Bandung, Kamis-Jumat (16-17/01/2020) – Halo, Sahabat Peuteuy! Seperti yang sudah Mimin Peuteuy ceritakan sebelumnya, Desa Babakan Peuteuy merupakan desa yang sudah mandiri dan dapat mengembangkan potensinya. Hal ini terlihat dari cukup banyaknya jumlah wirausaha yang ada di desa ini. Mulai dari konveksi kerudung, kerajinan bambu, hingga bahan pangan seperti tahu dan tempe. Beragam banget, kan, potensinya?

Pada tanggal 16-17 Januari kemarin, kami melakukan survey lokasi dan survey potensi wirausaha di Desa Babakan Peuteuy. Selain besar areanya, Desa Babakan Peuteuy juga besar potensinya! Berdasarkan hasil survey kemarin, kami mengunjungi salah satu pengusaha konveksi kerudung yang ada di Desa Babakan Peuteuy. Beliau adalah Pak Haji Yanto. Kata Pak Yanto, produksi perusahan konveksi kerudungnya dilakukan di beberapa daerah. Perusahaan konveksi punya Pak Yanto ini sudah menyerap banyak tenaga kerja, lho, Sahabat Peuteuy! Penghasilan perusahaan konveksi kerudung Pak Yanto juga sudah sangat besar. Oh iya, produk kerudungnya enggak cuma ditemukan di Desa Babakan Peuteuy dan sekitarnya saja, tetapi bisa ditemukan di banyak daerah, bahkan sampai ke Malaysia juga! Untuk tetap up to date dengan trend kerudung masa kini, biasanya Pak Yanto juga melakukan analisis pasar. Hal ini membuat perusahaan konveksi kerudung punya Pak Yanto terus berkembang pesat.

Selain konveksi kerudung, Desa Babakan Peuteuy juga punya produk kerajinan bambu yang khas Babakan Peuteuy banget, yaitu kerajinan bambu! Kerajinan bambu yang dibuat di Desa Babakan Peuteuy ini bervariasi banget modelnya, mulai dari surfing board yang diukir, frame, dan pulpen! Pengukiran pada produk kerajinan bambu ini menggunakan alat khusus dan memerlukan keahlian khusus pula! Gak sembarangan orang bisa menggunakan alat tersebut, lho, Sahabat Peuteuy. Harus latihan dulu biar hasilnya bagus. Kerajinan bambu yang kami kunjungi adalah milik Pak Ayub. Kata Pak Ayub, produknya sudah berkelana di berbagai daerah, seperti Bali. Jadi, kalo Sahabat Peuteuy liburan ke Bali dan menemukan produk kerajinan bambu, bisa jadi kerajinan bambu tersebut berasal dari Tanah Babakan Peuteuy, lho.

Desa Babakan Peuteuy juga punya potensi kewirausahaan yang berfokus di bidang makanan, yaitu tahu dan tempe! Siapa sih yang gak suka tahu tempe? Jadi, pabrik tahu dan tempe di Desa Babakan Peuteuy terletak di lokasi yang berbeda. Pabrik tahu terletak di RW 12, sedangkan pabrik tempe terletak di RW 6. Pabrik tahu yang ada di Desa Babakan Peuteuy bisa memproduksi tahu hingga 4 kuintal/hari, lho! Tahu-tahu ini nantinya bakalan didistribusikan ke sekitar Desa Babakan Peuteuy. Untuk memproduksi tahu gak bisa asal-asalan lho, harus punya kemampuan dulu. Di pabrik tahu ini, digunakan mesin dinamo untuk memproduksi tahu. Selain ada pabrik tahu, Desa Babakan Peuteuy juga punya pabrik tempe. Tempe yang diproduksi di sini bakalan didistribusikan ke daerah Cicalengka dan Cileunyi, lho!

Selain konveksi kerudung, kerajinan bambu, tahu, dan tempe, masih banyak potensi yang Desa Bababan Peuteuy punya. Stay tune ya buat tau semua potensinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *