Membiasakan menulis berdasarkan kaidah akademis (bagian 13) : Siapkah kita untuk menulis?

Setelah melalui 12 bagian tentang membiasakan menulis berdasarkan kaidah akademis, apakah sudah mulai mencoba?.  Jika belum, penulis maklumi. Penulis beberapa kali mengulang-ngulang ajakan untuk memulai menulis meskipun baru satu kata. Kenapa? memang tidak mudah memulai sesuatu yang tidak biasa.

Semangat menulis artikel ini sebenarnya di latar belakangi oleh adanya perubahan besar terkait kebijakan pemerintah terhadap PNS. Reformasi birokrasi di tubuh perintahan telah menjadi referensi kementerian pan untuk mereformasi PNS menjadi ASN.

Salah satu kebijakannya adalah alih status pns me dalam tenaga fungsional tertentu. Langkah ini disiapkan dengan dukungan – dukungan kebijakan yang memudahkan pns yang menempati jabatan fungsional umum ke jabatan fungsional tertentu. Salah satu kebijakan yang memudahkan alih status adalah dengan ditetapkannya peraturan in passing dari menpan.

Dengan adanya peraturan tersebut setiap instansi pemerintahan berupaya untuk memfasilitasi pns yang ingin beralih ke jabatan fungsional. Penulis memantau setiap instansi pembina ikut mengambil kesempatan ini dengan membuka pendidikan dan pelatihan terkait jabatan fungsional yang dibinanya.

Jabatan fungsional tertentu merupakan jabatan yang sebenarnya sudah ada cukup lama. Proeses kerja dan karier tenaga fumgsional sebenarnya jauh lebih menarik dibandingkan staff administrasi atau jfu. Penawaran kenaikan pangkat yang lebih cepat dan masa pensiun yang lebih lama telah menjadi hal  penting bagi pns pada umumnya.

Meskipun demikian jabatan fungsional tertentu masih kurang peminat, kenapa?. Ternyata proses kenaikan pangkat yang dihitung berdasarkan angka kredit masih dianggap sulit. Angka kredit terbesar ada pada pendidikan regular dan pendidikan pelatihan. Sementara angka kredit pekerjaan rutin masih dianggap kecil. Sehingga angka kredit yang diharapkan atau ditetapkan sulit dikejar.

Sebenarnya ada pekerjaan pendukung pain yang dapat menjadi pertimbangan dan angka kreditmya pun cukup tinggi. Menulis adalah salah satu kegiatan yang dapat dijadikan pertimbangan pegawai agar angka kredit dapat lebih naik dan mempengaruhi target yang ditetapkan.

Hanya saja pegawai yang tidak terbiasa akan mengalami kesulitan untuk menyiapkan kegiatan ini. Beberapa dalam kesehariannya bahkan sama sekali tidak berhubungan dengan perangkat komputer.

Hal tersebutlah yang membuat penulis merasa tertantang untuk membuat artikel ini. Harapan dari artikel ini adalah banyaknya pegawai yang beralih ke jabatan fungsional tertentu dengan kepercayaan dirinya mampu memulai dan membiasakan diri untuk menulis.

Untuk selanjutnya penulis akan lebih menjelaskan tips trik menulis berdasarkan langkah-langkah penulisan.

.. Bersambung..

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*