Bagi para pelancong dunia maya di jaringan unpad apa sudah mencoba akses ke website http://publish-jtng.unpad.ac.id ? Kalo belum wah kamana wae kang, mas, ba, pak , de , jang, neng, bu , om ?. Website ini merupakan proyek senang- senang anak-anak tim jaringan jatinangor dibawah komando dani untuk menyediakan konten video mirip youtube. Website ini memang tidak dipromosikan gencar-gencaran di unpad, mungkin karena isinya memang masih bersifat hiburan jadi, isinya sebagian besar ya.. hiburan. Fasilitas ini disediakan bagi para pengguna jaringan lokal di unpad yang ingin mengakses video secara lokal dan cepat dan tidak membebani jatah bandwidth internet. Lagi suntuk saya coba capture video pake hp ke luar jendela di tempat kerja. Hasilnya saya upload ke publish-jtng (unpad video-lan) , ternyat format 3gp bisa dikonversi oleh website publish-jtng ini menjadi flv. Mmmm jadi kepikiran bikin website berita video.unpad.ac.id yang bisa diakses secara publik (internet dan intranet) . Konsepnya selama di unpad ada kegiatan dicapture pake hp dan dikirim ke website langsung (di unpad sudah banyak hotspot) dan langsung bisa diakses dalam beberapa menit. So this is my next fun project! Continue reading video.unpad.ac.id the next fun project

Read more

lagi iseng browse pake handphone masuk ke wap yahoo ternyata yahoo messenger versi wap ada lagi, sebelumnya dulu saya masih pake hp siemens s45, masih rajin chat pake ym wap. tapi ngedadak layanannya distop. sekarang muncul lagi. lalu apa keuntungan antara ym wap ama instant messenger java yg lain seperti im+, reporo, morange, atau aplikasi im java yang lainnya
Continue reading yahoo messenger versi wap ada lagi (kuper nih)

Read more

Beberapa hari yang lalu (tepatnya Jumat 25 April) , saya diundang oleh Kadiv Infrastruktur DCISTEM Eddy Nurmanto untuk bergabung dalam pertemuan diskusi dengan beberapa perwakilan mahasiswa yang tertarik bergabung untuk membantu pengembangan Teknologi Informasi di Unpad.  Mahasiswa yang hadir cukup beragam kalo dilihat sebagian dari yang hadir ini adalah mahasiswa yang aktif di beberapa unit kemahasiswaan di unpad. Perwakilan dari DCISTEM sendiri yang hadir adalah Eddy Nurmanto yang menggegas pertemuan ini, Hengky (Salah seorang mahasiswa atau alumni yang membantu IT di unpad) dan saya sendiri sebagai wakil yang dari dulu ingin mendirikan sebuah Research Group khusus ke IT.  Di lihat dari yang hadir sebagian dari mereka memang betul-betul menggebu-gebu dan bertanya fasilitas IT nya mana? Continue reading Mahasiswa Unpad Teriak, Mana? Saya jawab Sok!

Read more

tadi pagi saya mendapat email dari istri saya. isi emailnya adalah sebuah artikel dari sebuah website yang menjelaskan tentang bagaimana menjadi seorang “good programmer” dan bagaimana berubah dari “good programmer” menjadi “advance programmer”. karena sibuk saya tidak sempat membacanya. saya putuskan untuk dijadikan bahan diskusi diperjalanan pulang, kebetulan saya memang sudah janji menjemput istri.
Continue reading proyek IT besar yang menjijikan

