How to survive with XPERIA

Untuk pertama kalinya Sony Ericsson mengeluarkan produk Mobile dengan Sistem Operasi Windows Mobile diberi nama XPERIA atau  X1. Produk perdananya bersama Winmo membuat penasaran. Dari pengalaman menggunakan SE, saya selalu puas apa lagi SE selalu menawarkan produk best value. Sedikit berbeda dengan rencana sebelumnya biasanya saya membeli perangkat mobile canggih harus menunggu paling cepat 1 tahun dari peluncuran perdananya, produk SE sangat cepat jatuh harganya, jadi best value hanya dihitung bulan.  Untuk pertama kalinya saya diberi perangkat yang tidak lama peluncurannya di Indonesia X1.  Setelah menggunakannya kekecewaan menggunakan X1 mulai bermunculan… so how to survive my X1 keep on my hand?

Pemilihan X1 sebagai pengganti P990 ku yang dicuri orang (hiks) sempat ragu, karena ada beberapa pesaing yang muncul berlomba naik diantara gencarnya produk IPHONE dan Blackberry di Indonesia. Seperti Samsung OMNIA, HTC Touch Pro. Untuk Samsung OMNIA saya sudah pernah menjajalnya, tanpa qwerty keybord dan kinerjanya terlihat lambat.  untuk HTC Touch pro berkali diadukan dengan X1 di beberapa website ponsel. Kekecewaan dengan X1 pun mulai muncul:

Kelebihan HTC Touchpro dibandingkan X1

  1. Accelerometer : mirip IPhone posisi dapat diputar  otomatis tampilan berubah menjadi landscape atau potrait , di X1 untuk melakukan hal ini harus menekan tombol di layar.
  2. TV output
  3. Aplikasi TOUCH FLO yang menawarkan tampilan layar sentuh dengan jari tanpa harus mengeluarkan stylus
  4. Resolusi layar standar untuk aplikasi PDA
  5. Harga perdananya sih katanya lebih murah dibandingkan X1

Kelebihan X1 dibandingkan HTC Touchpro

  1. Batrei lebih tahan lama
  2. Touchpad mirip di notebook
  3. XPanel sebuah tampilan layar depan yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai
  4. Harganya setelah sebulan dari harga perdana mulai turun lebih dari 1 jt ???

Test penggunaan :

  1. OS Windows mobile memang belum menyiapkan strategi untuk meberikan tampilan yang mudah disentuh dengan jari, lihat saja icon windows start masih dipaksakan sekecil itu, dengan jari sangat sulit dipilih.
  2. Pengiriman SMS yang kurang friendly
  3. Pengaktifan konneksi seperti bluetooth, wifi , gps harus banyak memilih menu.
  4.  Suaranya tidak maksimal, bahkan speakerphone kurang keras
  5. Kualitas foto kurang bagus meskipun sudah 3,2Mp, sering blur dan hingga saat ini saya belum menemukan cara bagai mana mengotomatiskan lampu kamera. Ketika melakukan pemotoan.
  6. virtual keyboard yang kecil (ini bikin kesel nih) jadi betul2 harus pake stylus yang sudah ditinggalkan IPhone.
  7. Terkadang pulsa ku jebol karena koneksi jaringan GPRS konsepnya bukan confirm tapi hanya memberikan status, jika dibiarkan otomatis koneksi internet langsung nyambung.
  8. Navigasi hanya mengandalkan Google map yang memanfatkan GPRS , boros pulsa nih.
  9. Browser IE sangat kuno, Opera sering error.

Saya pernah baca sebuah artikel di internet, produk X1 ini merupakan produk pertama SE yang di buat oleh perusahaan pembuat HTC.

Sempat berfikir mau dijual, sepertinya harga dengan kemampuan yang dimiliki X1 ini terlalu tinggi, niat dijual batal karena harga secondnya jatuh harga perdana 7,99jt ditawar hanya dibawah 5jt padahal saya baru pegang 1 bulan. dan harga yang barunyapun langsung turun diantara 6,5-6,8jt.

Mungkin SE tau bahwa harga X1 sudah tidak sesuai lagi dengan harga pesaing2 yang lainnya.

So..? how to survive my x1 keep on my hand?

