0

Negara Islam Indonesia (NII) dalam Konstitusi

Posted by auliarahmi on May 6, 2011 in Uncategorized |

TEMA : Negara Islam Indonesia (NII) dalam Konstitusi.

 

Panji gumilang bicara tentang NII. (membantah semua tuduhan kepada al-zaitun dan kepada dirinya)

Tahun 1994 al-zaitun didirikan dan sampai sekarang 11 tahun. Dana dari pembangunan pondok al-zaitun yang besar dan dengan area yang luas berasal dari umat islam bangsa indonesia. Dan membantah semua tuduhan baik itu penipuan atau segala sesuatu yang berkaitan dengan negara islam indonesia.

 

Narasumber: Jimly asshidiq. Mantan ketua mahkamah konstitusi. Assisten wakil presiden masa priode habibi. Dan penasehat KOMNASHAM.

 

Pondok pesantren al-zaitun dianggap tidak wajar karena kebesaran dan kemegahan bangunan pondok pesantren. Dana diakui berasal dari pengelolaan sapi, dari sumber dana membangun pesantren ini telah ditemui kecurigaan. Dari segi ajaran menurut majelis ulama juga pesantren al-zaitun mengalami kesalahan dalam pendidikan. Menurut narasumber mungkin ada baiknya kasus ini diproses di peradilan. Diperkarakan dari segi undang-undang anti terorisme dan undang undang money laundry. Bisa ditelusuri aliran dana, dengan diprosesnya kebenaran tentang terorisme di al-zaitun, maka dapat memperbaiki nama al-zaitun yang sudah jelek apabila hal tersebut terbukti tidak benar.

Impian negara islam harus dirumuskan, apa itu yang dinamakan negara islam dan didakwahkan dengan cara yang baik berupa pendidikan. Hal-hal dibawah merupakan alasan kenapa seharusnya tidak ada lagi impian menjadi negara islam di indonesia.

1. Mencontohkan nabi muhammad dengan negara di madinah, yaitu membentuk negara dengan kesepakatan bersama dan siapa yang melanggar kesepakatan tersebut juga harus dihukum.

2. negara yang dicontohkan nabi adalah negara republik dan bukan kerajaan, dengan berbagai pemimpin yang tidak mempunyai hubungan darah.

3. konstitusi pertama di dunia adalah negara madinah.

4. negara republik indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 45 adalah negara kesepakatan, maka tidak ada lagi keinginan untuk membentuk negara islam indonesia. Seandainya ada dan terbatas dalam impian indivudual berupa mimpi bolehlah tapi kalau mimpi diwujudkan beruap tindakan itu barulah salah dan bisa diperkarakan hukum.

NII haruslah ditindak karena jelas makar, freedom of assosiation, ketika dilakukan kekerasan dan pemaksaan dalam sebuah asosiasi tidak dijamin dan dilindungi lagi oleh negra dan harus dibubarkan. Hukum dibuat oleh parlemen, tapi hakim juga boleh memutus perkara suatu hal. Jadi selama ini terlihat bahwa polisi ragu-ragu dalam pemutusan suatu perkara, sebagai mana contohnya kasus bom bali yang semuanya sibuk mempersiapkan UU tentang terorisme sehingga hal pokok berupa penangkapan yang bersalah disana seolah-olah ditunda hingga terbentuk UU anti terorisme. Ceramah yang berupa pemberian doktrin pembencian bisa langsung ditindak oleh negara. Polisi tidak boleh ragu walaupun belum ada UU yang jelas karena bisa langsung diproses dan hakim jaksa tidak boleh menolah kasus tersebut.

Impian tentang negara islam ini harus didudukkan, sehingga nantinya tidak ada lagi perdebatan dengan urusan seperti ini. Mekanisme hukum harus dipakai, apabila terdapat suatu perkara dan semua alat bukti yang berkaitan dengan hal tersebut karena UU tidak pernah sempurna, apabila salah dalam pengadilan tidak masalah setidaknya sistem berjalan dan bekerja. Mencegah impian tidak produktif dengan memasyarakatkan kesadaran kebangsaan bahwa NKRI sudah final dengan semua kesepakatan dan tidak boleh berubah.

