Oh delphi, riwayat mu kini

Di awal tahun 1997, mungkin itulah pertama kali saya jatuh cinta sebuah Aplikasi Developer yang bernama Delphi. Pemrograman yang sebenarnya dulu cukup terkenal barsanding dengan Visual Basic dan Power Builder. Cukup banyak hasil penelitian dan proyek bisnis dibuat menggunakan Software Delphi ini.  Sudah lama penggunaan Aplikasi Delphi tidak mengikuti pergantian versi, tetap patuh dengan versi 5 atau 7 mungkin itu versi yang muncul sekitar tahun 1999 keatas. Lalu bagaimana kabarnya sekarang?.

Delphi merupakan program aplikasi yang ditujukan bagi para programmer dalam mengembangkan aplikasi cepat berbasis Graphical User Interface (GUI) , dulu lebih dikenal sebagai RAD (Rapid Application Development) dengan jagoan bahasa pemrograman Pascal, software yang pernah bersaing pada waktu itu adalah Power Builder dan Microsoft Visual Basic. Namun secara perlahan Para pecinta Power Builder mulai berguguran, bahkan sempat terlihat Programmer Delphi, Visual C++ / C++Builder dan Visual Basic Meningkat.

Singkat kata Saat Versi 5 ini boleh saya katakan merukana Titik puncak kesuksesan Delphi untuk pengembangan aplikasi, memang munculnya pemrograman web sedikit membuat delphi terkejut, ASP dan PHP mulai menjadi perhatian banyak programmer , selain itu pemrograman JAVA dan teknoogi XML membuat pemrograman berbasis internet ini lebih meningkat lagi.

Delphi mungkin mulai sedikit turun gaungnya alih-alih perusahaan borland mulai merugi akhirnya borland di jual ke Inprise, jadilah Inprise delphi dimulai versi 6. Dari sini mungkin penulis mulai kurang mengikuti lagi perkembangan delphi ini, karena mungkin lebih banyak proyek yang dikerjakan berbasis web. Bukannya delphi (mulai dari delphi 5) tidak bisa melakukan pemrograman berbasis internet namun harus diakui ASP dan PHP cukup menggigit. Dan Jama open source mulai menggeliat Delphi versi linux pun dikembangkan namun sayang ternyata Kylix (delphi versi linux) ini jelas-jelas masih banyak bug yang tak bisa mengejar kompatibilitas linux)

Tidak lama dari peluncuran SUN Java SE, perlahan- lahan para punggawa delphi mulai di “culik” (maksudnya sih pindah kerja) microsoft,  Anders Hejlsberg pada tahun 1996, selanjutnya Chuck Jazdzewski, Danny Thorpe yang sempat ke google dan ujungnya ke microsoft. Mulailah lahir Microsoft.NET.

Delphi sendiri terus berusaha berjalan akhirnya berpindah tangan ke Perusahaan CodeGear lalu akhirnya dibawah perusahaan Embarcadero.

Meskipun tekhnologi Delphi terus berkembang mulai dengan dukungan ke PHP dan .NET Framework namun inovasi yang dimiliki sepertiya hanya sebagai bumbu yang terus mengikuti pihak lain.

Sebagai pengguna sejati Delphi5, pengalaman delphi cukup memprihatinkan sebagai salah satu Aplikasi pengembangan yang sempat mendunia ini. Apakah para programmer delphi menghilang? menurut penulis tidak, pastinya banyak para programmer delphi mungkin yang umurnya antara 25 hingga 40 masih menggunakan pemrograman ini. Mungkin sisanya banya beralih ke Micorosft.NET, PHP dan Java.

Apakah delphi dapat muncul dengan inovasi lain yang mungkin berbeda dibandingan software lainnya? kita tunggu saja.

31 Comments, RSS

  1. Derry Adrian June 2, 2009 @ 3:45 pm

    Wah… baru nyadar nih, ternyata saya masih berlangganan milis-milis delphi di subscribe ke email. Dan saking kebiasaannya udah males baca, klik select all – delete terus.

    Pas baca artikel ini, baru deh keingetan.

  2. Eddy Nurmanto June 3, 2009 @ 11:13 am

    hiks hiks… delphi jangan sampai unpad juga kaya gini kalau kualitasnya tidak ditingkatkan dan masalah2nya dibereskan.

