Ini dia The MCA Hero (pahlawan software legal unpad)

 Akhir- kahir ini terdengar isu kabar bahwa pemerintah akan melakukan pemeriksaan atau razia laptop di beberapa tempat umum salah satunya di bandara. Pemeriksaan seperti ini sebenarnya sudah dilakukan dibeberapa negara. Unpad telah memiliki kerjasama dengan Microsoft sebagai perusahaan software yang memiliki produk software terbanyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia dalam hal legalisasi penggunaan software microsoft. Proses deploy di unpad tidak memberikan CDnya langsung keseluruh pengguna di kampus, namun diberikan layanan installasi langsung ke laptop atau pc yang dimiliki oleh staff, mahasiswa atau dosen.  Layanan ini diberlakukan setelah pihak dcistem menerima informasi bahwa serial number produk microsoft yang dimiliki unpad tersebar di tempat penjualan cd bajakan dengan alasan tersebutlah akhirnya CD tidak disebarkan langsung ke perorangan. Saat ini pertumbuhan pengguna laptop di unpad sangat meningkat dan sebagain besar meminta penginstallan dilakukan di dcistem agar notebook mereka berisi software legal dari miscorosft. Hal ini membuat tim penginstall dibawah komando bang erwin kelabakan, maklum setiap harinya pasti ada saja mahasiswa, dosen atau staf yang meminta diinstall.

Apalagi terkadang mereka tidak memberikan cd driver notebooknya , dan akhirnya bang erwin bersusah payah juga mencari  driver yang ada. Selain itu terkadang sebelum diinstall minta di bersihkan dulu virusnya, atau ada juga yang komplain file-filenya hilang setelah dibersihkan oleh antivirus. Seperti terlihat di foto keseharian bang erwin, meskipun pekerjaan pokoknya bukan tukang install melainkan tim installasi jaringan tapi dia tetap sabar, pekerjaan ini dia dapat sejak tahun 2005 (pusdatin) atau sejak digulirkannya program Microsoft Campus Agreement (MCA). 

Berbagai macam merk notebook udah dia pegang, terkadang untuk proses install ini bang erwin mengerjakan diluar jam kerja. Jadi jangan kaget kalo anda berkunjung ke ruangannya untuk sekedar nitip notebook agar diinstall , jangan lihat wajah cemberutnya tapi lihat pengorbanan dan jasanya dan berikanlah senyuman yang ramah agar bang erwin tetap betah 🙂 .

Bagi para pemilik notebook yang pernah menginstall dan merasa kecewa dengan pelayanan bang erwin, harap maklum bisa anda bayangkan pekerjaan keseharian dia begitu banyak, apaliagi harus menginstall notebook yang tiap harinya pasti ada aja 1 hingga 5 laptop di titipin ke dia.

Mudah-mudahan saja meskipun pesanan install software legal ke bang erwin ini sangat banyak, tapi niat nikah tahun ini nya gak batal gara- gara jadwal install ya win hheeee.. mudah-mudahan ada orang microsoft yang baca terus ngasih penghargaan ke bang erwin atas jasanya ikut membantu penggunaan software legal khususnya di perguruan tinggi. Amiinn…

12 Comments, RSS

  1. Eddy Nurmanto June 12, 2008 @ 11:45 am

    haha… maju terus win, sampe microsoft kasih kebijakan silahkan bagikan saja cd-nya product microsoft, boleh di backup.

    -dito-

  2. pupungbp June 12, 2008 @ 12:06 pm

    Dramatisasi….

