pengalaman merokok menjadi tidak menyenangkan, bisa mempermudah seorang perokok untuk berhenti.

Beberapa makanan yang dapat memperburuk rasa dari rokok adalah sayuran dan buah-buahan, makanan yang berasal dari susu, minuman yang tidak mengandung kafein (jus, air putih). Selain itu pada situasi-situasi tertentu juga dapat mengganggu kenikmatan merokok seperti: pada masa pengobatan, cuaca yang panas, merokok terlalu banyak atau terlalu cepat, lingkungan yang terlalu berasap.

Di sisi lain, minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan daging dapat meningkatkan rasa dari rokok itu sendiri. Ditemukan bahwa perokok yang lebih muda lebih sensitif terhadap makanan-makanan yang memperburuk rasa, sedangkan yang merokok dengan jumlah rokok yang lebih sedikit lebih peka terhadap makanan yang meningkatkan rasa dari rokok. Sedangkan perokok yang merokok jenis non-menthol lebih sensitif terhadap kedua pengaruh tersebut.

Penemuan ini membantu kita bahwa dengan mengonsumsi asupan-asupan yang bisa memengaruhi rasa rokok adalah salah satu cara ampuh untuk mengunci mulut dan jari tangan agar terbebas dari rokok dalam jangka panjang. Selain itu juga kita bisa melakukan hal di bawah ini:

Susu dan produk olahannya. Setelah meneguk segelas susu, kita tidak dapat menikmati rokok dengan kepuasan dan sensasi yang sama. Sebab susu membuatnya terasa hambar. Caranya, coba celupkan rokok ke dalam susu. Keringkan dan gunakan untuk merokok. Untuk melenyapkan rasa kecanduan rokok, trik ini bisa digunakan  sebagai alat penyetop yang ampuh. Sebab kita tidak akan menyukai rasanya.

Jus jeruk.
Ketika seseorang rutin merokok setiap hari, maka mereka akan kehilangan asupan vitamin C dalam jumlah yang banyak. Dan biasanya tubuh akan menyesuaikan kondisi tersebut dan menggantinya dengan beberapa elemen tidak alami yang diterima dari nikotin. Jadi, jika ingin bebas dari bayang-bayang rokok lebih cepat, sangatlah penting untuk mulai mengonsumsi vitamin C alami lebih banyak. Jeruk, lemon, blackcurrant, delima, dan buah-buah vitamin C lain yang tidak hanya baik untuk kesehatan semua orang juga bagus bagi yang ketergantungan pada nikotin.

Seledri. Seledri dan sayuran lain seperti terong, polong-polongan, dan bahkan mentimun juga bisa memengaruhi rasa rokok. Mengonsumsi sayuran ini akan menurunkan rasa kecanduan kita akan nikotin (catatan: harus bebas alkohol). Mengunyah tangkai seledri akan mencegah kita dari craving atau kecanduan. Apabila tidak suka seledri, kita bisa menggantinya dengan wortel.  Tapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi sayuran manis, sebab kelebihan kadar glukosa akan mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab dalam menimbulkan rasa nikmat dan puas. Dengan kata lain, glukosa akan membuat kita terus kecanduan.

Makanan yang Membantu Berhenti Merokok.doc

Makanan yang Membantu Berhenti Merokok.ppt

Makanan yang Membantu Berhenti Merokok.ps

Sumber: http://preventionindonesia.com dan http://www.tanyadokteranda.com

 

Leave a Reply