Kenalan Ahh

Halo halo hai?

Hai hai haloo?

Seringkali keingetan pas jaman SMA waktu pa mujib –sebut saja babeh- ngebuka kegiatan ta’lim rutin. Kita yang waktu itu lagi asik-asiknya menikmati kenundutan tiba2 langsung bangun dan otomatis ngejawab sambutan babeh itu. Kalo halo dibales dengan hai, dan hai dibales dengan halo. (ga penting yah? Hehe)

Ceritanya ane mau mengabadikan sejarah hidup ane di blog. Ya seenggaknya ada media gratis lah yang mau mempublikasikan otobiografi ane, walaupun nggak ada yang baca. Yang penting ane udah mencatat, menggoreskan jejak langkah ane pas jaman kuliah. Kok Cuma pas kuliah? Ya ane rasa blog itu Cuma efektif pas lagi jaman kuliah aja. Ketika udah lulus pasti sibuk kerja. Tapi ada satu media yang akan jadi tempat curhat ane. Ya, mungkin pendamping hidup. Hehe..aamiin lah ya. Siapa sih yang gak mau berkembang biak? LGBT? Wkwk…

Baik, ane mulai dari kenalan aja ya. Singkatnya, nama ane Arkan Azis Kusuma. Lahir 19 tahun yang lalu dimana negara api belum menyerang. Pendidikan terakhir di SMAN 1 Cisarua Bandung Barat ya, bukan Bogor! Sekarang lagi kuliah di program studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unpad, Jatinangor Sumedang ya, bukan Bandung! Haha…

Sekarang lagi di semester 4. Gimana rasanya tuh? Alhamdulillah yah tugas, logbook, laporan praktikum agak berkurang. Seenggaknya gak kayak semester 3 kemarin, dimanaa..materi kuliah banyak, praktikum padet, tugas post kuliah, laporan praktikum di logbook, laporan akhir praktikum, makalah, presentasi, semuaa ditaro di semester 3. Pengaruhnya ke kita adalah merubah manusia kambing di siang hari dan manusia kalong di malam hari. Tiada hari tanpa menatap laptop dan menggoreskan landasan teori dan pembahasan kegiatan di atas kertas putih bernama logbook. Di akhir semester 3 bisa dipastikan tangan kita2 berotot. Mimpi apa ya pas liburan kenaikan semester kemarin? Duh duh…

Iya, semester 4 bisa dibilang lebih ringan sih. Secara jumlah tugas ya. Tapi secara beban kewajiban kayaknya makin gede sih. Soalnya kan udah setengah jalan nih kita belajar. 4 semester lagi diwisuda dan terjun ke dunia kerja (aamiin). Dimana.., hasil diskusi tiap hari di kelas, percobaan di setiap laboratorium, akan diterapkan di dunia yang lebih luas lagi. Saat dimana mencari nafkah dengan mengandalkan kemampuan. Ketika apa yang kita telan saat nguli-ah jaman dulu diminta pertanggung jawabannya. Jeng jeng  jeng…!

Tapi hal itu akan terlewati dengan mudah dan lancar apabila kita punya targetan yang jelas dan ada usaha untuk menggapainya, kata guru ane gitu. Jadi sekarang harus buat visi misi ke 5, 10, 20, 40 tahun kedepan mau gimana. Sifatnya penting karena seolah-olah kita membuat kerangka hidup kita. Baru abis itu dibalut daging, dan kulit yang diartikan sebagai usaha dan doa.

Diatas dibilang ane kuliah di prodi Agroteknologi ya? Belajar apa sih disana? Jadi di agroteknologi kita belajar dunia pertanian dari hulu sampai ke hilir. Dari mulai produksi sampai distribusi. Proses produksi terdiri dari kira2 persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (gulma, hama, penyakit), panen dan pasca panen. Setelah itu belajar konsep pemasaran produk pertanian agar sampai ke konsumen dengan baik. Kualitasnya baik secara kesehatan produk pertanian (bebas racun pestisida), kandungan nutrisi, kebagusan bentuk, dan ekonomis. Lulusan yang diharapkan bisa kerja di usaha pertanian secara umum mengerti tentang pertanian atau mendalam sesuai keahliannya.

Nah terus apa peranan pertanian? Kenapa harus jadi mahasiswa pertanian? Mungkin dijawabnya di tulisan yang lain ya. Udah sehalaman lebih nih, pada bosen kan?hehe.

Ya mungkin sekian dulu sih perkenalannya. Thanks for reading!

Universitas Padjadjaran Blog