  1. Pertama yang harus saya kejar adalah bagai mana menghilangkan kebiasaan menggunakan stylus, untung saya menemukan software pendukung X1 yang dikeluarkan SPB, harganya pun sesuailah dengan kemampuannya, SPB yang tepat digunakan adalah SPB keyboard, dengan tuts tombol virtual yang lebih nyaman di jari, SPB menu yang membuat tampilan lebih mantap dan proses navigasi menu dengan menggunakan jari ala IPhone.
  2. Kedua bagaimana komunikasi lebih hemat memanfaatkan wifi, untuk IM saya menggunakan Palringgo gratis dan bagus.
  3. Browser Mobile menggunakan Skyfire , tampilan persis dengan browser windows, bahkan website youtube dapat diakses sama persis termasuk videonya.
  4. Navigasi GPS saya tambahkan bebeapa aplikasi gps Compass gratisan seperti Reechese GPS Navigator
  5. Untuk remote desktop untungnya ada Remote desktope for windows mobile gratis.

X1 ku pernah terjatuh betul2 keras hingga tutup batrei dan batre terlepas, tidak ada casing yang tergores sedikitpun, body X1 yang terbuat dari logam dan sebagian ditutup karet membuat . Handsfree sama dengan handsfree komputer biasa, charge dan komunikasi data menggunakan kabel menggunakan USB. 

Kalo lagi chating atau browse ternyata touchpad yang letaknya samping kanan sangat pas buat saya untuk membantu proses bekerja layaknya sbeuah laptop. Selanjutnya hal apa lagi yang bisa membuat X1 ku bertahan di tanganku?

15 Comments, RSS

  1. pupungbp March 4, 2009 @ 8:52 am

    Buat yang kelak mau beli HP ini dari Arif, perlu dicatat kalau HP ini pernah jatuh 😀 jadi bisa lebih murah nawarnya….

  2. Eddy Nurmanto April 5, 2009 @ 11:33 pm

    hehehe jatuhnya yang keras gak disebutin gara2 siapa yah. hehehe

  3. Batu2 April 27, 2009 @ 9:01 am

    Sy dalam waktu dekat ni berencana mau ganti hp p1i ku dengan x1 jadi sy minta pendapat dan pengalaman dari mas yang udah duluan mengunakan x1 kira2 klo menurut mas pribadi x1 itu bagus apa engak ya? Menyebalkan atau merepotkan atau tidak? Makasih sebelumnya..

  4. admin April 28, 2009 @ 8:16 am

    @Batu2 : harga x1 turunnya cukup cepat , jika mau membeli tunggu dalam jangka waktu 3 bulan kedepan, untuk hal tertentu x1 cukup nyaman untuk penggunaan internet mode slide (keyboard qwerty diaktifkan) namun ketika kita haurs mode handheld (satu tangan) cukup ribet, apalagi saya lihat tidak ada tombol windowsnya, pasti stylus harus dipake. Kalo mau membandingkan perangkat pesaing coba cek HTC Touchpro atau E71

  5. Batu2 April 28, 2009 @ 8:51 am

    Klo e71 uda ada,istri aku yg pake.. Soalnya sy kaya susah mau pindah dari sony ericsson mgkin sdh terlanjur jatuh cinta dengan sony ericsson,dari dulu ampe skrg ngak pernah beli hp merek lain selain sony ericsson. Apa2 pun makasih banyak2 jawabannya..

  6. Batu2 April 30, 2009 @ 7:57 pm

    Malam mas.. Ni aku mau nanya dikit,td aku udah jalan2 mau pantau2 x1 la ceritanya.terus rata2 x1 yang aku liat x1 tu made in taiwan,itu original apa ngak ya? Soalnya gini,aku udah beberapa kali beli hp sony ericsson dan semua hp sony ericsson yg aku beli tu semuanya made in cina.. Terus kenapa ya sony ericsson tu rata2 made in cina,tidak seperti nokia yg made in nokia. Makasih sebelumnya..

  7. admin May 1, 2009 @ 8:41 am

    @batu2 : X1 memang sedikit berbeda dengan produk SE yang lain. Perlu diketahui juga SE baru pertama kali menggunakan sistem operasi windows mobile yaitu pada X1, mudah2an informasi nya tidak salah X1 sebenarnya produk yang di outsourcekan ke perusahaan HTC yang made in taiwan. Dan produk SE sebelumnya made in china. China dan Taiwan memang saat ini cukup banyak dipercaya oleh perusahaan2 besar sebagai tempat produksi bukan hanya SE, nokia yang anda bilang made in nokia (mungkin maksud anda made by nokia) sebenarnya di buat china juga. Pihak perusahaan SE dan yang lainnya difokuskan ke Quality controlnya. Jadi jangan kaget made in nya china atau taiwan bukan berarti gak original, dan gara-gara produksinya di china, buat membuat produk yang mirippun china pasti bisa.

