SURVEY ASPEK KEHIDUPAN RUMAH TANGGA INDONESIA 2014 SURVAI KOMUNITAS DAN FASILITAS KUESIONER PENDIDIKAN B BUKU GURU

Dalam survey kehidupan Rumah Tangga Indonesia (Indonesian Family-Life Survey) terdiri dari berbagai macam hasil penelitian mengenai ruang lingkup kehidupan aspek rumah tangga di Indonesia.Adapun hasil penelitian yang saya amati, yakni dari aspek pendidikan. Menurut data kuisioner IFLS5 pada “Buku Pendidikan B-1” terdapat 8 lembar observasi yang berisi mengenai detail pertanyaan berbentuk kuisioner yang terdiri atas 3 seksi, yakni : Seksi C (Guru), H (Lembar observasi), CP (Catatan Pewawancara).

            Adapun hal-hal substantif yang bisa dipahami dari Kuisioner terlampir, yakni adalah :

-Kuisioner berusaha menggali data administratif seorang guru sebagai pendidik. Seperti : Jabatan terakhir, seberapa lama bekerja, riwayat pendidikan, bagaimana cara memperoleh jabatan tersebut, mata pelajaran apa yang diajar, berapa gaji/penghasilan yang diterima perbulan,

-Kuisioner juga menggali data mengenai hal-hal pendukung aspek kesiapan guru dalam mengajar, seperti : kesiapan materiil (RPP dan silabus, media pembelajaran), seberapa lama pengalaman yang dimiliki dalam bidang yang dikuasainya, evaluasi seperti apa yang diberikan untuk mengetahui perkembangan kognitif, psikomotorik, dan afeksi siswa, Kapan terakhir kali mengikuti penataran/pelatihan mengenai teknik pembelajaran atau sosialisasi relevansi kurikulum.

-Kuisioner tidak lupa untuk menggali data mengenai hal-hal yang sekiranya bisa menjadi peluang untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Seperti : apakah sudah pernah mengikuti sosialisasi program sertifikasi, kalau sudah apakah secara subyektif dapat menambah kesejahteraan/tidak.

            Adapun selain beberapa pernyataan untuk guru, kuisioner ini juga dilengkap lembar observasi (seksi H) yang berisi mengenai keterangan tambahan pada saat wawancara seperti : kondisi narasumber pada saat menjawab, kelancaran dalam menjawab pertanyaan, siapa saja yang hadir di ruangan pada saat wawancara. Lembar observasi ini diisi oleh petugas survey tanpa intervensi dari narasumber (guru).