Ensiklopedi Pendidikan Indonesia ala Crayonpedia

Sebuah gagasan sederhana namun memiliki muatan pengetahuan yang besar telah diluncurkan.  Gagasan tersebut berbuah menjadi sebuah website ensiklopedia pendidikan dengan isi materi yang ditujukan bagi dunia pendidikan di indonesi. Website tersebut diberi nama crayonpedia. Namanya cukup menarik dan memiliki makna ganda : sebagai alat tulis gambar / mewarnai dan sebagai singkatan dari Create your open education Encyclopedia.

Meskipun sat ini konten yang tersedia masih terbatas, namun crayonpedia telah memberikan pengkategorian berdasarkan tingkat pendidikan sehingga website ini sangat cocok bagi pelajar, guru atau pengajar mulai dari tingkat sekolah dasar, smp, sma/smk hingga perguruan tinggi.
Rasanya tidak salah jika sekolah tidak perlu mewajibkan anak didiknya memiliki buku pegangan yang harus dibeli. Dengan diberikan fasilitas jaringan internet di tiap sekolah dan siswa diberika waktu untuk mengakses website ini, rasanya orang tua mulai berkurang rasa gundahnya dengan dampak negatif dari internet. 

Mudah-mudahan suatu saat pendidikan memang bisa gratis dan gerakan crayonpedia ini setidaknya mulai memperlihatkan bahwa pendidikan gratis mulai bisa didapatkan bagi masyarakat indonesia meskipun baru sebatas melalui internet. Tinggal bagaimana  kita bisa menghargai para kontributor dan para penulis yang ikut aktif di website ini. Silahkan coba ke http://crayonpedia.org ajaklah anak, adik, teman anda untuk belajar dengan crayonpedia. Dan bagi para pengajar ayo kita berbagi pengetahuan agar gerakan mencerdaskan bangsa dapat terwujud lebih luas.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*