    Yang nginstall itu hanya yang Acer (sebelah kanan), Laptop ubuntu itu punya Widi (admin yang duduk deket erwin) yang sebelah kiri itu laptop erwin… Jadi pas waktu foto ini diambil, erwin hanya install satu (yang acer sebelah kanan)…

    😀

  3. Zainal Muttaqien June 12, 2008 @ 12:13 pm

    hehe..fotonya lucu(katingali lieur na teh), saya juga dulu sempet ngerepotin bang erwin padahal dia harus bikin account email seunpad raya, jadi merasa bersalah..untungnya dia orangnya ramah dan sabar..maaf ya..
    Saya doain juga rencana nikanya lancar..jangan sampe menikmati malam pertama sambil nginstall juga..hehe
    diantos undangana..

  4. nendar June 12, 2008 @ 1:15 pm

    emang erwin super sibuk sama laptop2 orang mulu, kapan win sibuk sama laptop sendiri, yang sabar ya win mudah2an bisa kebeli latop sendiri atau ada orang yng berbaik hati ngasih laptop buat erwin ….. 🙂 good luck!

  5. Irma June 12, 2008 @ 1:29 pm

    huehehe..liat2 comment dari k’pupung, pantesan tadi tuh perasaan kenal ngeliat laptop yang ubuntu itu..ternyata bener, punya k’widi. wakakak

  6. pupungbp June 12, 2008 @ 3:20 pm

    Malem pertama? nya nginstall oge atuh… tapi beda deui drive na =))

  7. admin June 12, 2008 @ 5:35 pm

    @pupung & irma : sebenarnya itu hanya ilustrasi :)) , di lemari ada sekitar 10 laptop cuman males ngebuka, jadi yang ada di pasang sementara.

  8. Ari Tjahjawandita November 6, 2008 @ 10:49 am

    Pelayanan installasi Ms. Windows, Ms. Office, Ms. Frontpage, Ms. Encarta ini keterangan resminya ada tidak sih? Dulu saya pernah menerima surat edarannya. Untuk memiliki lisensi selama setahun, orang yang kerja & kuliah di UNPAD cuma cukup mengeluarkan biaya Rp 150.000/tahun.

    Menurut saya sih murah banget. Bayangkan saja biaya untuk memiliki 1 (satu) lisensi Ms. Windows XP Professional SP2 adalah sebesar $259.99. Begitu Ms. Windows Vista keluar, kita harus merogoh kocek lagi sebesar $263.49. Kalau memakai lisensi hasil kerjasama UNPAD dengan Microsoft, selama tahun 2001-2007 (7 tahun, berarti kita hanya akan keluar uang sebesar Rp 1.050.000. Itu sudah termasuk Ms. Office, Ms. Frontpage, dan Ms. Encarta.

    Tinggal sekarang bagaimana caranya supaya proses lisensi ini berjalan lancar dan memasyarakat di lingkungan UNPAD? Kalau boleh usul:
    1. Sosialisasikan lagi program lisensi produk Microsoft untuk UNPAD ini di lamannya UNPAD.
    2. Untuk unit-unit di lingkungan UNPAD yang memiliki komputer dalam jumlah banyak, ada potongan harga lagi.
    3. Setiap PC yang diinstall dengan software Microsoft berlisensi resmi UNPAD, dibuatkan DVD restorasinya, sehingga akan memudahkan pekerjaan pk Erwin dkk kalau ke depannya ada apa-apa dgn PC tersebut, dan dCISTEM sebaiknya secara transparan menetapkan tarifnya.

  9. Arif February 19, 2009 @ 10:48 am

    Semangat bang Erwin dkk, kalian pahlawan pahlawan kami

  10. zulkifli April 6, 2009 @ 4:56 pm

    Erwin,i m kl mlysia,ingin mminta pertolongan dari sdr krna lost contact dgn seorg kenalan di bandung,last address no.14/126,rt06 rw06 babakan cihapit,cibenying kidul,pasir layung.her name yanti sukma lestari.please search for me.

  11. Hakim April 23, 2009 @ 4:25 pm

    Sabar kang…:-)

  12. […] sudah keliatan calon Employee Of The Month (EOM) DCISTEM bulan ini. Ayo erwin “Pahlawan MCA”, kamu punya […]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*