  8. Batu2 May 1, 2009 @ 9:48 am

    Makasih infonya ya.. Setidak2nya udah ngak kuatir lg mau beli x1,sekali lg makasih banyak2 yg infonya.. Oh iya,maaf klo aku bertanya lg. Kira2 warna apa yg bagus ya? Silver ato item? Terus aku ada baca di forumnya kaskus katanya ada produk x1 silver yang kasingnya mudah retak,katanya sih yg silver week 41 ampe 47 apa benar sih? Terus dari mana bisa di liat klo week tu week sekian? Makasih sebelumnya,maaf lagi ya banyak tanya ni..

  9. admin May 4, 2009 @ 8:38 am

    yang saya pake warna hitam, yang saya tau casingnya didominasi logam dan sebagian karet, mungkin bukan retak tapi lapisan catnya yang terkelupas, bagusnya setiap sudut x1 berwarna metalik, jadi memang catnya mudah terkelupas, sebaiknya dikasih sarung karet suapaya awet.

  10. Batu2 May 5, 2009 @ 10:13 pm

    Makasih banyak2 mas sarannya,sekarang aku sdh punya xperia,ambilnya warna item juga,harga dapat 6,6jt.keren memang ni xperia ya,cm sekarang masih agak2 bingung makenya maklum barusan pake win mobile.ntar gua mau upgrade rom nya lewat situs nya sony ericsson. Sekali lg makasih mas ya..

  11. gigi May 12, 2009 @ 6:24 pm

    halo, saya juga tertarik sama x1, cuma udah ke beberapa toko di itc kuningan tapi mas2 penjual pada gak menyarankan..katanya lambatlah, ribetlah dan lebih menyarankan saya utk beli BB aja, tp saya keburu sukanya sama x1..mau nanya nih, kalau utk online msn pake x1 bisa pakai wi-finya kan? streaming video juga bisa gak pakai wi fi?soalnya kalau BB aneh kalau mau msn justru gak bisa pake wi fi.. trims bgt

  12. admin May 14, 2009 @ 8:35 pm

    @gigi : tergantung kebutuhannya buat apa, kalo buat aplikasi email, chatting, fb yang murah tapi terus uptodate kemana aja ya.. pastinya BB jadi gak perlu lagi pake wifi, biasanya kalo bb rata2 dah paket, jadi gak perlu takut pulsa abis. Permasalahan X1 adalah tidak memberikan sesuatu yang lebih dan fungsional dibandingkan perangkat pesaing.

  13. Hikaru Kaze August 12, 2009 @ 11:30 pm

    @arif:
    Bro, udah pernah ke forumponsel belum?
    coba dateng ke situ, masuk ke thread X1 (sekarang udah sampe part 13)
    dijamin makin cinta X1 deh..
    klo soal kamera, mau autoflash harus pake camera ROM3 disitu ada fasilitas autoflash & geotagging, perekaman video juga mengalami peningkatan..
    klo mau gak ngeblur bisa coba makro sport.. atau, kalau memang mau makro auto.. bisa coba setelah dapet fokus (kotak hijau) goyang2in dikit (kiri/kanan/atas/bwh) terus stabilin, teken full tombol kameranya.. (it works for me at least)

  14. Hikaru Kaze August 13, 2009 @ 12:11 am

    note: forget my mentions in camera tips, it’s just superstitious.. (save the sport macro)
    karena X1 itu sendiri gak punya fitur anti-shake atau yg sejenisnya, satu2nya yg bisa diharapkan itu cuma kemampuan fotografi kita.. latihanlah seriing2 supaya tangan gak gampang goyang klo moto.. sayang bgt shutter speednya lambat di mode auto..

  15. dimas September 16, 2010 @ 1:32 pm

    Oia mas mwu tnya,
    Kalo di x1 pake opera mini kyk operamini di hp biasa atau kayak pc??
    Kalo misalnya kyk di pc berarti internetan nya mahal donk.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*