  3. Rusli July 15, 2009 @ 3:02 pm

    Tidak demikian mas, saya sendiri masih menggunakan delphi 7 sampai sekarang, Delphi 7 sendiri memiliki kemampuan cukup canggih, diantaranya :
    1. Delphi 7 dapat berjalan didatabase mana saja, seperti M.Access, MySQL semua versi, Postgree, SQLite, SQL Server, Oracle. walaupun komponen bawaan delphi tidak mendukung sepenuhnya, tapi kita bisa menambahkan komponen pihak ketiga dari luar (Zeos, MySQL Componen, dll.)
    2. Komponen Delphi sendiri masih bisa diupdate dengan komponen yang lebih canggih seperti DevExpress, Raize Component, Jedi, Fast Report(lebih baik daripada Crystal Report) dan masih banyak lagi, tidak seperti bahasa pemrograman lain dibatasi oleh vendor programming tersebut.
    3. Delphi 7 sendiri juga sudah bisa mendukung aplikasi berbasis dotnet Option), walaupun tidak sepenuhnya seperti Delphi 2009.
    4. Masih banyak perusahaan besar menggunakan aplikasi Delphi (1.Seperti Bank Indonesia yang mengimplementasikan Sistem Informasi Debitur seluruh Indonesia menggunakan Delphi, 2.PT Ussi Online menggunakan delphi untuk aplikasi perbankan dan sudah banyak digunakan di beberapan Bank diseluruh Indonesia).
    5. Delphi 7 khususnya, lebih stabil di semua Jaringan LAN, MAN, WAN.
    6. Delphi adalah pemrograman paling terstruktur (selain bahasa C++)
    7. Delphi memiliki Library yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan. (contoh DBX4MYSQL.dll : untuk dapat berjalan di MySQL versi 5 keatas.)
    8. Kita dapat membuat komponen tambahan di Delphi, sesuai kebutuhan kita.
    9. Ayo tunggu apalagi, cepat pelajari Delphi…!!!

  4. Delphi-Jedi August 2, 2009 @ 1:14 pm

    Wah-wah, sama kita mas Arif, saya juga pengguna Delphi sejak jaman kelas 1 SMA dulu, tahun 1998, waktu itu masih Delphi 2.. alhamdulillah saya masih setia sampai detik ini saya menulis, menggunakan Delphi 6 Enterprise .. sungguh tak mungkin bisa melupakan delphi, karena dengan Delphi lah saya mencari penghidupan dan kemakmuran yang bisa dinikmati oleh keluarga saya hingga saat ini ..

    Meskipun tidak pesat perkembangannya, tp dengan adanya Delphi 2009, cukup menarik utk diadaptasi, cuma memang sayangnya beberapa komponen VCL di Delphi 6 tidak lagi kompatibel ..

    Pengen sih ngadain acara semacam “Delphi User Gathering” ala Borland dulu, untuk di Indonesia, cuma saya kurang networking dengan sesama pengguna Delphi, jadi kalau mas Arif atau rekan2 lain disini punya networking user2 delphi, saya siap jadi sponsor acaranya …

    Thanks & Success

  5. teguh August 16, 2009 @ 5:11 pm

    Saya masih pake D5, baru tahun ini mau pindah ke D10/D11 yang tertunda gara-gara dulunya males migrasiin VCL 3rdparty yang terlanjur banyak gak karuan.

    Memang diakui sebagian modul dan aplikasi yang bisa dan lebih baik di web sudah migrasi ke PHP.

    Tapi untuk direct access ke hardware, Pivoting data, massive data entry, dan reporting yang kompleks tetap lebih mudah dengan dan lebih cepat di Delphi dengan FastCube/DevExpress Pivot, Fast Report, dll.

    Entah nanti kalau sudah ada metode reporting yg lebih cepat, mudah dan sanggup untuk report yg rumit di PHP baru Delphi akan makin tersisih.

    Tapi bagaimanapun, Delphi for PHP bukankah pilihan yang rasional mengingat banyaknya IDE untuk PHP yg lebih baik dan F/OSS.

  6. Fajar September 13, 2009 @ 11:50 pm

    wah jangan salah delphi masih berjaya..menurut saya delphi lebih mudah dari VB…menurut saya VB banyak mempunyai kelemahan,aplikasi yg dibuat dengan vb membutuhkan runtime library MSVBVM8.dll untuk dijalankan kalo runtime library nya di kill toh semua aplikasi yg dubuat dg vb ga bs jalan!
    Pokoknya hidup delphi!!!

  7. Agus R October 6, 2009 @ 8:16 am

    saya pengguna delphi 7, wis pokoke mangtavvv.
    aku buat applikasi selama ini pake delphi baik yang sederhana ampe yang berbasis gis.
    wis lah jos gandos kita bisa manfaatin ocx nya vb lagi.

  8. Rusli October 7, 2009 @ 11:46 pm

    Dengan pindahnya pengembang Delphi (Developer) yang beralih ke Microsoft, justru mereka (Developer) malah ikut mengembangkan Delphi, hal itu dapat dilihat dengan adanya fitur-fitur VCL Ribbon (Microsoft Office 2007) yang dapat dimasukkan ke dalam Delphi Component. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya RAD DELPHI 2009 dan RAD DELPHI 2010, kita dapat menggunakan component VCL Ribbon tersebut kedalam aplikasi Delphi. Lucunya lagi hanya Delphi 2009/2010 aja yang memiliki component ini, kenapa bisa ??? Karna sudah pasti yang mengembangkannya Microsoft juga yang dulunya Developer Delphi seperti Anders HejlsbergChuck Jazdzewski, Danny Thorpe dan kawan2 mereka.

