Analisis deteksi gerak sebagai media input pada lcd projector

Melanjutkan artikel sebelumnya mengenai ide-ide bahan tugas akhir, skripsi atau thesis, saya coba tulis mengenai ide yang terinspirasi teknologi perangkat masa depan yang disebut microsoft surface.  Teknologi komputer masa depan memang makin lama akan terlihat makin sederhana dengan kemampuan yang jauh lebih besar tentunya. Jika anda pernah menonton film Minority Report, ketika seorang polisi yang diperankan tom cruise menggunakan sebuah perangkat komputer dalam media output hologram dan gerakan tangan yang seolah menyentuh objek-objek yang ditampilkan hologram tersebut mengikuti sesuai dengan gerakan jari dan tangan. Untuk mengejar teknologi tersebut memang tidak gampang, namun sebetulnya dengan perangkat yang ada saat ini kita bisa membuat sistem seperti itu. Perangkat yang digunakan adalah LCD Projector sebagai media output dan sebuah WebCam sebagai media input.

Teknologi input memanfaatkan jari sebagai pointing device memang sudah lama ada seperti pada perangkat Personal Digital Assistant (PDA) , Tablet PC dengan bantuan stylus. Selanjutnya teknologi makin dipercanggih lagi dengan munculnya perangkat ponsel dengan teknologi pointing device jari yang lebih leluasa fungsinya  diantaranya adalah iphone dan android.   

Teknologi ini lebih dipercanggih lagi dengan munculnya microsoft surface, yaitu sebuah perangkat berbentuk meja, dimana permukaan meja dijadikan sebagai media output (monitor) dan input (dengan bantuan pergerakan objek yang ada diatasnya).  Teknologi ini mulai dimanfaatkan di restaurant, tempat perjudian dll.

Berdasarkan teknologi tersebut saya jadi penasaran konsep sederhana dari teknologi ini apa sih? kemudian saya iseng- iseng mengisi waktu lembur di kantor surfing ke youtube dan mendapatkan sebuah video mengenai teknologi dari microsoft surface.  Setelah mempelajari dari video tersebut, ide membuat simulasi teknologi tersebut dapat kita manfaatkan dengan teknologi yang ada saat ini, yaitu LCD projector dan Digital Camera.

Perangkat yang dibutuhkan :

  1. PC / Notebook
  2. Digital Camera
  3. LCDProjector
  4. Penyangga LCD Projector
  5. Meja

Penempatan Posisi :

Semua perangkat dihubungkan, LCD projector dipasang menungging menggunakan penyangga sehingga arah penyinaran proyektor ke bawah (lebih bagus dipasang diatap dengan syarat perangkat kabel penghubung harus panjang, buatlah penyangga yang kuat.  Tempelkan kamera digital di proyektor tersebut dengan arah penangkapan yang sama dengan area penyinaran proyektor tersebut panjang kabel kamera yang terhubung disesuaikan dengan jarak kamera dengan komputer yang akan digunakan. Selanjutnya tempatkan meja (disarnakan sudah ditutup daerahnya dengan kertas warna putih ) tepat dibawah daerah penyinaran lcd proyektor dan kamera. Meja tersebut dijadikan sebagai layar output dan input.

Selanjutnya yang harus disiapkan adalah software yang dapat menangkap input gerakan tangan/ jari dan aplikasi yang dapat menampilkan objek yang dapat dikontrol berdasarkan identifikasi gerak hasil dari tangkapan kamera digital.

Algoritma :

  1. Display form
  2. Move Capture from camera
  3. Object & Movement detection
  4. Define command
  5. Execute to change object
  6. Display change

bersambung..

7 Comments, RSS

  1. arif October 8, 2008 @ 11:56 am

    artikel anda sangat menarik pak… bagaimana kelanjutannya??

  2. roy May 4, 2009 @ 9:07 am

    artikel yang bagus…

  3. sandi February 15, 2010 @ 8:52 pm

    artikel yang bagus……..tapi mana kelanjutannya bos,..?? saya tunggu nih buat skripsi saya.thx

  4. palito October 11, 2010 @ 10:13 am

    saya rasa ini sulit..!! tolong kelanjutanny Pak,Thx

  5. Fikuri January 13, 2011 @ 8:32 pm

    mas tolong saya dong,,,,
    cara konekin ke LCD pake Toshiba Satellite E105 gmana tah??
    saya tunggu kabarnya 087721246638

  6. hengky pratama November 30, 2012 @ 9:33 am

    saya belum tahu jelas tentang pngertian itu, tlng kasih tau cara penggunaan aplikasi tersebut pada laptop, jadi kalau milih program gak harus manggunakan mouse, cukup dgn gerakan jari aja
    saya tunggu, 085741134726

  7. ari March 12, 2015 @ 5:34 am

    pak kira kira da gk ide untuk alat yang di buat mengunakan arduino uno

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*