Software Blueprint IT hadir di opensource

Mendengar istilah Blueprint kesan pertama pasti akan terbayang sebuah kertas besar dengan rancangan gambar tekhnik hasil copy dari aslinya yang dicetak biru. Pendapat itu menurut saya tidak salah. Hanya istilah Blueprintnyalah yang mengalami perluasan makna. Blueprint saat ini diartikan sebagai sebuah rancangan menyeluruh yang terdokumentasi mengenai hal teknis. Dengan Blueprint seorang teknisi dapat mengembangkan sesuatu sesuai dengan bidang ahlinya. Jika blueprint itu blueprint pesawat ya tim produksi pesawat dapat membuat sesuai dengan blueprint yang telah dibuat.

Untuk bidang IT istilah blueprint mulai banyak digunakan sebagai grand design dalam pengembangan sistem. Aplikasi perancangan cukup banyak dibuat mulai dari yang umum seperti visio, khusus ke software seperti power designer. Terkadang proses perancangan tidak hanya sekedar menggambar secara teknis tapi struktur dokumentasi juga harus bagus.

Untuk merancang blueprint proyek IT, ada software baru nih namanya microsoft blueprint. Software ini memang masih beta tapi kalo opensource dan itu datangnya dari microsoft pasti jarang kan ? coba saja tengok di http://www.codeplex.com/blueprints . Software blueprint microsoft ini sudah ada integrasinya ke visual studio.

Saya sendiri belum mencoba, kalo ada yang sudah mencoba share disini pengalamannya. 

4 Comments, RSS

  1. enjat December 1, 2008 @ 10:43 am

    setuju banget dengan pendapat arif,… bahwa :

    ” Blueprint saat ini diartikan sebagai sebuah rancangan menyeluruh yang terdokumentasi mengenai hal teknis. Dengan Blueprint seorang teknisi dapat mengembangkan sesuatu sesuai dengan bidang ahlinya. Jika blueprint itu blueprint pesawat ya tim produksi pesawat dapat membuat sesuai dengan blueprint yang telah dibuat. ”

    Tapi menurut saya, alangkah baiknya kita juga dapat merumuskan arah kebijakan/ strategi IT unpad mau dibawa kemana? dan sangat lebih baik lagi apabila IT Strategy tersebut bisa membawa “Value Proposition ” bagi UNPAD, sehingga IT tidak sekedar (sorry) ” tukang ” atau ” support ” saja, tapi seperti BCA atau Mandiri, sehingga IT bisa menjadi bussiness driven bagi UNPAD… well saya berdoa semoga UNPAD bisa seperti itu.

    VIVA UNPAD.

    gue

  2. Riska Khalisa January 12, 2009 @ 1:34 pm

    Kang arif! taw software CFD ga? computational Fluid’s of Dynamic…pengen belajar….

  3. priyo ducati November 22, 2012 @ 11:35 am

    Sip….

  4. yunayuni December 11, 2013 @ 8:49 am

    mana pak contoh software nya? saya buka ga ada itu,
    kalo ada minta link download nya dong,
    hehe

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*