Membiasakan menulis berdasarkan kaidah akademis (bagian 4) : Senjata menulis di jaman digital

Menumbuhkan semangat untuk menulis itu tidak cukup dengan memberikan strategi pembiasaan. Tidak hanya masalah perasaan takut salah. Perasaan malas menjadi masalah yang tidak kalah penting yang dapat mengganggu seseorang untuk memulai dan mebiasakan menulis. Semangat menulis sebenarnya bisa jadi ada dan muncul pada saat-saat tertentu. Bisa jadi munculnya hanya dalam jangka waktu beberapa menit atau bahkan detik. Semangat tersebut muncul dan hilang dengan cepat. Ketika berjalan, sedang rapat, di kendaraan, sedang makan, sedang membaca, sendang menonton televisi, atau sedang browsing internet. Jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Kita mungkin sudah mulai tidak terbiasa membawa-bawa buku catatan kecil di saku kita. Namun jika perangkat digital yang saat ini anda bawa seperti smartphone, pastinya jauh lebih sering  kita bawa. Kenapa tidak kita manfaatkan perangkat pintar tersebut untuk menjembatani semangat menulis anda jauh lebih cepat. Perangkat lunak apa saja yang bisa kita manfaatkan menjadi senjata untuk mempermudah, mempercepat dan mendukung proses menulis. Tulisan berikut ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang Membiasakan menulis berdasarkan kaidah akademis (bagian 4).

Pada bagian pertama penulis sempat menceritakan pengalaman pribadi tentang menulis menggunakan perangkat pendukung. Di mulai dari mesin tik dan hingga akhirnya beralih ke perangkat komputer. Beberapa perangkat lunak pengolah kata yang pada saat itu cukup terkenal seperti WordStar, Chi Writer, Word perfect, Ami pro hingga mengggunakan Ms Word sudah menjadi bagian dari pekerjaan penulis.

Jaman sudah berganti, teknologi komputer terus berkembang cepat. Perangkat komputer semakin mengecil dengan kinerja yang terus meningkat. Integrasi dengan perangkat komunikasi melalui jaringan internet yang hampir merata di seluruh dunia menjadikan perangkat telepon pintar (smartphone) telah menjadi komputer kecil yang handal. Saat ini telah dimiliki dan digunakan masyarakat dunia.

Perangkat telepon pintar sudah menyediakan perangkat lunak yang tidak lagi sama dengan jaman komputer di mana internet pada saat itu belum ada. Konektifitas perangkat lunak yang ada sudah berkembang sehingga menjadikan perangkat dapat digunakan jauh lebih luas. Termasuk konektifiats dengan perangkat lunak yang ada di perangkat komputer PC atau notebook.

Kita coba kupas beberapa perangkat lunak yang dapat membantu, dan bahkan meningkatkan kita dalam membuat tulisan tentunya langsung saja perangkat lunak yang dimulai dari yang sederhana hingga yang paling canggih.

Editor Teks

Perangkat editor teks, atau teks editor seperti : notepad, edit plus, notepad+, ultraedit, sublime, dan lain-lain merupakan perangkat paling sederhana bagi anda dalam menuliskan catatan-catatan kecil dalam sebuah komputer. Dalam perangkat smart komputer pun ada Notepad, colornote dan masih banyak perangkat lunak lainnya yang setara editor teks. Perangkat lunak ini sangat membantu di kondisi kritis jika anda ingin menuliskan sesuatu dan disimpan dalam sebuah file kecil dengan format teks (txt). Termasuk ketika anda harus mencatat pada perangkat komputer yang bukan milik anda. Pastinya notepad di sistem operasi windows akan selalu siap digunakan. Sama halnya di sistem operasi linux ataupun macos sudah tersedia termasuk perangkat lunak dengan tampilan non gui seperti vi dan lain-lain.

Pengolah Kata

Perangkat lunak yang sedikit jauh lebih lengkap fasilitas untuk membuat tulisan adalah pengolah kata atau word processing. Pada bagian pertama sempat dijelaskan bahwa perangkat lunak pengolah kata menjadi pilihan utama dalam menuliskan sebuah tulisan resmi yang dapat diatur jenis hurufnya, ketebalannya, peragrafnya, beserta fasilitas- fasilitas lain sehingga hasil tulisan yang kita harapkan dapat tampil dan siap cetak. Perangkat lunak nya seperti pengolah kata yang sudah disediakan dalam paket-paket perangkat lunak perkantoran seperti ms office, libreoffice, openoffice, WPS dan lain-lain.

