Website Unpad Dari Jaman ke Jaman

Berikut ini sediki kisah tentang perjalanan website Universitas Padjadjaran. Mungkin ceritanya tidak lengkap. Cerita ini hanya sebagai bagian dari perjalanan saya memulai bergabung di Tim TI Unpad hingga sekarang (2013).

Website-website lama ini sempat saya capture, tidak semuanya ada beberapa website terutama versi pertama saya sama sekali tidak memiliki. Meskipun demikian secara umum tampilannya tidak terlalu jauh berbeda dengan tampilan yang saya dapat pertama kali.

Kemungkinan ada beberapa rekan yang bahkan masih memiliki program aplikasi dan template html nya. Website ini sudah dibangun jauh sebelum saya bergabung membantu tim TI Unpad (2000) .

Tahun 2000 website unpad masih dikelola oleh tim Jaringan PUSKOM dan DATANET. Dulu masih ada Pak Deni dan Pak Setiawan Hadi, Puskom saat itu masih dibawah pak Atje Setiawan. Website masih dibuat html statis.

di Tahun 2001-an (kira-kira) Pernah diadakan lomba desain website Unpad, peserta yang ikut adalah mahasiswa unpad dan cukup banyak, tidak hanya dari fakultas MIPA/Dago4 saja, namun dari fakultas FE (FEB) , Pertanian, Peternakan antusian mengikuti lomba ini. Dan akhirnya pemenangnya adalah Sdr. Pupung B. Purnama, yang kemudian ditarik menjadi webdesigner dan webmaster website Unpad hingga saat ini.

Selama masa transisi manajemen PUSKOM di bawah Pak Ichary Soekirno, website ditangani oleh tim DATANET, yaitu Andi Tono (2001-2002).

Kira-kira 2003-an PUSKOM berubah menjadi PUSDATIN, mulailah website unpad dikembangkan dengan desain pertama kali didesain ulang oleh Pupung BP.

Kemudian Terjadi perubahan manajemen sekitar tahun 2004-2005 PUSDATIN berubah nama menjadi UP CCIT dibawah pak Atje Setiawa dan hingga akhirnya di tahun 2008 berganti manajemen menjadi DCISTEM di bawah pak Prof. Tarkus Suganda, di sini terjadi beberapa kali perubahan website. Dan Pupung BP, telah menjadi staff ahli dcistem khusus menangani Website Universitas Padjadjaran, baik desain maupun application systemnya.

Demikianlah selayan pandang tentang website Unpad dari tahun 2000, jika ada rekan yang masih memiliki desain website tahun sebelum 2000 akan senang jika bisa berbagi.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*