Read more

Divisi Network di tempat kerja saya saat ini sedang mencoba meningkatkan layanan ke seluruh pengguna jaringan. Salah satu layanan adalah memberikan solusi yang cepat dan baik terhadap keluhan terutama jika terjadi putusnya hubungan jaringan baik internet maupun intranet. Aplikasi peta monitoring jaringan pun sudah disediakan setiap saat tim dari divisi jaringan dapat memonitor di layar monitor server atau router mana yang mati / putus dan mana yang jalan. Visualisasi yang ditampilkan dalam peta monitoring jaringan tersebut kurang interaktif dan informatif karena output yang ditampilkan secara online adalah berupa image (PNG) dengan beberapa informasi IP address dan beberapa informasi hasil proses ping ke server – server yang ditampilkan, disamping itu bagan yang ditampilkan hanya bagan dalam bentuk kotak, sehingga.  Harapan mereka akan lebih interaktif jika Peta monitoring bisa ditampilkan dalam bentuk Peta dan lokasi server, atau peta dalam bentuk Skema jaringan seperti menggunakan visio (biasanya mereka merancang skema jaringan di visio) , kalo ada server mati , server nya bisa kedip dan muncul suara, dan bisa di klik menampilkan informasi server tersebut lebih detail. Dengan  teknologi SVG  sebenarnya bisa!.

Continue reading SVG Web Graphics using Microsoft Visio

Read more

GAMMU merupakan software sms gateway yang cukup bagus dan terkenal . Selain mudah penggunaannya, perangkat modem gsm yang support cukup banyak mulai dari nokia, siemen dan Sonny ericsson. Untuk sony ericsson saya dah nyoba dan penggunaannya sangat mudah. Selain itu perangkat lain yang lebih cocok untuk dijadikan sms gateway dengan software gammu seperti modem gsm itegno. GAMMU bahkan sudah menyediakan service online untuk proses update data sms ke database. Database yang di support GAMMU adalah MySQL.

Ada beberapa pihak yang menginginkan program SMSgateway nya menggunakan database yang lain seperti SQLserver, Oracle dll. Apakah bisa?  Jawabnya bisa,  dengan menggunkan sediki program tambahan (delphi atau vb) kita bisa membuat service atau program yang memanfaatkan gammu dan sqlserver sebagai databasenya.

Continue reading GAMMU and SQLServer

Read more

Iseng-iseng merk notebook/ laptop di jadikan singkatan, tapi kepanjangan dari singkatan yang saya buat bukan menandakan kualitas notebook itu sendiri, its just intermezzo! :

  • FUJITSU: diFUkul dipiJIT leSU
  • SONY : SO funNY
  • VAIO: Virus Ada di Input Output
  • COMPAQ : COntoh Mesin PAQsaan
  • ACER : Asli CEpat Rusak
  • DELL : DELete and Lost
  • ASUS : ASli bikin SUSah
  • TOSHIBA : TOS HIdeung BAdag (dah hitam gede lagi)
  • AXIOO : AXIne Ora Ono (Aksinya gak ada)
  • IBM : Instant Busy Mechine
  • LENOVO: LEmot NOrak tapi VOcal
  • HP : Hese Pareum (Susah Matiiinya)
  • ECS : Ekonomis tapi Cepat Shutdown
  • ANOTE: Access with NO TEchnology
  • ZYREX : Zygzag dan ngeREX
  • NEC : New Engine Crash
  • COMPAL : Contoh Mesin Paling Lama
  • APPLE : Aplikasi Paling LEmot
  • MACBOOK: MAinan Cantik BObot OK

Para vendor jangan marah yah ini cuman iseng aja. Kalo ada yang lain Silahkan tambahkan.

Read more

Pernah ke bank ? Kemungkinan  saat ini sebagian besar orang yang sudah bekerja d kota-kota besar pasti pernah kebank meskipun gak sesering dulu karena mungkin sebagian besar transaksinya melalui ka ATM. Saya salah seorang yang sering ke bank. Karena orang IT saya suka melihat-lihat apa yang sedang dikerjakan para pegawai bank. Salah satunya ketika melakukan pencetakan ke buku tabungan. Yanf membuat penasaran adalah printer yang digunakan bank untuk mencetak buku tabungan.  Apakah pengoperasiannya sama atau tidak ?.

Continue reading Printer Epson PLQ-20 yang bikin bingung

Read more