“Qimo” : OS Linux Untuk Anak

QimoMelanjutkan tulisan sebelumnya (Menuju Keluarga yang Bebas Software Bajakan red). Penulis mencoba mengajak lebih mendalam mengenai software-software opensource yang cocok untuk keluarga khususnya untuk anak. Bermula dari rencana saya untuk memanfaatkan PC “usang” yang akan saya berikan untuk anak saya yang masih berusia 3(tiga) tahun, saya menginginkan sesuatu yang khusus agar anak dapat menggunakan dengan leluasa aplikasi khusus untuk anak bukan game atau acara tv yang kurang layak, selain itu pertimbangan mendidik anak untuk terbebas dari barang bajakan tidak kalah penting. Setelah beberapa hari browse di internet, akhirnya saya menemukan sebuah Sistem Operasi berbasis linux yang benar benar ditujukan untuk Anak mulai dari usia 3 tahun. Namanya “Qimo”.

Apa itu Qimo?

Qimo merupakan Sistem Operasi Desktop yang dirancang khusus untuk digunakan oleh anak- anak. Qimo sendiri sebenarnya berbasis Sistem Operasi Opensource Linux Ubuntu. Dengan ditambahkan paket- paket software opensource games dan program belajar untuk anak mulai dari umur 3 (tiga) tahun ke atas. Mulanya saya mencoba melihat beberapa paket OS lain yang menawarkan paket software untuk anak, seperti Edubuntu, namun disini saya melihat Qimo telah memberikan nuansa desktop hingga aplikasi memang hanya ditujukan untuk anak. Anak akan melihat sesuatu yang berbeda ketika pertama kali melihat seorang anak eskimo atau qimo (dibaca qim-oh).

Qimo telah menyediakan software live CD sekaligus installasi, jadi , bagi orang tua yang takut isi notebooknya terhapus atau rusaknya data, gunakan installasi Qimo langsung sebagai live CD. Kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan Qimo cukup ringan : memory 256mb, harddisk minimal 6GB, processor minimal 400Mhz.

Program-program opensource untuk anak sudah terinstall dan ditempatkan sebagai menu utama pada desktop :

  1. GCompris
  2. Childsplay
  3. Tux Paint
  4. Tux Math
  5. Tux Type
  6. EToys
  7. Aplikasi Multimedia
  8. Browser dan YM Chat

Untuk mendownload bisa coba ke website http://www.qimo4kids.com.

Dengan OS khusus untuk anak ini, sepertinya Opensource akan lebih mudah disukai oleh anak-anak. Maju terus opensource

One Comment, RSS

  1. bimo June 2, 2009 @ 2:47 pm

    wah ini yang saya cari….terima kasih infonya… Qimo….oke

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*