Sebuah gagasan sederhana namun memiliki muatan pengetahuan yang besar telah diluncurkan.  Gagasan tersebut berbuah menjadi sebuah website ensiklopedia pendidikan dengan isi materi yang ditujukan bagi dunia pendidikan di indonesi. Website tersebut diberi nama crayonpedia. Namanya cukup menarik dan memiliki makna ganda : sebagai alat tulis gambar / mewarnai dan sebagai singkatan dari Create your open education Encyclopedia.

Continue reading Ensiklopedi Pendidikan Indonesia ala Crayonpedia

Read more

Tulisan ini dibuat sebagai bahan tutorial pelatihan untuk dosen magang di Unpad. Materi yang dibahas adalah Blended Learning. Agar materi yang saya bawakan lebih aplikatif, materi yang dibahas lebih mengarah ke strategi penerapan Blended Learning khususnya bagi dosen yang siap memanfaatkan tegnologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk proses pembelajaran.

Download

Read more

 Akhir- kahir ini terdengar isu kabar bahwa pemerintah akan melakukan pemeriksaan atau razia laptop di beberapa tempat umum salah satunya di bandara. Pemeriksaan seperti ini sebenarnya sudah dilakukan dibeberapa negara. Unpad telah memiliki kerjasama dengan Microsoft sebagai perusahaan software yang memiliki produk software terbanyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia dalam hal legalisasi penggunaan software microsoft. Proses deploy di unpad tidak memberikan CDnya langsung keseluruh pengguna di kampus, namun diberikan layanan installasi langsung ke laptop atau pc yang dimiliki oleh staff, mahasiswa atau dosen.  Layanan ini diberlakukan setelah pihak dcistem menerima informasi bahwa serial number produk microsoft yang dimiliki unpad tersebar di tempat penjualan cd bajakan dengan alasan tersebutlah akhirnya CD tidak disebarkan langsung ke perorangan. Saat ini pertumbuhan pengguna laptop di unpad sangat meningkat dan sebagain besar meminta penginstallan dilakukan di dcistem agar notebook mereka berisi software legal dari miscorosft. Hal ini membuat tim penginstall dibawah komando bang erwin kelabakan, maklum setiap harinya pasti ada saja mahasiswa, dosen atau staf yang meminta diinstall.

Continue reading Ini dia The MCA Hero (pahlawan software legal unpad)

Read more

Mahasiswa S1 ato D3 pasti suka pusing cari ide judul skripsi yang cocok terutama bagi mahasiswa ilmu komputer. Soalnya setiap kali mau bikin laporan tulis dengan mengambil topik pembuatan program aplikasi, terkadang sering di tolak mentah-mentah oleh dosen pembimbingnya. Itu karena apa yang diusulkan kebanyaka sudah termuat dan sudah ada program aplikasi gratis alias opensource yang biasanya sama mahasiswa pake buat jadiin bahan tugas akhir, skripsi atau malahan thesis. Memang kalo dilihat akhir-akhir ini program aplikasi gratis yang opensource semakin banyaka dan beragam. Namun sayangnya terkadang suka dimanfaatkan jadi tugas laporan , tinggal diubah tampilan jadi deh program aplikasi bercita rasa baru. Padahal sebenarnya tugas akhir, skripsi atau thesis gak sekedar membuat program aplikasi terus beres. Disitu pasti ada researchnya. Untuk membantu para mahasiswa nih yang mau beresin kuliah tapi masih bingung. Saya coba ngasih ide bahan skripsinya, disini ada dua hal yang harus dijadikan pertimbangan bagi anada yang mau nulis skripsi, tugas akhir atau thesis, mau yang cepet beres atau yang ideal tapi lambar ?. Silahkan baca, mudah-mudahan ada yang pas.

Continue reading 10 ide bahan tugas akhir, skripsi atau thesis untuk bidang minat komputer

Read more

The Green Park

Proses deployment itu gampang-gampang susah. Yang bikin susahnya adalah bagaimana membuat package installasi program aplikasi yang dibikin lebih mudah, just one click then finish or just one click update, then finish. Tapi apa jadinya kalo install nya cuman ngopy aja ke server tapi prosesnya tetep lama? (ini bukan teori proses deployment ato installation procedure, ini pengalaman konyol saya sewaktu saya sedang sakit dan harus tetap bekerja.)

Continue reading Fools @ The Green park

Read more

Dokumentasi Ini merupakan poin-poin yang dijadikan sebagai bahan dasar kebutuhan system Akademik di Universitas Padjadjaran untuk pihak SMART SISFOKAMPUS. Dokumen ini diberikan dengan harapan tim SMART SISFOKAMPUS mendapatkan gambaran umum tentang kebutuhan dan permasalahan di Universitas Padjadjaran.

Dokumentasi ini tidak dapat dijadikan referensi tetap mengenai gambaran kebutuhan dan permasalahan penerapan system Akademik terpusat di Unpad.
Beberapa permasalahan yang dijelasakan dimungkinkan hanya berlaku dibeberapa unit / fakultas.

Masukan dan ide yang lebih menarik dapat disampaikan pihak SISFOKAMPUS dengan harapan dukungan semua pihak di lingkungan Unpad lebih besar. Continue reading Education & management system powered by sisfokampus

Read more

iComm paintballHari Kebangkitan Nasional yang ke-100 baru saja dirayakan. Tidak seperti biasanya bertepatan dengan hari libur nasional. Dan tidak seperti biasanya lagi kantor tempat istriku bekerja mengadakan acara liburan outbound di ciwidey. Saya sebagai satu-satunya suami yang diajak bergabung diacara itu. Padahal 2 minggu yang lalu kantor dimana tempat saya kerja mengadakan acara serupa tapi sayangnya saya tidak ikut dan akhirnya dikantor istriku mengajak juga, kebetulan waktunya cocok.
Continue reading Completely Brain Reset

Read more

my foodHari ketiga lunch dikantor tambah terasa nikmatnya. Memang benar maslah perut tidak bisa disepelekan khususnya bagi pekerja super sibuk, telat makan bisa-bisa penyakit kambuh ujung-ujungnya kerjaan bisa tambah amburadul. Pertimbangan dikantor harus ada yang mikirin untuk makan siang dan makan malam bagi yang lembur cukup berpengaruh. Ide Dito nih, meskipun bikin kerut anak2 tapi memang kerasa buat tim dikantor.
Continue reading Health Food for IT staff

Read more