 

Narasumber: Sarjono katrosuwiryo. Keturunan pendiri negara islam kartosiwiryo.

 

6 juni 1962, maklumat nomor 14, 6 juni tahun 1962. Oleh Kartosuwirjo.

  1. Penghentian tembak menembak
  2. Kembali ke pangkuan repubilk indonesia.

Pemahaman yang berkembang dikalangan NII adalah kalau ingin yang terbaik hiduplah dalam negara islam, berdasarkan ayat al-quran. Sehingga muncullah negara islam indoensia. Dan dalam negara islam dulu yang didirikan oleh kartosueirjo tidak ada cara memaksa dengan cara yang dilakukan NII sekarang, dan apabila dikatakan bahwa negara islam indonesia sekarang mendapat kebenaran karena dulu juga pernah didirikan negara islam oleh kartosiwiryo itu tidak dibenarkan lagi karena maklumat terkahirnya pun disebutkan dan diperintahkan untuk kembali ke pangkuan republik indonesia.

Negara islam tidak pernah dipaksa pada masa negara islam pimpinan suwiyo. Pengumpulan dana berupa infaq yang merupakan 2,5% dari penghasilan dan tidak menghasilkan segala cara seperi yang dilakukan NII. Kartosuwiryo tertangkap di sebuah gunung perbatasan bandung garut dan hidup ditengah hutan hingga akhirnya tertangkap karena menjadi musuh NKRI.

Kartosuwiryo mendirikan negar islam tahun1949 yang benama darul islam. Operasi pagar betis oleh panglima siliwangi berhasil melumpuhkan kartosuwirjo. Sebenarnya yang  mengakibatkan kartosuwiryo di jatuhakn vonis mati adalah percobaan pembunuhan. Bukan masalah makar atau gangguan keamanan.

 

Narasumber: Al chaidar, peneliti NII

Transformasi NII, sejak mulai meninggalnya suwirjo muncul beberapa fraksi yang merupakan pelanjut dari sebelumnya. Yaitu:

  1. Fraksi fillah: sipil.
  2. Fraksi fisabilillah: kekesarasan berbentuk milter.
  3. tidak keduanya: lebih kultural dan rasa senasib.

 

NII yang sekarang adalah fraksi fisabilillah. Dana dari NII Kartosiwiryo berupa uang sumbangan yang akhirnya tidak terpakai karena tujuannya adalah perang. Dan karena uangnya sudah tidak berlaku lagi maka uang tersebut menghilang semuanya.

Selain itu banyak yang mempropagandakan pada publik bahwa NI adalah gerakan berbau mistis, karena beagam gosip tentang parang yang digunakan mempunyai kekuatan magis, padahal menurut pengamat, Kartosuwiryo adalah orang yang sangat rasional terbukti Beliau pernah mengenyam pendidikan kedokteran di saat penjajahan hindia belanda dan keluar karena pemahaman yang keras terhadap agama. Strategi yang dilakukan kartosuwiryo dalam melakukan peperangan juga sangat bagus terbukti pertempuran antara pemerintah NKRI dan DI TII slalu berlangsung dengan dahsayat.

Menurut pengamat NII dibawah Kartosuwiryo tidak sepenuhnya salah dan bertentangn dengan konstitusi, karena:

  1. NII Kartosiwiryo merupakan republik.
  2. Nama indonesia ttp dipakai.
  3. Bendera tetap bendra indonesia bedanya ada gambar bulan bintang diantara merah putih.

Ketika Kartosuwiryo dihukum dan diadili dia berkata bahwa dia tidak bertanggung jawab terhadap kelakuan anggota yang merupakan pelanggaran karena semua perintah sudah dikeluarkan berbentuk tertulis berupa maklumat dan tidak ada isi didalamnya yang mengandung kekerasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2011-2014 AyuAulia All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.2.4.1, from BuyNowShop.com.