  9. Tajrin January 17, 2010 @ 9:50 am

    maaf mas…sy msh pemula..seperti yg dikatakan mas rusli di atas…fast report lebih baik dari pd crystal report…trus donload fast report yg gratis dmana..?thanks

  10. Hotdin Gurning January 18, 2010 @ 11:34 pm

    Fast Report..?
    baru dengar mas..
    masih pemula sih..
    canggih yah? hingga mampu melebihi crystal report?
    boleh juga tuh..

  11. Ranran April 28, 2010 @ 7:56 pm

    okelah atas pengakuan temen2 atas masih bisa hidupnya pemograman dengan delphi, saya sendiri mata pencaharian dari delphi sejak 2000 sampai saat ini, mudah-mudahan tidak ada persingan diantara developer bahasa pemrograman yang pada akhirnya salah satu bahasa pemrograman itu bisa hanyut terbawa jaman, selama bahasa pemograman itu bisa memenuhi segala yang kita inginkan, saya yakin bahasa pemrograman apapun akan selalu jaya nan abadi, asalkan kita bisa memilah fungsi maya yang harus di program memakai delphi, vb, php dan sejenisnya…yang intinya kita selaku programmer harus menguasai semua bahasa tersebut…hehehe, logika dan algo pasti semuanya sama, tinggal syntax yang aga bermasalah….namun smua itu bisa kita tangani hanya dengan menekan F1…hehehe

    Trim’s Delphi, semoga rizki yang saya dapat saat ini bisa bermanfaat..Amiin

  12. Pecinta Desktop Programming April 30, 2010 @ 6:27 am

    Saya programmer delphi.
    hingga saat ini saya masih setia dengan delphi.
    “HIDUP DELPHI”
    PERSIB ADALAH HATIKU JIWAKU RAGAKU.

    Buat para pecinta delphi, terus kembangkan program menggunakan delphi.

    Buat para programmer,, salam sejahtera, salam kenal..

    TERIMAKASIH:
    PECINTA DELPHI

  13. HeCoLS May 19, 2010 @ 6:48 pm

    sampe sekarang saya masih setia dengan delphi walaupun sempet berpindah ke VB, ASP dan PHP tapi akhirnya berpulang ke delphi juga.
    klo boleh dibilang sekarang emang bener susah mencari programmer delphi.
    dan sekarang saya masih menggunakan delphi 7, mungkin sebentar lagi akan beralih ke d12.
    klo misalkan diantara temen2 sekalian ada yang punya ilmu lebih atau link untuk toturial bisa saling berbagi.

  14. Denzo May 28, 2010 @ 10:24 pm

    Delphi…? Yo wes lah…
    Ngai juga pake….

  15. budi June 21, 2010 @ 2:19 am

    Dulu saya pakai vb.6 , mulai tahun 2005 saya pakai delphi, yang paling saya suka delphi 7, karena berbagai komponen yang bisa didapat dari pihak k3, sehingga aplikasi yang dibuat benar2 powerfull. saya pikir untuk beberapa tahun kedepan delphi masih bisa bertahan, meski sebagai pengembang kita juga harus mengikuti perkembangan yang ada..trims artikelnya…

  16. hasan September 11, 2010 @ 11:07 am

    ada yang pernah pake zeosdb-7 di d2010?? sharing donk

  17. win January 18, 2011 @ 12:03 pm

    Wah…. ternyata memang sama yah.. susah cari programmer delphi…

  18. Ramdhani June 23, 2011 @ 12:09 pm

    Jgn Berkecil hati Pengguna delphi……….

    Sekarang embarcadero berusaha membuat produknya berkerja dengan multiplatform,Sekarang delphi berevolusi menjadi Delphi Xe,katanya produck ni akan dikemnangkan untuk multiplatform….

    sekedar info z…kalo mau bikin aplikasi yang bekerja multiplatform…pakai z Lazarus.

    Lazarus ni mampu bekerja di windows,linux, dan Machintos..
    bahasa codingnya percis dengan pascal/ delphi…

    kalo saya masih pakai delphi 2010..

  19. Ramdhani June 23, 2011 @ 12:12 pm

    pake zeos di Delphi 2010 Ok Banget lebih baik dari pada ADO Boz..