Perangkat lunak berbasis Internet

Kita dapat menyimpan teks di beberapa perankat lunak berbasis internet. Email merupakan sistem pengiriman surat digital yang dapat dimanfaatkan oleh kita sebagai media penyimpanan tulisan kita. Dengan email resiko kehilangan file karena terhapus di media penyimpanan lokal berkurang.

Perangkat lunak pengolah kata berbasis komputasi awan

Teknologi internet telah memberikan jawaban bagaimana seseorang dapat bekerja dimana saja tanpa ketergantungan terhadap perangkat yang dia miliki. Permasalahan umum yang terjadi pada seorang penulis adalah ketika dia mendapatkan ide kemudian dia tulis disebuah perangkat misalkan dalam perangkat telepon pintar, selanjutnya dia coba melengkapi dan menambahak gagasan barusnya pada tulisan yang sama di perangkat komputer. Pada saat itu terdapat dua berkas file yang disimpan pada tempat yang terpisah akhirnya mau tidak mau harus digabung secara manual. Sukur- sukur jika filenya tidak tercecer. Beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan adalah seperti : Evernote, Google Docs. Perangkat lunak berbasis komputasi awan akan menjadi senjata ampuh bagi anda yang memiliki ide banyak ketika di perjalanan, sedang jenuh saat rapat, sedang santai di rumah langsung tulis saja. Selanjutnya kapanpun dan dimanapun anda mau, anda dapat melanjutkan di file yang sama meskipun anda saat sedang tidak di depan komputer kerja anda.

Perangkat lunak penyimpan informasi referensi

Kembali lagi teknologi internet dapat sangat membantu dalam proses pengembangan gagasan dan ide anda. Ketika anda sedang santai browsing sebuah website dan menemukan tulisan yang sangat menarik pastinya anda menyimpan link url nya atau melakukan safe as filenya. Hanya terkadang jika link yang disimpan dan ternyata jaringan internet mati atau link sudah terhapus atau dihapus referensi link yang anda catat dan simpan tidak akan bermanfaat sama sekali. Untuk menghindari hal tersebut ada banyak perangkat lunak yang dapat anda gunakan untuk menyimpan referensi secara offline dan online berbasis komputasi awan. Sebagai contoh adalah Pocket. Sebuah perangkat lunak yang menyediakan fasilitas menyimpan konten website teks dan gambar sehingga dapat dibuka kembali dalam perangkat komputer atau telepon pintar anda dengan tampilan yang lebih nyaman untuk dibaca.

Perangkat lunak merekam suara dan video.

Untuk apa merekam suara atau video? format ini membantu anda agar pada kondisi tertentu menulis atau menyalin akan terasa lebih lambat ketika harus mencatat apa yang sedang dijelaskan seorang pembicara dalam sebuah ceramah umum (tentunya yang ilmiah). Gunakan lah sound recorder ataupun video recorder yang sudah ada di perangkat telepon pintar ataupun dalam sebuah kompputer.

Perangkat lunak yang membantu menyusun kerangka pikiran kita secara terstruktur

Begitu tidak beraturannya cara berfikir kita dalam menemukan gagasan ide atau bahkan sebuah fakta yang tidak terduga, membuat kita harus secepatnya menuliskan atau mencatatanya secepat mungkin. Namun untuk mempermudah dan merapihkan gagasan tersebut, penulisan secara terstruktur tetap pada akhirnya wajib dilakukan. Perangkat lunak khusus untuk membantu kita dalam menyusun kerangka pikiran sebagai wadah yang memandu kita dalam meletakan tulisan kita telah banyak disediakan. Mindmap, XMins, Webmindmap, freemind dan sebagainya. Installah aplikasi tersebut saya yakin suatu saat anda pasti mau tidak mau harus mengganakan perangkat lunak tersebut.

Apakah ada perangkat lunak lainnya yang dapat membantu proses penulisan jauh lebih cepat dan efektif?, pastinya banyak. Namun setidaknya senjata- senjata yang sudah dijelaskan tersebut sudah terbukti membantu penulis agar dapat lebih produktif dalam membuat sebuah tulisan.

bersambung…

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*