  20. ahdi November 24, 2011 @ 1:16 pm

    delphi riwayatnya makin tenar aja Mas. tenang aja.. Embarcadero sudah promosi juga kemana2. Di Indonesia perwakilannya adalah ECS. Sedangkan pakar Delphi Indonesia adalah Eko Indri, dia sekarang CEO disalah satu perusahaan IT Surabaya. Embarcadero kalau ada pertemua selalu manggil Eko. Featurenya juga skarang sudah sangat mumpuni, debugging dan optimasi pemrograman, apalagi dev express komponen tambahannya. Bisa bikin pivot table untuk pengolahan data tinggal tempel. Wus wussss.. Saya termasuk pengguna Delphi. Pembuatan aplikasi database bahkan hardware control lebih enak pake Delphi. Robotika juga bisa pake Delphi. Untuk Universitas Negeri banyak yang make Delphi untuk bahan kuliahnya, karena lebih konsisten daripada vb

  21. ahdi November 24, 2011 @ 1:18 pm

    Temen2 programmer delphi yang masih kekurangan projek bisa hubungi saya. email hadikusyanto@gmail.com

  22. MB Von Dalhar December 12, 2011 @ 11:09 am

    Asslm.
    Saya juga programmer Delphi dan masih menggunakannya untuk Aplikasi Samsat Online Jateng. Dulu sblmnya saya menggunakan Turbo Pascal. Sejak munculnya era OOP (Object Oriented Programming) saya tertarik menggunakan Delphi karena kecepatan proses / runtime-nya lebih cepat bila dibandingkan dengan VB dan pengembangan komponen VCL-nya juga luas dan bagus tidak dibatasi oleh vendor.

  23. ianhade December 23, 2011 @ 10:56 am

    Susah mau pindah kelain hati juga, dah terlanjut cinta delphi…..

  24. khalif January 1, 2012 @ 1:39 pm

    mas saya delphier sejati sejak kuliah S1 hingga S2 dan sekarang lagi S3 tetap pake delphi untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah n tesis dan (pastinya juga untuk disertasi tuh !)…cuma sekarang aku pake radstudio xe2 untuk pengembangan web yang pake hosting linux aku pake radphp untuk cloud computing aku pake delphi xe2..
    so delphi is always run! long live delphi….

  25. Van December 3, 2012 @ 10:46 pm

    halo pecinta delphi semuanya,
    saya adalah very-beginner sebagai pengguna Delphi, yah, saking pemulanya, saya masih make delphi 7,
    saya dapet tugas kuliah yang mbingungin,
    boleh minta bantuannya??
    gimana ya caranya biar aplikasi yg dibikin di delphi (pake dtbase ms.access) tu bisa diakses di jaringan lan?
    mohon bantuannya, 🙂
    thx

  26. Indra Kusumah October 15, 2013 @ 1:23 pm

    Walaupun banyak aplikasi berbasis web, tapi untuk database tertentu Saya masih gunakanan Borland Delphi 7, karena fleksibilitas coding tertentu yang belum bisa tergantikan jika menggunakan aplikasi basis web.
    ———————————–
    ASLAB1/2LABKOMPD3FMIPA
    D3FMIPA/MI/B/95

  27. Abdiansyah Zexu January 24, 2014 @ 3:01 am

    yg punya TMS buat delphi7..minta donk..
    Tapi jangan pake license..
    Nyari2 ko malah ada yg minta license..
    abdiansyahzexu@gmail.com ..
    Semoga programmer delphi7 terus menyebar..

  28. Burhan Schraube KVD April 4, 2014 @ 12:17 am

    Aku juga programmer Delphi dari awal 2000-an dalam proyek pembangunan Samsat Jateng Online. Dan sampai sekarang masih pakai Delphi 7, karena fasilitas-nya yang masih bisa dibilang sangat lengkap dan masih bisa dikembangkan. Walaupun ada rencana nambah pengalaman dengan menggunakan Lazarus yang bisa berjalan di lingkungan Windows maupun Linux bahkan Android dan iOS.

  29. marsumuddin April 23, 2014 @ 10:24 am

    ya saya juga masih pake delphi sekarang embarcadero xe. soalnya ngedit programmnya gampang, ngrubah-ngrubah menu juga gampang. bikin program mulai dari code sederhana ditingkatkan ke yang kompleks juga gampang. program program yang saya buat terutama perhitungan teknik konstruksi,konstruksi beton, mekanika teknik, mekanika tanah dll. akurasi tinggi, linked variable mudah karena ada procedure dan function, menambah form form juga mudah. copy paste code juga gampang….yah merasa nyaman nyaman aja…..

  30. yoda daryono July 24, 2014 @ 3:21 pm

    Perkenalkan sy yoda, sy juga pengguna delphi, jika ada group untuk sharing delphi.. boleh juga.. berbagi ilmu, jika ada.. mohon diberitahukan y..

  31. faiz an October 28, 2014 @ 4:11 pm

    gan ada yang bisa devexpress kah???
    ane lagi caricari tentang devexpress tp jarang ada tutornya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*